Sukses

Perhatikan 6 Hal Ini Agar Liburan Bersama Keluarga Besar Lebih Seru dan Berkesan

Liputan6.com, Jakarta Liburan bersama keluarga besar adalah momen penting yang harus Anda rasakan selama hidup. Tak melulu jalan-jalan bersama pasangan dan anak-anak, Anda juga perlu memperkuat tali silaturahmi dan keakraban keluarga dengan mengajak orang tua, saudara hingga keponakannya berlibur bersama. Apalagi bagi mereka yang perantauan dan hanya ketemu keluarga saat momen lebaran.

Kebayangkan bagaimana ramai, seru, dan pasti sibuknya. Karena berbeda dengan liburan lainnya, maka ada banyak pertimbangan dan persiapan matang yang harus dilakukan sebelum tiba hari liburan.

1. Tunjuk pemimpin proyek dan hindari banyak perdebatan

Bila berada di kota berbeda, Anda bisa melakukan diskusi lewat dunia maya dan tentukan siapa yang menjadi kepala proyek sehingga ada yang mengatur pembagian tugas dan mengambil keputusan.

2. Pilih lokasi dan sediakan waktu lama untuk kebersamaan

Tentu yang harus dipastikan sejak awal adalah tempat tujuan dan jadwal acara. Jangan terlalu muluk-muluk, sesuaikan dengan anggaran setiap keluarga. Lokasi tujuan juga disesuaikan dengan waktu yang tersedia. Jangan sampai lebih banyak waktu yang dihabiskan di perjalanan dibanding untuk berkumpul di tempat berlibur.

Pilih destinasi wisata yang mendukung semua umur mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua sehingga semua orang bisa menikmati liburan. Tak perlu banyak lokasi wisata yang didatangi, sediakan waktu lama di salah satu lokasi untuk menikmati kebersamaan.

3. Cari waktu yang pas biar liburan lebih menyenangkan

Liburan bersama keluarga besar tak harus menunggu saat momen lebaran atau libur panjang. Anda bisa mengambil cuti atau memanfaatkan liburan akhir pekan. Agar Anda tidak merasakan kemacetan lalu lintas yang panjang dan destinasi wisata yang padat pengunjung, Anda  bisa berangkat satu hari lebih awal.

4. Pilih mobil van komersial yang mewah dan nyaman

Mengingat jumlah anggota yang berlibur banyak dan mungkin tidak cukup dengan mobil MPV, Anda sebaiknya menyewa mobil van komersial berikut sopirnya agar Anda benar-benar bisa menikmati liburan.

Kapasitas mobil van komersial yang mampu memuat 11-16 penumpang menjadi pilihan realistis agar seluruh anggota keluarga dapat berkumpul bersama. Kalau sudah berkumpul begitu tentunya semakin terjalin keakraban.

Dari sekian banyak merek mobil van komersial, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada kendaraan Toyota Hiace. Hiace merupakan commercial van yang menjadi andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk mengakomodasi segmen kendaraan niaga. Kendaraan ini terdiri dari tiga tipe yakni Hiace Standard, Hiace Commuter, dan Hiace Luxury. Tipe terakhir merupakan varian paling premium karena lebih lega, mewah, dan menyenangkan.

 

Demi kenyamanan lebih baik, interior Hiace Luxury dirancang untuk kapasitas 11 bangku, dimana row 1 dan 2 menggunakan desain captain seat, dibalut bahan kulit dan dilengkapi dengan Ottoman dan Sliding 4 arah. Bangkunya juga dilengkapi meja lipat dengan cup holder. Berbeda dengan Hiace Standart dan Commuter memiliki kapasitas yang diperuntukan untuk 16 penumpang. Anda tinggal pilih sesuai kebutuhan dan jumlah anggota keluarga.

5. Bawa perlengkapan yang efisien

Pilihlah barang-barang yang efisien dan cukup mengakomodasi selama liburan. Pastikan bawa membawa alas yang bisa berupa tikar, karpet dan sebagainya untuk tempat berkumpul. Terutama jika kamu dan keluargamu membawa bekal makan siang yang bisa dinikmati bersama.

6. Bawa uang saku lebih untuk antisipasi biaya tak terduga

Perhitungan pengeluaran sangat penting. Jangan sampai uang saku yang kamu bawa untuk akomodasi liburan bersama keluarga pas banget atau malah kurang. Kamu bakal kerepotan dan ruwet sendiri. Ada baiknya kamu persiapkan uang saku lebih untuk mengantisipasi pengeluaran tak terduga.

Sebelum berangkat, pastikan terlebih dahulu kira-kira apakah ada anggota keluarga yang kurang fit. Anda juga perlu membawa perlengkapan kesehatan untuk pertolongan pertama.

 

(Adv)

Kuliner Malam - Makan Murah Meriah di Gultik Mas Tondo
Loading
Artikel Selanjutnya
Belum Punya Agenda Liburan? Ini 6 Rekomendasi Liburan di Tanggal Merah dan Long Weekend 2019
Artikel Selanjutnya
Jalan Tol Trans Jawa Permudah Akses ke Ratusan Destinasi Cantik, Sudah Siap Road Trip?