Sukses

Yutaka Farm, Wisata Kebun Instagrammable yang Pernah Dikunjungi Sandiaga Uno

Kebun bunga yang pernah didatangi Sandiaga Uno ini bernuansa Jepang dan banyak menarik minat pengunjung.

Liputan6.com, Jakarta - Selama berkampanye, sudah banyak tempat yang didatangi Sandiaga Uno. Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang berpasangan dengan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) ini pernah berkunjung ke sebuah kawasan wisata di Pati, Jawa Tengah.

Tempat yang cukup menarik perhatian, termasuk Sandiaga Uno itu adalah Yutaka Farm yang terletak di desa Pasucen, kecamatan Trangkil, Pati. Tempat wisata yang Instagrammable sedang hits dan banyak diunggah di media sosial.

Pemilik tempat ini adalah Andi Lestari Budiharso yang mengubah kebun bunga miliknya menjadi nuansa Jepang. Inovasi itu ternyata banyak menarik minat pengunjung. Banyak yang ingin berswafoto di kebun bernuansa Jepang tersebut. Menurut Andi, pengunjung kebun bunga miliknya pada hari biasa bisa mencapai 100 orang. ‘

"Namun jumlah tersebut bisa bertambah saat weekend ataupun hari libur, bisa mencapai sekitar 300 orang lebih,’" jelas Andi, dilansir dari Suara Merdeka, 13 Januari 2019

Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan kimono berlatar kebun bunga, dan ada juga yang membeli bibit tanamannya. Konsep wisata ini tak hanya mencari keuntungan pribadi namun juga menggandeng warga sekitar, seperti untuk pengelolaan parkir, jasa foto, dan menjual makanan.

Lalu, kenapa bernuansa Jepang? Itu karena Andi aktif di Organization for Industrial and Culture Advancment (OISCA) Pati. Organisasi yang bergerak di bidang lingkungan itu berpusat di Jepang. Ia membeli baju kimono langsung dari Jepang melalui pemuda pesisir Pati yang magang di Jepang.

Sampai saat ini ia sudah mempunyai 16 baju kimono berbagai warna dengan ukuran dewasa dan anak-anak, dan salah satunya pernah dikenakan Sandiaga Uno. Andi Lestari mengaku punya misi untuk mengajak warga kembali ke alam.

Dia juga berharap lewat konsepnya itu bisa membuat masyarakat lebih tertarik kepada tanaman. Ke depan, ia ingin memperluas lagi kebun tanamannya dan dijadikan wisata edukasi lingkungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipuji Sandiaga Uno

Andi juga berharap banyak pemuda Pati yang tertarik menjadi petani yang saat ini sudah semakin berkurang. Apa yang dilakukan Andi mendapat pujian dan apresiasi dari Sandiaga Uno.

Di akun Instagramnya pada 30 Januari 2019, pria yang akrab disapa Sandi itu terlihat mengenakan kimono dan memegang samurai serta berfoto bersama Andi.

Menurut pria berusia 49 tahun itu, ia tertarik pada Yutaka Farm karena pengelolaan tempat tersebut melibatkan masyarakat dan putra asli setempat. 

Majunya Yutaka Farm ini membuktikan bahwa di desa juga ada potensi bisnis tersembunyi yang bila diolah dengan baik bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

"Yutaka sendiri artinya adalah makmur. Ini yang saya harapkan dari anak-anak muda Indonesia, jeli dalam melihat peluang bisnis dan mempekerjakan masyarakat sekitarnya untuk mengelola bersama," tulis Sandiaga Uno di akun Instagramnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.