Sukses

14 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Wajah, Makin Sehat dan Percaya Diri

Liputan6.com, Jakarta Minyak zaitun berasal dari tanaman asli Mediterania. Minyak ini mengandung banyak sekali senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh antara lain vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi. 

Minyak zaitun yang diekstrak dari buah zaitun ini juga sering dikaitkan dengan kosmetik. Karena minyak ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya adalah untuk rambut, kulit, wajah dan bahkan kesehatan tubuh.

Nah, kali ini Liputan6.com mengupas beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah, yang dirangkum dari berbagai sumber Rabu (13/3/2019).

2 dari 6 halaman

Mengurangi rambut kering, menghilangkan ketombe, dan mengurangi rambut rontok

1. Mengurangi rambut kering.

Jika kamu memiliki rambut kering, minyak zaitun adalah jawaban yang tepat untuk masalah itu. Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh rambut sebelum tidur di malam hari. Kemudian esoknya bilas rambut dengan shampo untuk memberikan sinar alami pada rambut.

2.  Menghilangkan ketombe.

Minyak zaitun juga membantu mengatasi masalah rambut seperti ketombe.

3. Mengurangi rambut rontok.

Minyak zaitun membantu mengurangi rambut rontok dengan memberikan nutrisi penting untuk rambut dan menjaganya agar tetap sehat.

3 dari 6 halaman

Nutrisi kulit kepala, rambut jadi bersinar, anti kusam dan warna alami.

4. Nutrisi kulit kepala.

Minyak ini juga memberi nutrisi untuk kulit kepala serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Menjadikan rambut bersinar.

Minyak zaitun dapat membuat rambut terlihat lebih bersinar dan memperkuat akar rambut.

6.  Anti rambut kusam dan kaku.

Jika kamu memiliki rambut kusam dan kaku, aplikasikan minyak zaitun ke seluruh rambut karena itu dapat menghilangkan kekakuan dan memberikan kemilau pada rambut.

7.  Mempertahankan warna alami

Membantu melawan masalah yang muncul akibat penggunaan rutin semprotan rambut dan gel rambut serta mengurangi munculnya uban dan mempertahankan warna alami rambut.

4 dari 6 halaman

Menghilangkan bibir hitam dan menebalkan alis

8. Menghilangkan bibir hitam dan memerahkan bibir.

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami.  Cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari. Selain menghilangkan bibir hitam minyak zaitun juga dapat kamu gunakan agar warna merah alami bibir kamu perlahan-lahan nampak.

9. Menebalkan alis.

Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka kamu akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural.

Caranya oleskan saja minyak zaitun pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

5 dari 6 halaman

Mengencangkan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori wajah.

10. Mengencangkan kulit wajah.

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah agar tidak muncul keriput pada usia dini.

Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Caranya: Siapkan 1 sdm minyak zaitun, campur dengan 1 sdt madu, gunakan sebagai masker wajah.

11. Mengecilkan pori-pori wajah.

Selain mengencangkan wajah, zat linoleic juga bermanfaat bagi kmau yang ingin mengecilkan pori-pori wajah yang nampak jelas sehingga mengganggu performa penampilan kamu.

6 dari 6 halaman

Menghaluskan wajah, memutihkan wajah dan menyembuhkan jerawat.

12.  Menghaluskan wajah.

Namun untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan minyak zaitun dicampur dengan buah pepaya dan dijadikan masker. Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit.

Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit , dan menghaluskan wajah kamu. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah kamu.

Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan semakin mempercepat agar wajah halus seketika.

13. Memutihkan wajah.

Sama halnya dengan manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah lainnya, kandungan polifenol dalam minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Kamu tidak perlu lagi harus memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau bahkan harus suntik wajah agar wajah putih.

Tapi cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, kamu akan mendapatkan wajah cerah yang kamu inginkan secara natural.

14. Menyembuhkan jerawat.

Antioksidan minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi dan mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan. 

Ini Alasan Finlandia Kembali Ditetapkan Negara Terbahagia
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bibir, Tampak Merah Merona Secara Alami