Sukses

5 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Diet Lebih Sehat

Anda sedang diet? Jangan khawatir, lima makanan ini dapat menjadi alternatif pengganti nasi putih.

Liputan6.com, Jakarta - Diet tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal, tetapi juga demi kesehatan. Ada beragam cara yang dapat ditempuh, mulai dari giat berolahraga hingga mengatur pola makan.

Tak dapat dipungkiri, orang Indonesia sangat akrab dengan nasi putih. Namun untuk diet yang lebih sehat, Anda dapat mengganti nasi putih dengan beberapa alternatif makanan lain. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang telah dirangkum Cashbac di bawah ini.

1. Kentang

Seperti yang diketahui, kentang merupakan sumber karbohidrat yang paling umum untuk mengganti nasi putih. Tak hanya dapat dipadu dengan beragam makanan, kentang juga sangat cocok dikonsumsi sendiri. Mengandung serat yang tinggi, kentang bisa melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Nasi Merah

Ingin memiliki gaya hidup yang lebih sehat tetapi belum dapat meninggalkan nasi? Anda dapat menggantinya dengan nasi merah untuk diet. Ada begitu banyak manfaat yang terkandung dalam satu porsi nasi merah.

Tahukah Anda, nasi merah memiliki serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan. Selain itu, kandungan gula yang lebih rendah dalam nasi merah dapat mengendalikan gula darah dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jagung

Jagung adalah sumber karbohidrat yang tinggi namun rendah gula, jadi sangat cocok bagi penderita diabetes. Ingin mengurangi dan mengendalikan gula darah? Jagung dapat menjadi salah satu alternatif pengganti nasi putih.

4. Quinoa

Alternatif lainnya adalah quinoa yang memiliki serat tinggi dan mengandung asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Quinoa juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.

5. Shirataki

Tak ketinggalan, mi shirataki dapat menjadi pilihan pengganti nasi putih. Terbuat dari akar konjak, mi shirataki juga memiliki kalori yang sangat rendah sehingga saat mengonsumsi satu porsi kalori yang diserap tubuh sangat sedikit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.