Sukses

15 Penyebab Rambut Uban di Usia Muda

Tapi bagaimana bila uban terjadi di usia muda. Apa yang salah dan apakah memerlukan perhatian medis?

Liputan6.com, Jakarta Rambut uban adalah proses alami yang biasanya dialami seseorang di usia senja. Tapi bagaimana bila uban terjadi di usia muda. Apa yang salah dan apakah memerlukan perhatian medis?

Kondisi ini ternyata memiliki banyak alasan dan cenderung terkait dengan gaya hidup seperti merokok, diet yang salah, stres dan metode perawatan rambut yang salah. Alasan uban lainnya adalah kekurangan vitamin B12, ketidakseimbangan hormon dan menopause dini.

Lebih jelasnya, simak ulasannya, seperti dikutip Boldsky, Jumat (16/1/2015) berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1-5


1. Penyakit Tiroid

Salah satu penyebab munculnya uban adalah penyakit tiroid. Tiroid yang terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan perubahan warna rambut. Jadi, mungkin perlu memeriksa kadar tiroid Anda.

2. Kekurangan vitamin B12

Defisiensi B12 sering dikaitkan dengan rambut beruban. Selain itu, kekurangan seng dan tembaga juga menyebabkan rambut beruban.

3. Genetik

Alasan utama munculnya uban di usia muda adalah genetik. Seorang anak bisa memiliki rambut beruban lebih awal bila orangtuanya memiliki masalah yang sama.

4. Kurang vitamin C dan E

Jika tubuh menderita kekurangan Vitamin C dan E, maka rambut bisa beruban. Hal ini karena vitamin C dan E terkait dengan jumlah sel-sel melanin yang menyebabkan rambut beruban.

5. Merokok

Merokok juga merupakan salah satu faktor yang bertanggung jawab pada pertumbuhan uban. Secara teori, merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh yang menurunkan melanin, sehingga rambut beruban.

3 dari 4 halaman

6-10

6. Junk food

Junk food juga salah satu alasan mengapa ada uban di usia muda. Junk food atau makanan olahan dipercaya dapat mempercepat penuaan karena mengurangi produksi melanin di rambut. Coba lihat, orang-orang yang kecanduan junk food cenderung memiliki rambut beruban.

7. Stres

Alasan yang satu ini mungkin bukan lagi rahasia. Stres dapat berbahaya dan salah satunya berdampak pada masalah rambut rontok dan beruban. Sedih dan gelisah hingga stres atau depresi dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin.

8. Diet yang salah

Melakukan diet yang salah, sama saja dengan Anda kekurangan nutrisi. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan pasokan yang tepat dari vitamin dan mineral, maka hal ini menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk uban.

9. Penggunaan berlebihan pengering rambut

Semua jenis pengering rambut yang dialiri listrik dapat membuat batang rambut menjadi lemah. Panas yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan rambut beruban.

10. Kulit kepala kotor

Jika Anda tidak merawat rambut Anda dengan baik, jangan heran bila rambut akan beruban.

4 dari 4 halaman

11-15


11. Pewarna rambut

Sering menggunakan pewarna rambut bisa merusak rambut. Bahan kimia di dalamnya juga dapat merusak sel-sel melanin yang dapat menyebabkan rambut beruban.

12. Mencuci rambut dengan air keras

Air keras yang dimaksudkan bukanlah minuman beralkohol, tetapi merujuk kepada kandungan ion magnesium dan ion kalsium yang tinggi dalam air. Air keras ini dapat menyebabkan rambut rontok, kering, kusam, tipis, dan beruban.

13. Hormonal

Ketidakseimbangan perubahan hormonal sangat berkaitan pada kondisi kulit dan rambut. Setiap perubahan hormonal dapat menyebabkan rambut beruban.

14. Menopause dini

Wanita yang mengalami menopause dini cenderung berisiko beruban dan mungkin memerlukan perhatian medis.

15. Kekurangan asam folat

Asam folat sangat penting bagi tubuh karena kekurangan vitamin ini tidak hanya memperlambat pertumbuhan rambut tetapi juga dapat menyebabkan tumbuhnya uban diantara helai rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini