Sukses

6 Cara Membuat Pembersih Alami yang Mudah di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Bahan pembersih yang dijual dari pabrik banyak menggunakan bahan yang tidak ramah bagi lingkungan. Tak hanya itu, bahannya kerap kali tak ramah bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif. Bila memegang pembersih seperti detergen, orang yang memiliki kulit sensitif akan menimbulkan rasa gatal bahkan perih.

Solusi yang bisa dilakukan ialah menggunakan pembersih dengan bahan alami. Selain ramah lingkungan, bahan alami bisa digunakan oleh orang-orang yang memiliki kulit yang sensitif. Tak perlu membeli, Anda pun bisa membuatnya di rumah. Bahannya pun mudah dicari dan gampang dibuat. Liputan6.com merangkum enam cara membuat pembersih alami yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pembersih Kaca

1/4 cangkir cuka

1 sdm tepung jagung atau maizena

2 gelas air hangat

Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu tempatkan di dalam botol semprot.

2. Pembersih Toilet

3/4 gelas baking soda

3/4 cuka

10 tetes minyak tea tree

10 tetes minyak esensial lavender (bisa diganti aroma lain)

Anda tinggal mencampur bahan-bahan di atas. Wanginya yang sangat harum dan bisa menghilangkan noda yang membandel. Tips tambahan, tuang minyak tea treen atau minyak esensial lavender untuk mencegah hal-hal yang bisa menempel di pinggiran toilet.

3. Pembersih Serba Guna

1/4 cangkir cuka

1 sdm baking soda

1 liter air panas

1/2 lemon yang diperas

Pembersih ini dapat membantu untuk membersihkan noda apa saja. Bisa untuk di dapur, kamar mandi, atau furnitur. Pembersih serba guna ini akan membuat rumah Anda selalu tampak bersih.

 

 

2 dari 3 halaman

4. Sabun Mandi

3 sdm sabun castile (sabun alami dari berbagai minyak)

2 gelas air hangat

2 sdt gliserin

2 sdm cuka putih

10 tetes minyak esensial lavender (bisa diganti dengan aroma lain)

Sabun castile mengandung bahan-bahan alami yang bisa digunakan oleh penderita kulit sensitif bahkan bayi. Sabun ini akan membuat badan bersih serta harum.

5. Detergen

2,5 kg boraks alami

2 kg soda kristal atau soda api

500 g soda bikarbonat

3 batang sabun

35 tetes minyak esensial aroma apapun

Detergen bahan alami memang tidak memiliki banyak busa. Namun, lama kelamaan Anda akan terbiasa. Bila terdapat noda yang susah sekali hilang, Anda bisa menambahkan 1 kg pemutih teroksigenasi bebas klorin.

6. Lap Pembersih

1 gelas air

1/4 cuka

8 tetes minyak tea tree

8 tetes minyak kayu putih

8 tetes minyak esensial lemon Wadah kosong

15-20 kain (bisa dari kaus lama yang dipotong, handuk kecil, atau lainnya berbahan kain)

Lipat dan letakkan kain ke dalam wadah kosong. Campurkan semua bahan ke dalam satu mangkuk, lalu masukkan ke dalam wadah berisi kain. Biarkan menyerap dalam beberapa menit. Anda bisa gunakan lap ini untuk membersihkan berbagai kotoran.(Fairuz Fildzah)

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Loading