Sukses

Kuliner Malam Jumat: Kisah Penciptaan Nasi Goreng Warna-warni ala Thole Kitchen

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang kira-kira terbersit di benak ketika ditanya soal sajian yang akrab dengan orang Indonesia? Ya, nasi goreng adalah salah satu jawaban di antara ragam pilihan menggugah selera. Tak melulu paduan nasi, sayur, kecap, dan bumbu lain, tetapi terdapat inovasi unik di balik suguhan nasi goreng.

Adalah nasi goreng warna-warni, kreasi menarik ala Thole Kitchen yang terletak di Jalan Panglima Polim V, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Perjuangan memperkenalkan sajian ini dimulai Thole, begitu sang pemilik biasa disapa, dimulai sejak 2012 lalu.

"Awalnya coba-coba saja, dulu bikin untuk kasih compliment ke teman-teman. Lalu mereka pada bilang enak dan suruh saya jual," jelas Thole kepada Liputan6.com, awal pekan ini.

Thole mengungkapkan, awal menjual nasi goreng ia sempat mendapat komentar miring. Hal ini terkait bahan yang digunakan untuk membuat nasi goreng menjadi warna-warni yakni terdiri dari warna merah, hijau, dan kuning.

"Kesannya sempat banyak yang nggak percaya, dikira saya pakai pewarna. Kita sabar aja. Alhamdulillah (bisa jualan) sampai sekarang," tambahnya.

Lantas, apa resep rahasia di balik nasi goreng warna-warni ala Thole Kitchen? Untuk warna hijau, Thole menyebut bahwa resep nasi goreng warna hijau dan hitam ia dapat dari salah seorang teman yang berasal dari Lombok.

"Kalau hijau ada sedikit cabai hijau tapi harus dibuang bijinya. Nasi goreng hitam dari tinta dan daging cumi-cumi kita blender, harus direbus dulu cuminya, dibuang kotorannya. Ada bumbu rempah-rempahnya biar nggak terlalu strong dan amis," kata Thole.

"Nasi goreng berwarna merah itu kita dapat dari sebuah rumah sakit, saat anak saya operasi jantung. Saya tanya sama suster merahnya dari apa, katanya dari buah bit," tambahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 3 halaman

Seporsi Nasi Goreng Warna-warni

Seporsi nasi goreng warna-warni yang disuguhkan Thole dijual seharga Rp 20 ribu. Selain nasi goreng warna-warni, ia juga menghadirkan menu lainnya seperti mi dan bihun warna-warni.

"Nasi goreng warna-warni Rp 20 ribu, nasi gila dengan tumisan isinya ayam suir, sosis, bakso, sayuran, Rp 28 ribu, kalau hitam Rp 17 ribu, hitam dan merah Rp 15 ribu. Kalau mi harganya sama saja," jelas Thole.

Nasi goreng warna-warni juga dilengkapi dengan telur yang dapat dipesan untuk dibuat dadar atau ceplok. Tidak ketinggalan, taburan teri kian melengkapi kelezatan nasi goreng.

Penasaran dengan cita rasa menarik nasi goreng warna-warni yang diolah dari bahan-bahan alami? Thole Kitchen buka setiap hari mulai pukul 18.30-01.00 WIB dan biasanya bakal ramai dikunjungi pembeli saat akhir pekan.

3 dari 3 halaman

Jadi Tempat Makan Favorit

Selain unik dan menarik, cita rasa nasi goreng warna-warni telah berhasil memikat banyak pembeli. Satu di antaranya adalah Fitri yang mengaku lumayan sering makan di Thole Kitchen.

"Sudah lumayan sering makan di sini, referensi dari teman katanya nasi gorengnya enak terus nagih deh. Soalnya rasanya beda dari nasi goreng biasa punya keunikan sendiri," kata Fitri.

Nasi goreng warna-warni menjadi menu favoritnya. Fitri juga selalu memesan nasi goreng warna-warni yang pedas untuk sensasi makan yang lebih nikmat.

"Suka sama rasanya, ada tiga kombinasi dari tiga nasi goreng karena tiap warna pasti beda rasa. Kebetulan dicampur ada teri juga," tambahnya.

 

Niat Hati Payungi Cewek di Jalan, Ending Pria Ini Malah Kocak

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kuliner Malam Jumat: Mencicipi Keunikan Tiga Jenis Bakso Pak De Reno
Artikel Selanjutnya
Kuliner Malam Jumat: Menyantap Gulai Daging Sepuasnya di Warung C’Mar Bandung