Sukses

Sosok Ustaz Hanan Attaki, Penceramah yang Akrab dengan Milenial

Liputan6.com, Jakarta - Ceramah UstazHanan Attaki kerapkali berseliweran di media sosial. Ia pun menjadi salah satu sosok penceramah idola yang banyak diikuti generasi muda. 

Melansir dari berbagai sumber, ia lahir di Aceh, 31 Desember 1981. Nama lengkapnya ialah Tengku Hanan Attaki. Sejak kecil, Ustad Hanan Attaki sudah dekat dengan Alquran. Saat SD, ia pernah memenangkan lomba Musabaqah Tilawatil Quran di daerahnya.

Setelah lulus dari Pondok Pesantren Ruhul Islam Banda Aceh, ia mendapat beasiswa ke Universitas Al Azhar Kairo, Mesir. Ustaz yang biasa mengenakan kupluk saat berceramah itu mengambil program Studi Tafsir Alquran di Fakultas Ushuluddin.

Sewaktu kuliah, ustad gaul ini sangatlah mandiri. Ia pernah menjalani usaha bakso, katering, hingga menjadi 'joki' Hajar Aswad untuk orang yang sedang haji.

2 dari 4 halaman

Favorit Milenial

Ustaz Hanan Attaki banyak dikenal generasi milenial karena gaya ceramahnya yang sering menggunakan bahasa kekinian. Gaya pakaiannya yang khas anak muda, seperti kaus dengan kemeja flanel serta kupluk atau topi snapback yang menempel di kepalanya. Pakaian 'dinas' nya saat berceramah ini tak terlihat seperti ustaz kebanyakan.

Isi ceramahnya pun banyak menyangkut hal-hal ringan maupun sepele yang sering dirasakan banyak orang. Ceramah tentang rezeki, niat, doa, kesabaran, dan jodoh. Banyak tema menarik dengan bahasa yang dimengerti anak muda.

UstazHanan Attaki pun juga memiliki akun YouTube Hanan Attaki. Selain banyak video ceramah, terdapat pula vlog traveling maupun keseharian yang diselipi nilai-nilai Islam.

3 dari 4 halaman

Pendiri Shift Pemuda Hijrah

Shift merupakan gagasan Ustad Hanan Attaki beserta teman-temannya menggaet lebih banyak anak muda untuk belajar agama Islam. Uniknya, banyak anggotanya merupakan anak muda yang hobi main skateboard, sepeda BMX, parkour, serta surfing.

Shift merupakan media yang dibangun Ustad Hanan Attaki bersama anak-anak muda dari Pemuda Hijrah. Banyak kegiatan seperti Ladies Day, Shift Ngabuburide, Teras Tahfidz, Voice of Youth, dan Shift Weekend. Tagline-nya di akun Instagramnya, "Banyak main, banyak manfaat, banyak pahala, sedikit dosa."

Banyak anak muda yang menyukai dakwah kekinian yang dibawa oleh Shift. Bahasa kekinian tanpa mengurangi nilai agama serta gaya yang banyak disukai generasi milenial, walau ia pernah terselip lidah saat membahas Nabi Musa beberapa waktu lalu. (Fairuz Fildzah)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Loading