Sukses

Keseruan Barongan Bawah Air di Sea World Ancol Sambut Hari Raya Nyepi

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1941, Sea World Ancol mempersembahkan atraksi barongan bagi para pengunjung. Atraksi budaya tersebut akan digelar di akuarium utama mulai 7-10 Maret 2019 dan 16-17 Maret 2019. Pertunjukan budaya itu bertajuk “Barongan, an Epic Underwater Show”.

Tujuh penyelam terlibat dalam pertunjukan barongan yang pertama kalinya digelar di dalam air itu. Mereka menyelam di kedalaman tujuh meter dengan memakai busana khas barong, lengkap dengan kain kotak-kotak hitam putihnya. Namun, dua penari wanita tetap tampil di luar akuarium.

"Kami mengangkat keragaman budaya di Indonesia. Kita lihat Hari Raya Nyepi itu adalah khas dengan budaya Bali. Kami kemudian mengangkat budaya Bali ini ke Ancol," ujar Rika Lestari, Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, di Sea World Ancol, Jakarta Utara, Senin (4/3/2019).

Pertunjukan Barong di bawah air ini bercerita tentang sebuah negeri yang damai di mana kehidupan manusia begitu serasi dengan alam. Namun, kedamaian itu mulai terusik ketika manusia semakin teperdaya oleh keserakahan dan mulai merusak alam.

"Dalam cerita tersebut juga ada pesan lingkungan bahwa sampah laut itu sangat mengancam kehidupan manusia dan itu sangat mengganggu dan kita harus menghentikannya," lanjut Rika.

Pertunjukan barongan ini berlangsung selama 15 menit. Alunan musik rindik dan gamelan gender wayang Bali mengiringi sepanjang pertunjukan berlangsung. Harga tiket pertunjukan ini adalah Rp 120 ribu.

Keseruan aksi Barongan itu dapat dinikmati pengunjung pada pukul 10.45 WIB, sementara pertunjukan kedua bisa disaksikan pada pukul 13.45 WIB. Selain itu, ada pula workshop Barong dan budaya Bali yang akan berlangsung pada 8-10 Maret 2019 di area teater Sea World Ancol mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

"Dengan pertunjukan yang menarik dan unik itu agar pengunjung Sea World Ancol tidak hanya belajar mengenai keanekaragaman hayati, namun dapat mengenal keragaman budaya Indonesia. Kami mengajak budayawan Bali dari Pure Aditya Jaya dan berharap pesan baik ini dapat diterima oleh pengunjung," ujar Rika Sudranto, Vice President Sea World Ancol, dalam keterangan tertulis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Mick, Si Kelinci Usia 16 Tahun Tertua di Dunia
Loading
Artikel Selanjutnya
Sambut Hari Raya Nyepi, Sea World Ancol Gelar Pertunjukan Barongan Bali