Sukses

Mengarungi Keindahan Taman Laut Nasional Bunaken Kini Semudah Menjentikkan Jari

Tidak hanya dikenal dengan makanan Manado yang pedas dan lezat, Sulawesi Utara juga dikenal dengan Taman Laut Nasional Bunaken dengan kehidupan bawah lautnya yang mengagumkan.

Liputan6.com, Jakarta Tak dapat dipungkiri adanya media sosial turut mendorong berkembangnya tren jalan-jalan di kalangan anak muda. Tidak hanya jalan-jalan ke luar negeri tetapi juga jalan-jalan menjelajahi kekayaaan pariwisata nusantara.

Jika dulu pariwisata domestik dikuasai oleh pulau Bali dan Lombok, kini banyak muncul destinasi wisata baru di Indonesia yang tidak kalah cantik dan menarik dibandingkan dengan kedua tempat tersebut. Generasi milenial berlomba-lomba menemukan destinasi berwisata yang unik dan sebisa mungkin belum banyak dikenal yang masih asri sehingga ketika difoto, agar memperlihatkan gambar yang segar dan beda dari yang lain. 

Tidak hanya dikenal dengan makanan Manado yang pedas dan lezat, Sulawesi Utara juga dikenal dengan Taman Laut Nasional Bunaken dengan kehidupan bawah lautnya yang mengagumkan. Taman Laut Nasional Bunaken memiliki lima pulau. Meskipun area penyelaman di kawasan Taman Laut Nasional Bunaken, tetap saja masih terdapat sekitar 40 lokasi penyelaman yang tersebar di pesisir pantai kelima pulau tersebut.

Titik penyelaman di pulau Bunaken sendiri merupakan titik yang paling banyak didatangi oleh wisatawan. Para pecinta dunia bawah laut tentunya tidak mau ketinggalan untuk menyaksikan sendiri kecantikan ikan-ikan tropis serta terumbu karang yang eksotis di salah satu perairan di tempat dengan biodiversitas tertinggi di dunia. 

Setiap tahun, untuk mendongkrak kunjungan wisatawan asing maupun domestik pemerintah provinsi Sulawesi Utara menggelar Festival Pesona Bunaken yang menjadi magnet pariwisata. Acara ini dimeriahkan dengan karnaval budaya, lomba perahu hias, lomba Kolintang dan acara-acara menarik lainnya. 

Jika anda belum pernah berkunjung ke pulau Sulawesi, khususnya perairan Bunaken, tentunya Anda harus mempersiapkan rencana perjalanan dengan sangat matang. Apalagi kalau Anda tidak memiliki kerabat di sana atau tidak berniat mengikuti paket wisata dari agen perjalanan.

Jalan-jalan ke Bunaken tanpa agen perjalanan bukan menjadi hal yang sulit dan mahal, terutama, jika Anda menggunakan aplikasi Traveloka untuk membantu anda merencanakan perjalanan anda. Mau tahu caranya? Simak tips berikut ini.

Catatan “Sebelum Booking Tiket”

Salah satu cara agar Anda bisa menghemat biaya liburan adalah dengan menghemat biaya transportasi perjalanan. Untuk memangkas biaya transportasi, biasanya pelancong atau traveler memilih waktu-waktu di luar peak season, sehingga harga tiket tidak melambung terlalu tinggi. Sebagian traveler biasanya sudah mengincar tiket dari jauh-jauh hari dengan harapan harga tiket akan lebih murah jika dibeli berbulan-bulan sebelum berangkat. 

Dengan aplikasi Traveloka, Anda tidak perlu repot-repot memantau harga tiket sepanjang waktu atau berburu tiket dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Anda cukup menambahkan notifikasi Price Alert pada aplikasi Anda lalu memasukkan informasi mengenai keberangkatan dan destinasi yang anda inginkan, berikut waktu keberangkatan serta harga tiket pesawat yang Anda incar.

Dengan memasang notifikasi ini, aplikasi Traveloka akan memberitahu Anda mengenai ketersediaan tiket incaran Anda. Anda bisa mengatur untuk mendapatkan notifikasi secara harian atau mingguan, atau ketika tiketnya tersedia saja.

Catatan “Saat Booking Tiket”

Anda juga bisa mengatur perjalanan terbang sesuai dengan kenyamanan yang Anda inginkan. Misalnya, seringkali ketika terbang, kursi Anda sudah ditentukan oleh maskapai sehingga tidak boleh pindah meskipun posisi kursi tersebut tidak Anda sukai.

Lewat Traveloka, Anda bisa menggunakan fitur Seat Selection untuk memilih bangku di posisi favorit Anda. Dengan fitur ini, ketika Anda bepergian bersama keluarga maupun teman-teman tidak perlu khawatir akan duduk secara terpisah. 

Penerbangan dari Jakarta menuju bandara Sam Ratulangi di Manado, yang terdekat dengan perairan Bunaken, membutuhkan waktu lebih dari tiga jam perjalanan. Dengan durasi penerbangan yang cukup panjang, Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau tidak sempat makan sebelum terbang.

Di Traveloka, Anda bisa memilih makanan yang Anda inginkan lewat fitur Meal Selection. Tentunya Anda harus mengisi tenaga terlebih dahulu sebelum berpetualang lewat jalur darat dan laut untuk mencapai pulau Bunaken. 

Anda juga dapat menikmati fitur lain seperti fitur Baggage Wrap agar tak perlu was-was dengan barang bawaan. Jika Anda memperkirakan akan tiba terlalu cepat di bandara, Anda juga dapat memanfaatkan Airport Lounge di mana Anda bisa bersantai sejenak dan mengusir kebosanan.

Di lounge bandara, anda akan disuguhi pilihan snack yang lezat serta fasilitas lain seperti kursi pijat untuk mengusir lelah maupun perasaan bosan. Kedua fitur ini lagi-lagi bisa Anda dapatkan dengan amat mudah, hanya tinggal klik-klik di aplikasi Traveloka setelah Anda melakukan online check in.

Catatan “Setelah BookingTiket”

Setelah booking tiket pesawat, jangan lupa, Anda juga dapat melakukan online check-in untuk menghindari resiko ketinggalan pesawat. Anda juga cukup duduk manis tanpa harus repot antri di konter check-in yang biasanya antrinya mengular sampai panjang. 

Lewat aplikasi Traveloka, Anda juga bisa memantau status penerbangan Anda dengan fitur Flight Status. Fitur ini akan memudahkan Anda jika terdapat perubahan jadwal penerbangan, seperti terjadinya penundaan keberangkatan (delay) maupun pembatalan keberangkatan (cancelation).

Jika Anda memiliki teman perjalanan yang menggunakan rute maupun maskapai yang berbeda dengan, Anda juga dapat berbagi informasi mengenai status penerbangan. Dengan fitur ini, teman maupun keluarga bisa mengikuti perjalanan penerbangan Anda mulai dari lepas landas hingga mendarat. 

Saat ini, Traveloka telah melayani semua rute penerbangan domestik di Indonesia dengan berbagai pilihan maskapai. Penerbangan ke Manado sendiri dilayani oleh setidaknya maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air hingga Sriwijaya Air. Tentu saja jika Anda memiliki destinasi impian lain selain Taman Laut Nasional Bunaken, Traveloka akan selalu siap menemani agar perjalanan Anda semakin mudah. 

 

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini