Sukses

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, dari Penurun Kolesterol Hingga Cegah Kanker

Liputan6.com, Jakarta Buah bit memang bukan buah yang populer di Indonesia. Namun siapa yang menyangka jika buah yang termasuk dalam kelas Beta Vulgaris ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah yang biasa ditemui di Amerika Utara dan juga Inggris ini bisa kamu dapatkan di swalayan-swalayan Indonesia. Manfaat buah bit sendiri cukup beragam, mulai dari menjaga stamina hingga mencegah produksi sel kanker.

Banyak manfaat buah bit yang bisa kamu peroleh. Hal ini dikarenakan buah bit sendiri memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi, tapi rendah lemak dan juga kalori. Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, tentu saja mengkonsumsi buah bit ini cukup dianjurkan.

Salah satu cara yang umum dilakukan untuk mengonsumsi buah bit ini adalah membuatnya sebagai jus. Manfaat buah bit bila dikonsumsi secara rutin pun bisa kamu rasakan. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah ini lah yang membuatnya memiliki banyak manfaat.

Penasaran dengan manfaat buah bit? Liputan6.com telah merangkum segudang manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh dari berbagai sumber, Selasa (12/3/2019).

2 dari 4 halaman

Kandungan Gizi Buah Bit

Kandungan nutrisi yang bisa kamu temui pada buah bit pun cukup banyak. Maka tak heran jika banyak manfaat yang dimiliki oleh buah bit untuk kesehatan.

Dalam buah bit sendiri mengandung beberapa nutrisi yang juga diperlukan oleh tubuh. Antara lain ialah vitamin C, zat besi, fosfor, magnesium, serat, kalium, triptofan, caumarin, betasianin serta asam folat.

Jika dilihat dari kandungan yang ada, buah bit bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Akan tetapi buah bit juga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil.

Bukan hanya umbinya saja yang bisa dikonsumsi, melainkan daun dari buah bit ini pun bisa kamu olah menjadi masakan. Selain itu, mengonsumsi buah bit juga bukan hanya dijadikan sebagai jus saja, kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai olahan makanan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Bit

Meskipun buah bit bukan buah asli Indonesia, akan tetapi buah ini pun cukup banyak dikonsumsi. Hal ini karena berbagai manfaat yang ada pada buah bit yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

1. Menjaga Stamina

Buah bit sendiri memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi, tetapi kandungan kalori yang ada pada buah bit ini cukup rendah. Alasan itulah yang menyebabkan buah bit ini bisa mambantumu untuk meningkatkan energi dan juga menjaga stamina pada tubuh.

Bukan hanya karena rendah kalori yang menyebabkan buah bit ini baik untuk tubuh. Akan tetapi kandungan vitamin C pun mampu untuk menjaga kekebalan tubuh. Maka jika kamu rutin mengkonsumsi buah bit, sistem kekebalan dan stamina tubuh pun akan meningkat dan juga stabil.

2. Menurunkan kolesterol

Buah bit sendiri memiliki kandungan anti oksidan yang cukup kuat. Hal ini karena adanya serat larut, flavonoid serta betacyanin pada buah bit. Selain itu, kandungan tersebut pula yang membuat warna dari buah bit ini merah keunguan.

Tentu jika memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, maka kadar kolesterol jahat pada tubuh pun bisa menurun. Jika kolesterol pada tubuh menurun, maka kondisi kesehatan pada tubuhmu pun bisa membaik. Selain mengurangi kadar kolesterol pada tubuh, buah bit juga memiliki fungsi untuk mencegah terkena penyakit jantung dan juga stroke.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Bit

3. Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, mengonsumsi buah bit cukup dianjurkan. Buah bit sendiri memiliki kemampuan untuk memperlancar detoksifikasi pada tubuh, termasuk lemak yang ada pada tubuh.

Selain itu, kandungan magnesium pada buah bit pun dapat mendukung saraf dan juga otot agar berfungsi lebih maksimal. Oleh karena itu jika kamu rajin mengonsumsi jus buah bit ini, maka berat badanmu pun bisa turun dan tetap sehat.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Dalam satu buah cangkir bit mengandung sedikitnya 3,4 gram serat baik untuk kesehatan. Jadi bila kamu memiliki masalah pada saluran pencernaan, ada baiknya untuk mengonsumsi buah bit secara rutin.

Selain itu, jika sering mengalami mual ataupun nyeri pada organ pencernaan, kamu bisa mengonsumsi buah bit dan mencampurkannya dengan air jeruk nipis ataupun lemon. Tentu saja kamu bisa mengonsumsi ini saat dijadikan jus. Konsumsi jus bit ini pada pagi hari secara rutin.

5. Mencegah kanker

Kandungan buah bit yang memiliki fitonutrien mampu menghambat karsinogen pada tubuh. Selain itu mengonsumsi buah bit secara teratur bisa membantumu untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Bukan hanya itu saja, tapi kandungan betalains pun bermanfaat untuk meningkatkan produksi enzim tubuh guna menghentikan pembentukan sel kanker di tubuhmu.

Ini Alasan Finlandia Kembali Ditetapkan Negara Terbahagia
Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Legendaris, Wajib Dikunjungi
Artikel Selanjutnya
Kenali Penyakit Polio, Penyebab dan Gejalanya Sejak Dini Sebelum Terlambat