Sukses

7 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil dan Bayi, Calon Ibu Wajib Baca

Liputan6.com, Jakarta Masa-masa kehamilan adalah masa yang perlu diperhatikan untuk perkembangan janin. Pola hidup sehat perlu ditingkatkan untuk membentuk janin yang sehat pula.

Salah satu pola hidup sehat saat kehamilan adalah makan-makanan sehat seperti sayur dan buah. Berbagai macam jenis buah baik dikonsumsi saat masa kehamilan. Salah satu buah yang dapat dikonsumsi saat kehamilan adalah buah pir.

Manfaat buah pir dapat dirasakan oleh ibu hamil dan bayi yang di dalam kandungannya. Pir benar-benar aman dikonsumsi selama kehamilan. Buah yang kaya air ini mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting bagi wanita hamil.

Pir mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori dan berbagai jenis mineral. Semua jenis nutrisi ini memiliki efek menguntungkan dan sangat baik untuk wanita hamil dan janin.

Berikut manfaat buah pir untuk ibu hamil dan bayi yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019).

2 dari 8 halaman

1. Sebagai Asupan Kalori

Manfaat buah pir yang pertama adalah sebagai sumber kalori yang sehat. Kalori dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber energi. Sepanjang kehamilan, ibu hamil harus terus melakukan berbagai kegiatan termasuk pekerjaan dan kegiatan lainnya.

Kurangnya asupan kalori akan menyebabkan tubuh ibu hamil menjadi lebih lemah dan mudah sakit. Selain itu, kebutuhan kalori untuk ibu hamil akan lebih tinggi saat memasuki trimester ketiga.

Energi sangat penting untuk semua proses kehamilan, termasuk pertumbuhan janin, perkembangan kehamilan, produksi ASI untuk bayi dan sebagainya. Meskipun pir rendah kalori, pir merupakan sumber karbohidrat buah yang sehat.

3 dari 8 halaman

2. Antioksidan dari Vitamin C

Manfaat buah pir selanjutnya adalah penghasil vitamin C yang hebat. Vitamin C adalah antioksidan yang sangat penting karena mengatur beberapa fungsi dalam tubuh manusia.

Vitamin C melawan radikal bebas dalam sel, yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif dan mengganggu reaksi seluler yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan produksi energi pada ibu hamil. Vitamin C pada buah pir mendorong perkembangan neurologis pada janin, serta keterampilan kognitif pada bayi.

Selain itu buah pir juga dapat memperkuat gusi dan gigi pada janin dan ibu hamil. Vitamin C pada buah pir membantu menyerap nutrisi dari makanan, terutama zat besi. Zat besi sangat penting dalam perkembangan bayi, terutama dalam pembentukan darah dan sistem peredaran darah.

Vitamin C yang ditemukan dalam buah pir adalah salah satu zat yang dapat mencegah kanker pada wanita hamil dan janin. Janin yang mendapat asupan vitamin C penuh selama kehamilan memiliki risiko kecil untuk kanker.

4 dari 8 halaman

3. Membentuk Sistem Kekebalan, Penglihatan dan Perkembangan Organ pada Janin

Manfaat buah pir untuk ibu hamil dan bayi adalah untuk membentuk sistem kekebalan, penglihatan dan organ lain pada janin. Buah pir sangat kaya akan vitamin A, nutrisi yang sangat penting selama kehamilan dari trimester pertama hingga persalinan. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan masalah pada masa kehamilan.

Vitamin A membantu membangun sistem kekebalan bersama dengan nutrisi lain, mengurangi kemungkinan tertular penyakit menular. Vitamin A berasal dari beta-karoten yang membantu mencegah penyakit yang berasal dari bakteri patogen.

Vitamin A dikenal untuk meningkatkan kualitas penglihatan, membantu perkembangan mata pada janin dan menjaga kesehatan mata pada ibu.

