Sukses

6 Makanan yang Dapat Menumbuhkan Rambut, dari Kacang sampai Ubi Jalar

Bila pertumbuhan rambut baik, Anda tidak akan perlu mengkhawatirkan kebotakan. Salah satu makanan yang dapat membantu adalah kacang.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang sering mengalami rambut rontok, akar rambut yang tidak kuat bisa jadi penyebabnya. Namun, kebanyakan orang beranggapan bahwa permasalahan rambut rontok karena semata batang rambut yang rapuh dan lemah.

Bagi Anda yang berumur 30an akan mengalami tingkat kerontokan rambut yang cukup besar. Kerontokan pada rambut bisa dipicu oleh faktor makanan atau kurangnya menjaga kesehatan rambut Anda. Dilansir dari foodprevent, Rabu, 20 Maret 2019, berikut enam makanan yang dapat membantu pertumbuhan rambut Anda:

1. Sayuran Hijau

Di anatara Anda mungkin akan menolak untuk makan sayuran hijau. Ternyata, sayuran hijau seperti bayam dan kangkung mengandung zat besi untuk pertumbuhan sel sel rambut Anda. Jika Anda kekurangan zat besi, akan berpengaruh pada akar dan folikel rambut hingga membuatnya tidak tumbuh.

2. Buah jeruk

Buah jeruk, lemon, dan sejenisnya adalah contoh jeruk yang mengandung vitamin C. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air sehingga sangat bagus untuk hal-hal seperti penyerapan nutrisi penting lainnya seperti zat besi.

Jika Anda sering mengkonsumsi buah jeruk, ini akan membantu Anda untuk pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut dari akar hingga ke ujung.

3. Ubi Jalar

Anda mungkin berpikir bahwa rambut Anda tidak tumbuh cukup lama. Itu bisa disebabkan karena kurangnya vitamin A, yang memperlambat tumbuhnya rambut. Kekurangan ini ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi ubi jalar karena besarnya kandungan vitamin A.

Vitamin A yang terkandung dalam ubi jalar dapat membantu melindungi kulit dan rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ubi jalar juga mengandung Vitamin C dan Vitamin E yang dapat membantu menjaga kencantikan kulit serta mendorong pertumbuhan kulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4.  Avokad

Buah avokad sangat baik untuk rambut kering. Buah super ini mengandung vitamin A, D, E, dan B6, dan juga kaya protein, asam amino, magnesium, asam folat, tembaga, dan besi. 

Vitamin E yang terdapat pada buah avokad, akan membantu meningkatkan sirkulasi darah yang pada folikel untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Minyak avokad dapat dioleskan ke rambut untuk memperlancar pertumbuhan rambut Anda.

5. Telur

Protein adalah unsur penting dalam memastikan pertumbuhan rambut yang sehat. Keratin ada di dalam setiap helai rambut, sehingga sangat penting untuk mempertahankan dosis protein yang sehat dalam menu makan Anda.

Telur adalah sumber protein yang baik. Ada 6-7 gram protein dalam satu telur untuk membantu rambut Anda tumbuh pada tingkat yang kuat dan sehat. Jadi, Anda bisa mengkonsumsi telur agar mepercepat pertumbuhan rambut Anda.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung asam lemak omega 3. Kandungan tersebut sangat bagus untuk rambut Anda, terutama dalam menambah ketebalan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang almond, kacang mede, kenari penuh mengandung lemak sehat ini. Plus, rasanya pun lezat.

Kacang-kacangan juga mengandung vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan  folikel baru. Hal itu bisa membantu Anda dapat menumbuhkan rambut baru, tebal, kuat, dan sehat seperti yang diimpikan. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.