Sukses

Cara Menghias Kamar dengan Kertas Kado, Mudah dan Hemat untuk Tampilan Unik

Liputan6.com, Jakarta Kamar adalah istana bagi sebagian orang. Dari belajar, istirahat, sampai main game, semuanya dikerjakan di kamar. Karena itu, kamar yang nyaman jadi penting buat kita. Kamar yang nyaman akan membuat mood selalu baik dan bisa membuat lebih nyaman.

Itu mengapa sebagai orang rela capek-capek mendekorasi kamarnya seindah mungkin. Untuk menghias kamar kamu enggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli pernak-pernik baru.

Manfaatkan saja barang-barang sisa, seperti kertas kado misalnya. Kadang kamu hanya menggunakan sebagian saja dari gulungan kertas kado yang dibeli. Daripada dibuang usai digunakan untuk membungkus kado, lebih baik sisanya kamu gunakan untuk mencoba beberapa cara menghias kamar.

Berikut cara menghias kamar dengan kertas kado yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2019).

2 dari 3 halaman

Cara Menghias Kamar dengan Kertas Kado

1. Gantungan Dekoratif

Kamu bisa memanfaatkan kertas kado bekas untuk membuat gantungan dekoratif yang dipasang di jendela rumah, headboard, atau di pintu sebagai salah satu cara menghias kamar. Untuk mencoba cara menghias kamar dengan kertas kado seperti ini, kamu membutuhkan beberapa peralatan lain, seperti tali dan pembolong kertas. Gunakan kertas kado yang mengilap agar gantungan dekoratif tampil stylish dan elegan.

2. Pelapis Plafon Dekoratif

Cara menghias kamar ini sama halnya dengan menempelkan wallpaper. Cara menghias kamar dengan kertas kado ini juga membuat kamu berani mengekplorasi area plafon kamar. Pemasangan kertas kado yang dilakukan juga tidak jauh berbeda dengan menempelkan kertas kado pada dinding. Bedanya kamu bebas mengisi seluruh plafon kamarmu dengan kertas kado untuk tampilan dekor ruangan yang lebih maksimal.

3. Headboard Geometris

Cara menghias kamar dengan kertas kado bekas yang satu ini dikombinasikan dengan pemanfaatan stereofoam bekas. Terlebih dahulu stereofoam dipotong-potong menggunakan cutter sesuai dengan bentuk geometri yang kamu inginkan. Setelah itu, kertas kado yang bermotif polos ditempelkan pada permukaan stereofoam. Susun bentukan geometris tersebut secara acak, sehingga menampilkan headboard dengan perpaduan warna yang dinamis.

4. Hiasan Tirai Berbentuk Kerucut

Untuk membuat hiasan dinding dari kertas kado berbentuk tirai kerucut, kamu akan memerlukan benang. Cara menghias kamar pertama, buatlah beberapa kerucut dengan menggulung kertas kertas yang telah dipotong dengan pola segitiga. Setelah itu ambil beberapa dan susun pada benang. Ulangi langkah tersebut lalu rekatkan ujung benang pada dinding hingga membentuk tirai.

5. Hiasan Dinding Pengganti Wallpaper

Jika jumlah kertas kado sisa yang kamu miliki cukup banyak, cobalah cara menghias kamar dengan kertas kado berikut ini. Aneka motif yang nampak dari kertas kado bisa menjadi aksen yang menarik untuk dinding kamarmu. Meskipun tidak memiliki daya rekat sekuat wallpaper dinding, kamu tetap bisa memasangnya menjadi hiasan dinding.

Agar tampilannya serupa dengan wallpaper, pilihlah kertas kado berbahan matte. Gunakan double-stick tape untuk menempelkannya ke dinding. Namun, cara menghias kamar dengan kertas kado seperti ini akan lebih baik diaplikasikan pada sebagian dinding karena sangat mudah untuk lepas apabila ditempelkan pada dinding yang besar.

3 dari 3 halaman

Cara Menghias Kamar dengan Barang Bekas

6. CD bekas

Zaman sekarang, compact disk atau CD adalah barang yang tidak lagi banyak digunakan. Jika kamu punya banyak tumpukan CD bekas kamu bisa menggunakannya untuk cara menghias kamar. Barang ini bisa kamu manfaatkan untuk menghiasi dinding kamarmu. Dijamin caranya gampang dan gak pakai ribet.

7. Bunga Bekas atau Bunga Plastik

Sebagian besar bunga pemberian pacar seringkali hanya kamu biarkan di kamar sampai kering dan berakhir di tempat sampah. Dari pada layu tanpa kenanga, kamu bisa mencoba cara menghias kamar dengan mengawetkan dan menempelkannya di dinding kamar.

Cara menghias kamar ini cukup mudah, kamu hanya perlu merentangkan setiap tangkai bunga di dinding kamar, dan menatanya rapi dengan selotip transparan. Tempelkan setiap tangkai agar “berbaris” seperti tirai yang menempel. Namun jika kamu ingin bunga tidak menjadi layu, maka kamu bisa beli bunga palsu yang berukuran panjang dan tidak banyak daun, misalnya bunga anggrek.

8. Stik es krim

Tak ada salahnya mengumpulkan stik es krim. Karena ternyata, bisa kamu gunakan untuk cara menghias kamar sebagai hiasan dinding yang unik. Kamu bisa membentuknya sesuka hati kamu dan menempelkannya di dinding, untuk mempercantik kamu juga bisa menambahkan cat

9. Botol bekas

Cara menghias kamar mengunakan botol yang tidak terpakai untuk menghiasi dinding kamar tentunya unik banget. Dekorasi dengan botol bekas akan membuat kamar kamu lebis artistik dan menarik.

10. Sedotan berbagai bentuk

Bila ingin nuansa unik dan ceria pada dinding kamar, manfaatkan saja sedotan warna-warni seperti ini. Kamu hanya perlu tambahan tali agar bisa menempel pada dinding.