Sukses

Kenapa Hari Valentine Identik dengan Cokelat?

Cokelat dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan, menenangkan pikiran dan bisa meningkatkan gairah dan sensualitas seseorang

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kasih Sayang atau Valentine diperingati tiap tanggal 14 Februari. Ada beberapa hal yang sangat identik dengan Hari Valentine, salah satunya adalah cokelat.

Bisa dibilang, selama ini cokelat menjadi salah satu hadiah penting yang bisa diberikan kepada kekasih atau orang-orang tercinta di hari penuh kasih sayang tersebut. Mungkin banyak yang ingin tahu kenapa cokelat identik dengan Hari Valentine. Lalu apa penyebabnya?

Dilansir dari laman santabarbarachocolate.com, cokelat adalah simbol dari kasih sayang, cinta yang mendalam, sensualitas, ketenangan, kenyamanan dan gairah. Inilah yang membuat cokelat menjadi salah satu hadiah penting yang bisa diberikan ke orang tercinta sebagai ungkapan rasa kasih sayang.

Dilansir dari laman smithsonianmag.com, diceritakan kalau cokelat merupakan makanan lambang kasih sayang atau cinta. Cokelat disebutkan sebagai barang mahal, mewah dan hanya diperuntukkan bagi suku elit kelas atas Maya dan Aztec. Pada masa suku elit Maya dan Aztec, mereka membuat makanan dan minuman yang terbuat dari biji kakao, tepung maizena, vanila, madu dan cabai.

Banyak orang percaya jika makanan ini punya manfaat mengagumkan untuk kesehatan. Tidak sedikit pula yang percaya jika makanan tersebut adalah yang kini kita sebut sebagai cokelat

Pada 1600, kenikmatan cokelat sudah menyebar luas ke seluruh Eropa. Banyak rumah cokelat yang berdiri. Cokelat dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan, menenangkan pikiran dan memiliki daya tarik tersendiri. Cokelat juga dipercaya bisa meningkatkan gairah dan sensualitas seseorang.

Tak hanya menyebar ke seluruh Eropa, cokelat juga menyebar ke seluruh negara di dunia. Cokelat menjadi makanan berharga di perayaan Hari Valentine mengingat di zaman itu gula masih menjadi makanan yang lebih mewah dan mahal. Tentang Hari Valentine, sebenarnya ini ditujukan untuk menghormati martir Katolik bernama Valentine.

Namun, peringatan Hari Valentine semakin populer tak hanya sebagai hari penghormatan terhadap Valentine, tetapi menjadi hari kasih sayang yang identik dengan libur musim semi. Hari Kasih Sayang ini juga dianggap jadi momen yang tepat untuk memberikan hadiah pada orang tercinta.

Tak hanya cokelat, hadiah lain yang juga bisa diberikan pada orang tercinta di Hari Valentine adalah puisi, bunga maupun benda lain yang memiliki makna romantisme dan menciptakan kebahagiaan. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.