Vitamin A diketahui mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin, misalnya, sistem pernapasan, sistem saraf, sistem peredaran darah, dan sebagainya, diatur dalam janin oleh vitamin ini. Lebih lanjut, organ-organ seperti ginjal dan tulang juga membutuhkannya untuk perkembangan yang tepat.

5 dari 8 halaman

4. Meminimalisir Resiko Cacat

Selain rasanya yang manis dan segar, buah pir juga mengandung vitamin B6. Wanita hamil dan janin dalam kandungan membutuhkan makanan sehat wanita hamil yang mengandung vitamin B6. Kekurangan vitamin B6 akan menyebabkan risiko cacat yang lebih tinggi pada janin.

Vitamin B6 mendukung perkembangan fungsi kognitif dan motorik pada janin dan bayi baru lahir. Ini juga membantu dalam pertumbuhan jaringan saraf janin. Vitamin B6 membuat tubuh tetap sehat dengan mengatur respon imun terhadap infeksi.

Asupan vitamin B6 yang cukup akan mencegah bayi atau janin dari gangguan mental dan gangguan sistem darah. Selain itu kandungan asam folat pada buah pir akan membantu janin untuk menghindari risiko cacat tabung saraf dan membantu dalam produksi sel darah merah, sistem jantung dan protein untuk DNA janin.

6 dari 8 halaman

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat buah pir yang lain adalah mampu mengontrol tekanan darah. Pir mengandung kalium dalam jumlah kecil tetapi dapat memberi manfaat pada beberapa fungsi tubuh di tingkat sel dan jaringan. Kalium membantu pemeliharaan tingkat tekanan darah serta denyut jantung pada janin dan ibu hamil.

Kalium membantu menyeimbangkan elektrolit yang ada dalam darah serta cairan jaringan, menjaga tubuh berfungsi secara efisien. Dengan begitu kalium mengurangi kemungkinan kram di perut atau kaki, yang menganggu kenyamanan ibu hamil. Kalium juga menstabilkan sistem saraf, meningkatkan fungsi motorik dan koordinasi.

Selain itu kandungan serat pada buah pir juga dikaitkan dengan kontrol tekanan darah, seperti hipertensi kehamilan.

7 dari 8 halaman

6. Membantu Produksi Sel Darah

Kandungan tembaga pada pir membantu dalam produksi sel darah merah bersama dengan zat besi dan vitamin B. Ini sangat penting karena wanita hamil memiliki sekitar satu liter darah lebih banyak daripada orang dewasa yang tidak hamil.

Tembaga sangat membantu dalam pengembangan beberapa organ dan sistem organ, seperti tulang, hati, pembuluh darah, dan sebagainya.

Buah pir juga kaya akan asam folat. Asam folat sangat penting dalam pertumbuhan janin. Asam folat mendukung produksi dan pengembangan darah dan sistem peredaran darah.

8 dari 8 halaman

7. Melancarkan Pencernaan, dan Meringankan Gejala Kehamilan

Serat pada buah pir sangat penting untuk berfungsinya sistem pencernaan. Wanita hamil mengalami banyak masalah pencernaan karena penyempitan ruang yang disebabkan oleh rahim yang membesar. Makanan kaya serat akan membantu meringankan komplikasi seperti sembelit.

Selain itu buah pir juga mengandung magnesium yang penting dalam melemaskan otot-otot tubuh selama kehamilan, sehingga mengurangi stres fisik dan kelelahan.

Manfaat buah pir juga didapatkan bagi ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness. Vitamin B6 pada buah pir juga mengurangi frekuensi gejala kehamilan seperti mual dan muntah yang terjadi selama beberapa bulan pertama kehamilan.

Wiranto Takjub Pendapatan Nelayan Tembus Rp 5 Juta Per Hari
Loading
Artikel Selanjutnya
8 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita dan Pria Setiap Hari, Bikin Sehat Fisik Serta Mental
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan dan Diet, Si Sayur 'Kribo' Penuh Khasiat