Sukses

Deretan Penampakan Super Snow Moon di Berbagai Belahan Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Bulan penuh paling terang sepanjang tahun, Super Snow Moon, telah menampakkan diri di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia pada Selasa malam, 19 Februari 2019. Kehadirannya, seperti dilansir dari CNN, Rabu (20/2/2019), membuat langit berada di paras paling terang sepanjang tahun,

Almanac menjelaskan, seperti dikutip dari People, Rabu (20/2/2019), fenomena ini terjadi karena orbit bulan berada d posisi paling dekat dengan Bumi, sehingga penampakannya terlihat lebih terang, juga lebih besar.

Penggunaan kata snow yang biasa dipakai untuk mendeskripsikan bulan penuh di bulan Februari dilatar belakangi kondisi di bagian utara Bumi, di mana biasanya salju paling deras akan turun di bulan kedua dalam hitungan kalender masehi tersebut.

Sementara, suku asli penghuni Amerika biasa menyebut fenomena Super Snow Moon sebagai Full Snow MoonHunger Moon, Bony Moon, dan Little Famine Moon karena temperatur merosot dan cuaca buruk yang membuat mereka susah berburu.

Terlepas dari ragam sebutan yang disematkan, penampakan Super Snow Moon nyatanya mencuri hati tak sedikit fotografer di berbagai belahan Bumi. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya yang berhasil diabadikan.

Di gambar di atas, tampak penampakan 'bersih' Super Snow Moon dibingkai di antara patung Alexander the Great dan Diogenes of Sinope di kota Corinth, berjarak 83 kilometer dari Athena, Yunani.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Paras Super Snow Moon di Berbagai Wilayah di Bumi

Super Snow Moon juga tampak di salah satu negara selepas Semenanjung Balkan, Eropa Selatan, Republik Makedonia, tepatnya di kota Skopje. Cahayanya seolah terbias, lantaran di-frame bersama deretan lampu jalan.

Meninggalkan bagian utara Bumi, Super Snow Moon terlihat di wilayah Mediterania, tepatnya di Ajaccio yang merupakan wilayah kekuasaan Perancis. 'Menggantung' di antara bangunan tinggi khas Eropa bersentuhan nuansa pulau, pemandangan ini terkesan dramatis.

Super Snow Moon pun terlihat jelas di lepas pantai Marina Beach, Chennai, India. Di wilayah bagian timur negara di selatan Asia ini, bulan penuh tersbut tampak sedikit kemerahan, namun tidak sekentara Super Blood Moon.

Pesan Kartika Affandi untuk Perempuan Indonesia
Loading
Artikel Selanjutnya
Muncul pada Februari 2019, Ini Fakta dan Mitos di Balik Super Snow Moon
Artikel Selanjutnya
Fenomena Super Snow Moon Bisa Dilihat dari Jakarta Malam Ini