Sukses

Cara Memakai Hijab Pashmina Simpel dan Modis untuk Pemula, Bikin Kamu Tetap Kekinian

Hijab model ini lebih disukai Kaum Hawa karena bisa dikreasikan dengan beragam gaya.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini hijab pashmina mulai semakin digemari oleh para hijabers. Pasalnya hijab pashmina ini memang lebih mudah kreasikan, karena lebih panjang daripada hijab segiempat atau segitiga. Karena itu pula tak mengherankan jika cara memakai hijab pashmina semakin berkembang.

 

Tidak sedikit para hijabers yang masih kebingungan dengan bagaimana cara memakai hijab pashmina simple dan modis. Apalagi bahan pashmina relative tipis sehingga memerlukan kehati-hatian dalam menggunakannya agar tidak berantakan.

Setelah tahu cara memai hijab pashmina, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan sampo dan kondisioner agar rambut mudah diatur. Kamu perlu sampo dan kondisioner dengan formula tepat untuk merawat rambut di balik hijab, seperti REJOICE 3-in-1 Perfect Cool Shampoo dan REJOICE 3-in-1 Perfect Conditioning Conditioner

Selain mampu memberikan perawatan untuk rambut, formula yang terkandung dalam REJOICE 3-in-1 Perfect Cool Shampoo dan REJOICE 3-in-1 Perfect Conditioning Conditioner juga mampu memberikan kesegaran serta keharuman bunga kasturi sepanjang hari. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi rambut dan kulit kepalamu bau apek saat menggunakan hijab walaupun kamu aktif bergerak.

 

Pashmina adalah istilah yang sering dipakai untuk menyebut hijab berbentuk selendang. Hijab yang dibuat dari bahan wol atau kashmir ini banyak dipilih wanita karena bisa memberikan tampilan mewah. Di Indonesia sendiri hijab pashmina dibuat dengan beragam bahan, mulai dari kain rayon, katun, sifon, sampai satin.

Lalu bagaimana cara memakai hijab pashmina yang simple dan modis? Berikut cara memakai hijab pashmina simple dan modis yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/1/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara memakai hijab pashmina untuk wajah bulat

Pashmina cocok dikreasikan untuk wanita berwajah bulat. Untuk menjadikan wajah terlihat lebih tirus, kamu bisa memilih pashmina yang terbuat dari kain tipis, lentur, dan flowing (melambai), misalnya sifon. Majukan kerudung agar menutupi separuh bagian pipi. Paling penting untuk diingat, pilih model ikatan hijab yang tidak terlalu rumit di bagian atas agar tidak memberikan kesan 'berat' pada wajah.

Berikut cara memakai jilbab pashmina untuk wajah bulat:

Pasang kerudung pashmina di kepala setelah memakai inner. Pastikan ujung kanan lebih pendek daripada kiri.

Ambil tepian kerudung sebelah kiri yang bagian dalam, kemudian sematkan di dekat pelipis kanan. Pastikan bagian yang disematkan tadi berada di balik kerudung bagian kanan.

Tarik kain yang sudah disematkan ke atas kepala, kemudian juntaikan ke bagian kiri. Sematkan tepian yang berada di puncak kepala dengan jarum.

Itulah cara memakai hijab pashmina simple dan modis pertama khusus untuk kamu yang memiliki wajah bulat.

Tips tambahan, pilihlah jilbab dengan warna yang cenderung gelap untuk menyeimbangkan wajah yang lebar. Misalnya saja warna merah marun, biru dongker, hitam, hijau toska, dan magenta.

3 dari 6 halaman

Cara memakai hijab pashmina instan

Ada banyak cara untuk mengkreasikan hijab pashmina. Buat kamu yang kekurangan waktu, model yang simpel dan bisa diselesaikan dalam waktu 1 menit saja tentunya lebih sesuai.

Cara memakai hijab pashmina instan:

Setelah memakai inner, pasang pashmina di kepala dengan bagian kanan lebih panjang. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas. Sematkan tepi kain sebelah kiri ke bawah telinga kanan.

