Sukses

3 Tips Diet Saat Berpuasa Agar Langsing dan Sehat

Jangan sampai menyerah untuk menjalankan diet sehat Anda selama Ramadan. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan memang akan segera berakhri. Meski begitu, semangat untuk hidup sehat selama berpuasa tidak boleh luntur. Undangan berbuka puasa bersama mungkin masih banyak dan seakan setiap hari terus datang.

Belum lagi godaan jajanan takjil yang sangat leza dan biasanya hanya bisa dijumpai selama bulan puasa. Namun gorengan yang penuh dengan minyak serta makanan sangat manis bisa mengahancurkan program diet Anda.

Untuk itu, meski Lebaran sudah dekat, jangan sampai kalah dan menyerah untuk menjalankan diet sehat Anda di Bulan Suci ini. Caranya, dengan mengontrol asupan gizi yang seimbang.

Dilansir dari Independent, ada tiga hal yang perlu menjadi catatan agar Anda tidak patah semangat dan tetap disiplin menjalankan program diet.

Hidrasi Tubuh

Menghidrasi tubuh dengan banyak minum itu penting. Selama berpuasa, terkadang tubuh menjadi kekurangan kadar cairan tubuh. Biasanya hal ini disebabkan karena Anda lupa untuk minum minimal 8 gelas per hari.

Atasi hal ini dengan minum paling tidak 3 gelas pada saat sahur, 2 gelas pada saat berbuka puasa, dan 2 gelas pada saat makan malam, dan 1 gelas lagi sebelum tidur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Makan Makanan Sehat

Sebaiknya, Anda selalu sahur dan berbuka puasa dengan makanan rumahan. Artinya, Anda sendiri yang memasaknya di rumah. Hal itu akan membuat Anda jadi lebih leluasa mengontrol nutrisi yang masuk ke tubuh.

Jika terlalu sulit karena pekerjaan dan aktivitas di luar rumah yang padat, Anda bisa mengatasinya dengan menjauhi gorengan dan makanan yang terlalu manis.

Bukan berarti Anda harus menghindari kurma yang justru menyehatkan. Yang harus dikurangi antara lain adalah es sirup dan minuman serta camilan lainnya yang terlalu banyak mengandung gula.

Tetap Olahraga

Puasa akan membuat Anda terlalu lelah jika harus tetap menjalankan rutinitas olahraga seperti biasa. Karena itu, sebaiknya Anda stop dulu olahraga berat seperti angkat beban, kardio, dan segala yang termasuk high impact workout.

Anda bisa tetap berolahraga, tapi pilihlah yang lebih tidak banyak menguras tenaga dan membuat Anda haus. Anda bisa melakukan pilates, yoga atau sekadar berjalan kaki. (Karla Farhana/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.