Sukses

5 Tempat Wisata di Sukabumi Ini Cocok untuk Berlibur di Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta Sukabumi merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Ya, tak kalah dengan daerah lainnya yang ada di Jawa Barat, kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi. Sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan yang ada di Sukabumi ini.

Nah kalau sudah menonton film Keluarga Cemara yang tayang di awal tahun 2019 lalu, pasti kamu sudah memiliki bayangan seperti apa Sukabumi itu. Ya, salah satu lokasi syuting film Keluarga Cemara adalah di Sukabumi, Jawa Barat. Sukabumi sendiri memang memiliki beragam potensi wisata yang menarik.

Kalau kamu ingin mencari alternatif wisata untuk berakhir pekan, bisa banget berkunjung ke salah satu tempat wisata di Sukabumi. Selain Bogor dan Bandung, Sukabumi bisa menjadi pilihan yang menarik.

Nah, kali ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber tempat wisata di Sukabumi yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur di akhir pekan, Senin (11/3/2019).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Sukabumi Jembatan Gantung Situ Gunung

Kalau kamu sering berselancar di Instagram, pasti sudah tak asing dengan jembatan gantung ini. Jembatan fenomenal di Sukabumi ini berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resor Situ Gunung.

Tempat wisata di Sukabumi ini merupakan salah satu jembatan gantung terpanjang di Indonesia, lho. Jembatan Gantung Situ Gunung ini memiliki panjang yang membentang sepanjang 250 meter dan berada di ketinggian 150 meter. Ya, jembatan ini menghubungkan area Situ Gunung ke area Curug Sawer.

Kamu yang suka memacu adrenalin, wisata jembatan ini patut dicoba karena ketinggiannya. Selain itu, di sini kamu akan disuguhkan oleh panorama alam yang indah dari rimbunnya pepohonan yang tumbuh di area Taman Nasional Gede Pangrango.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Sukabumi Curug Sawer

Curug Sawer merupakan tempat wisata di Sukabumi yang memiliki air terjun tunggal. Air terjun atau curug ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter lebih. Kalau selesai berkunjung ke jembatan gantung Situ Gunung, kamu bisa sekalian mampir ke curug ini.

Walaupun berada di tengah hutan, namun lokasinya cukup mudah untuk dijangkau. Kamu akan disuguhkan air gunung yang jernih dan segar. Selain itu, kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan nuansa air terjun yang asri.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Sukabumi Pantai Cicaladi

Pantai Cicadali terletak di Desa Sukatani, Kecamatan Surade. Tempat wisata di Sukabumi ini berjarak sekitar 100 km dari pusat kota Sukabumi. Pantai Cicaladi ini identik dengan tebingnya yang tinggi dan indah. Berbatasan langsung dengan laut lepas, tak heran kalau ombak besar sesekali menghantam tebing karang ini.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah saat sore hari. Ya, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan sunset dari pantai ini. Tak hanya itu, di Pantai Cicaladi ini juga cocok untuk berkemah, lho. Kebayang kan, serunya menikmati keindahan Pantai Cicaldi lebih dekat.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Sukabumi Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan ini terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Tebing ini terletak di Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Tempat wisata di Sukabumi ini dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan dari atas ketinggian.

Saat berkunjung ke sini, kamu seperti disuguhkan pertunjukan alam nan megah dari ketinggian. Ya, bagaimana tidak, tempat ini berada di atas ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut. Buat penikmat sunset, kamu bisa menjadikan tempat ini pilihan. Ya, kamu akan diberikan pemandangan sunset yang sangat luar biasa.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Sukabumi Kampung Ciptagelar

Tak hanya wisata alamnya saja yang memesona, di Sukabumi juga memiliki tempat wisata yang memiliki nilai sejarah. Ya, namanya Kampung Ciptagelar. Berwisata sambil mempelajari sejarah di Sukabumi, pasti sangat seru. Kampung Ciptagelar ini merupakan kampung adat yang terletak di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi.

Kampung Ciptagelar ini masih mempertahankan rumah-rumah adatnya. Jadi, saat berada di sini, kamu seperti kembali merasakan suasana hidup di masa lalu.

Selain rumah adat yang bisa dinikmati, di sini kamu juga bisa menyalsikan acara-acara adat. Biasanya pada minggu pertama di bulan September, akan ada upacara Seren Taun. Upacara ini merupakan tradisi penyerahan hasil bumi ke dalam Leuit atau lumbung yang telah berlangsung sejak 600 tahun lalu.

Kalau ingin ke sini dari Jakarta, kamu harus menempuh jarak sekitar 174 km atau kira-kira akan ditempuh dalam waktu 5 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Pengunjung hanya cukup membayar tiket masuk ke Kampung Ciptagelar ini sekitar Rp 5.000 per orangnya.