Rapikan kerudung, kemudian tarik kain yang ada di sebelah kanan ke belakang pundak kiri.

Tarik terus sampai kembali ke pundak kanan. Biarkan terjuntai dan rapikan dengan tangan.

4 dari 6 halaman

Cara memakai hijab pashmina kekinian

Untuk kesempatan yang lebih istimewa, tentunya kamu ingin tampil lebih istimewa pula. Model jilbab pun harus lebih sophisticated. Berikut cara memakai hijab pashmina kekinian:

Ambil pashmina panjang yang agak tipis dan lentur. Lipat sisi atasnya ke bagian dalam. Kerudungkan di kepala dengan sisi kanan lebih pendek dari sisi kiri.

Rapikan pashmina agar tepiannya tidak mengerut. Sematkan jarum pentul di bagian bawah leher.

Ambil sisi pashmina yang panjang, bawa ke atas kepala dengan memutari sisi yang pendek. Setelah itu sematkan jarum pentul di bagian samping kepala.

Ambil sisi panjang pashmina, kemudian bawa ke depan dagu. Sematkan kembali jarum pentul di bagian bawah dagu agar jilbab terlihat rapi.

Bawa sisi panjang pashmina ke bagian kanan, letakkan di bawah sisi yang pendek. Ikat bagian yang panjang dan sisi kiri menjadi satu simpul yang rapi, kemudian sematkan dengan jarum pentul di bagian bahu.

Itulah cara memakai hijab pashmina kekinian. Tutorial di atas lebih cocok diterapkan untuk hijab pashmina berbahan tipis dan lembut. Pasalnya pashmina berbahan tebal dan kaku seperti wol dan organza akan menghasilkan ikatan yang terlalu bervolume.

5 dari 6 halaman

Cara memakai hijab pashmina satin yang licin

Hijab berbahan satin memang kesannya lebih mewah dan glamor. Tetapi hijab seperti ini juga cukup sulit dimodel, karena permukaannya licin. Untuk kamu yang ingin belajar cara memakai hijab pashmina satin, berikut cara memakai hijab pashmina satin yang licin:

Kerudungkan hijab pashmina satin dengan panjang tidak sama, kemudian sematkan di bawah dagu dengan jarum atau peniti.

Rapikan bagian yang pendek dengan memasukkannya ke balik sisi yang panjang.

Tarik sisi jilbab yang panjang ke sisi berlawanan. Lingkarkan melewati puncak kepala sampai ke depan pundak dari sisi yang berlawanan.

Rapikan jilbab pashmina. Boleh disematkan dengan jarum atau bros agar tidak mudah jatuh.

6 dari 6 halaman

Cara memakai hijab pashmina dua lapis

Ingin memakai hijab pashmina yang modis tetapi tetap menutup dada? Kalau begitu tak ada salahnya jika kamu mempelajari tutorial pashmina dua lapis berikut. Sebelumnya Anda harus menyiapkan selembar pashmina yang memiliki warna berbeda di kedua sisinya.

Berikut cara memakai hijab pashmina dua lapis:

Kerudungkan pashmina di kepala dengan panjang sisi yang sama. Sematkan dengan peniti di balik leher.

Tarik kain sebelah kanan hingga menutupi dada.

Sematkan bagian kanan tadi dengan jarum di belakang pelipis kiri.

Baliklah sisi kain sebelah kiri agar warna dalam bisa terlihat.

Tarik kain yang sudah dibalik tadi ke belakang, lewatkan puncak kepala.

Satukan dengan sematan jarum yang ada di belakang pelipis kiri tadi.

Agar bagian kanan tampak rapi, sematkan pula jarum di antara pertemuan tepi kerudung yang berbeda warna.

 

Nah, itu tadi cara memakai hijab pashmina yang simple dan modis. Kamu juga bisa mengkreasikannnya sesuai dengan outfit harianmu. Selamat mencoba.

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini