Sukses

Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami, Aman dan Mudah Dilakukan

Uban bisa muncul pada siapa saja dan di usia berapa pun.

Liputan6.com, Jakarta Lazimnya orang Indonesia memiliki rambut yang berwana hitam atau gelap. Hal ini dikarenakan rambut orang Indonesia memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Nah, saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, itu berarti sedang terjadi proses perubahan kadar melanin. Uban merupakan rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih.

Uban bisa muncul pada siapa saja dan di usia berapa pun. Baik itu pria ataupun wanita. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi munculnya uban seperti faktor genetik, stress berkepanjangan ataupun faktor kesehatan seperti kurang darah, kurang gizi, serta gangguan metabolisme tubuh juga dapat mempengaruhi munculnya uban.

Mendapati rambut beruban bagi banyak orang dirasa bisa membuat kepercayaan diri menurun. Hal ini dikarenakan uban bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik. Jadi tak jarang, banyak hal yang dilakukan untuk menghilangkan uban tersebut. Misalnya saja dengan melakukan pewarnaan rambut menjadi hitam kembali.

Sayangnya, bahan kimia pada cat rambut tersebut bisa merusak rambut, loh. Jadi, alangkah baiknya kamu memilih cara menghilangkan uban dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Nah, berikut ini Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber, Jum’at (8/2/32019) cara menghilangkan uban dengan bahan alami. Bisa kamu coba sendiri di rumah, soalnya bahan-bahannya cukup mudah ditemukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Uban dengan Kentang

Bahan-bahan yang diperlukan:

- Kentang segar.

- Air.

- Botor spray.

Cara membuat dan mengaplikasikannya:

1. Pilih kentang yang segar.

2. Hindari kentang yang terlihat berwarna kehijauan, karena mengandung racun.

3. Cuci kentang dengan air hangat, untuk membantu menghilangkan lumpur pada kulit kentang.

4. Kupas kentang dengan ketebalan sekitar 0,5 cm.

5. Rebus kulit kentang dengan air selama 30 menit.

6. Setelah itu matikan kompor dan diamkan rebusan kulit kentang beberapa saat.

7. Saring rebusan air kentang dan simpan ke dalam botol spray.

8. Semprotkan air rebusan itu ke rambut yang beruban.

9. Diamkan beberapa saat, setelah itu bilas dengan air bersih.

Kamu bisa mengulangi pengaplikasian ini beberapa kali dalam seminggu secara rutin, ya. Tak hanya mengatasi uban, air rebusan kentang ini juga dapat membuat rambut terlihat lebih berkilap.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Uban dengan Susu Cair

Bahan-bahan yang diperlukan:

- Susu cair.

- Merica hitam.

- Air lemon.

Cara membuat dan mengaplikasikannya:

1. Ambil setengah cangkir susu cair yang telah dihangatkan.

2. Campur susu cair dengan merica hitam dan 1 sendok air lemon.

3. Oleskan cairan tersebut pada kulit kepala hingga merata.

4. Diamkan selama 30 menit.

5. Bilas dengan air bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan setiap dua hari sekali. Semakin sering kamu melakukannya, maka hasilnya makin terlihat.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Uban dengan Bawang Bombay

Bahan-bahan yang diperlukan:

- 1 siung bawang Bombay.

Cara membuat dan mengaplikasikannya:

1. Kupas bawang bombay, lalu cuci hingga bersih.

2. Potong menjadi beberapa bagian, haluskan dalam blender.

3. Saring dengan menggunakan kain.

4. Gunakan sari bawang Bombay sebagai masker di rambut. Oleskan hingga merata.

5. Diamkan selama 2 jam.

6. Bilas dengan air bersih, lalu keramas seperti biasa.

Untuk hasil yang lebih baik, gunakan cara menghilangkan uban ini dua kali dalam seminggu. Kurangi stress dengan melakukan kegiatan yang positif juga dapat mengurangi tumbuhnya uban.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan uban yang bisa kamu coba dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cukup mudah, bukan?

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Rambut Beruban

Selain dengan menggunakan cara tersebut kamu juga bisa mencegah timbulnya uban sejak dini.

Lazimnya, faktor utama penyebab uban adalah pertambahan usia. Semakin bertambah usia seseorang atau semakin tua, tidak bisa dipungkiri bahwa uban yang tumbuh di kulit kepala akan semakin bertambah.

Buat kamu yang masih di usia dini dan sudah memiliki uban, ada beberapa penyesuaian gaya hidup yang perlu kamu lakukan untuk mencegahnya muncul. Dikutip dari berbagai sumber, begini cara mencegahnya:

Jaga Pola Makan

Nutrisi yang lengkap dan teratur diterima tubuh dapat membantu mencegah timbulnya uban, terutama saat kamu memperbanyak konsumsi mineral dan vitamin bersama dengan zat besi. Kamu dapat memilih yogurt dan sereal yang kaya akan nutrisi. Mineral tersebut dan diimbangi dengan sayuran dan buah-buahan berwarna kuning yang baik juga untuk tubuh.

Kalau kamu rutin minum air dengan asupan nutrisi seperti yang telah disebutkan tadi, maka kamu dapat menghindari timbulnya uban dini.

Hindari Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Jangan terlalu banyak mengonsumsi junk food, kopi, dan alkohol. Ya, ketiganya ini dapat menyebabkan penuaan jika dikonsumsi terlalu banyak, sehingga tinggal soal waktu saja sebelum uban mulai bermunculan.

Berhenti Merokok

Ya, merokok dapat mempercepat penuaan tubuh. Penuaan yang dipercepat ini kemudian menghasilkan uban untuk muncul lebih dini ditambah dengan komplikasi kesehatan.

Kurangi Stres

Kamu yang sedang bekerja di bawah tekanan dan ketegangan, perlu mengurangi stress. Kamu yang sedang dalam lingkungan pekerjaan seperti ini, perlu memperbanyak kegiatan di luar pekerjaan yang merilekskan, seperti yoga dan teknik relaksasi lainnya.

Perbanyak Olahraga

Memiliki tubuh yang sehat dan fit merupakan syarat agar aliran darah lancar, termasuk aliran darah ke kepala yang dapat mencegah timbulnya uban dini serta memperbaiki pertumbuhan rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini