Sukses

Kuliner Malam Jumat: Ketan Susu Kemayoran, Kudapan Legendaris yang Laris Manis

Ketan Susu Kemayoran tak hanya menyandang gelar legendaris karena berdiri sejak 1958, tetapi juga laris manis tak pernah sepi pembeli.

Liputan6.com, Jakarta - Satu sisi di kawasan Kemayoran terlihat kerap dikerumuni orang-orang, baik saat pagi hari hingga malam tiba. Setelah mencari parkir, mereka pun bergegas menuju tempat di sebuah warung kecil yang tak memiliki banyak kursi.

Tempat tersebut bernama Ketan Susu Kemayoran. Wisata kuliner yang terletak di Jalan Garuda Ujung RW.08, Kemayoran, Jakarta Pusat ini didirikan oleh Haji Sukrad pada 1958 silam. Saat awal berdiri, bukan ketan susu yang dijual melainkan ketan kelapa biasa.

"(Awalnya) bukan ketan susu, tapi ketan biasa, ketan kelapa putih saja. Cuma karena beriringnya waktu ada pemesan yang coba-coba dikasih rasa susu," jelas Sanusi, salah seorang pengelola Ketan Susu Kemayoran kepada Liputan6.com, Senin, 4 Maret 2019.

Sanusi menambahkan, ketan susu sendiri mulai dijual pada era 90-an. Setelah adanya permintaan dari pembeli, menu utama di tempat ini kian dikenal masyarakat luas termasuk para pecinta kuliner.

"Akhirnya sampai sekarang terkenalnya ketan susu. Yang banyak anak-anak muda zaman now sekarang ini cenderung tahunya ketan susu," tambah Sanusi yang telah bekerja di Ketan Susu Kemayoran sejak 1997.

Menu utama yang disuguhkan adalah ketan original atau ketan kelapa dan ketan susu. Tak hanya itu, ada pula menu tambahan lainnya seperti beragam gorengan mulai dari gorengan tempe, pisang, ubi, dan singkong.

"Kalau malam ubi dan singkong nggak ada, paling pagi saja. Kalau malam pisang sama tempe, pisang juga cuma tambahan, menu utamanya itu ketan susu sama tempe," kata Sanusi.

Selain ketan kelapa dan ketan susu, ada satu minuman andalan di Ketan Susu Kemayoran yang banyak dicari pembeli. "Kalau minumannya biasa dijual ada kopi, kopi susu, teh manis, dan yang paling banyak diminati adalah teh poci," lanjutnya.

Soal harga, tentunya kudapan dan minuman yang tersedia di Ketan Susu Kemayoran sangat terjangkau. Ketan biasa dan ketan manis dijual seharga Rp 5 ribu, gorengan Rp 1 ribu, teh poci Rp 8 ribu, kopi susu Rp 4 ribu, kopi Rp 3 ribu, dan teh manis Rp 2 ribu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manisnya Ketan Susu Kemayoran Pikat Banyak Pembeli

Ketan Susu Kemayoran sendiri buka setiap hari 24 jam non stop. Tak hanya legendaris karena telah berdiri sejak 1958, tetapi wisata kuliner ini juga telah memikat banyak pembeli, baik yang baru pertama kali atau yang sudah sering datang.

"Baru sekali diajak sama teman. (Pesan) Ketan susu sama teh poci. Rasanya enak, manis," tutur salah seorang pembeli, Zalfa kepada Liputan6.com.

Selain Zalfa, ada pula Riffa yang telah menjadi salah satu pelanggan setia Ketan Susu Kemayoran sejak 2016. "Saya pertama ke sini tahun 2016 dan tahu dari teman-teman yang suka ke sini jadi ikut-ikutan saja," kata Riffa.

"Rasanya beda dari yang lain, enak di sini. Pesan ketan yang paling utama sama teh yang bikin enak. Harganya murah banget, terjangkau," tambahnya.

Memiliki cita rasa yang berbeda dan harga terjangkau membuat Ketan Susu Kemayoran digemari banyak orang. Wisata kuliner legendaris ini tak jarang laris manis di hari-hari tertentu.

"Biasanya yang paling ramai antara malam Sabtu, malam Minggu, dan malam Senin. Puncaknya malam Minggu perkiraan pukul 22.00-01.00 WIB," jelas Sanusi.

Sanusi juga menekankan bahwa Ketan Susu Kemayoran hanya ada di Kemayoran dan tidak membuka cabang. "Tempatnya dari awal di sini. Ketan Susu Kemayoran tidak punya cabang. Satu-satunya Ketan Susu yang ada di Kemayoran cuma ada di sini," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.