Sukses

Telur Ikan Terbang dan 5 Kuliner Lain yang Disajikan Istri JK untuk Presiden Jokowi dan Ibu Negara

Liputan6.com, Jakarta - Usai menghadiri Jambore Desa Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Gedung Wisma Negara, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi, beserta rombongan dijamu makan siang oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK), di kediaman pribadinya di Jalan Haji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/12/2018).

Makan siang bersuasana santai dan hangat itu dilengkapi dengan sajian makanan khusus perpaduan kuliner Makassar dan Padang yang telah disiapkan istri JK, Mufidah Jusuf Kalla. Berikut menu-menu yang disajikan dengan ulasan seperti dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (22/12/2018).

Telur ikan terbang

Mungkin bukan bahan makanan yang familiar, namun telur ikan terbang nyatanya bisa diolah ke berbagai jenis sajian. Yang paling populer adalah sebagai pelengkap acar dan sup. Sensasi garing yang dihadirkan membuatnya jadi makanan kesukaan tak sedikit orang.

Ikan kakap fillet

Lezatnya sajian satu ini tentu tak perlu diragukan. Ikan kakap sendiri diketahui memiliki daging tebal dan lembut. Jadi, mencicipnya tak memerlukan banyak effort. Saat disuapkan ke mulut, daging ikan ini otomatis lumer dan membuat Anda ketagihan. Daging ikan kakap fillet umumnya diolah jadi kakap goreng tepung, kakap asam manis, dan sup ikan kakap.

Satai domba

Sajian yang juga dihidangkan istri JK pada Presiden Jokowi, Ibu Negara, beserta rombongan adalah satai domba. Berbeda dengan ayam dan sapi, domba cenderung memiliki daging lebih juicy jika diolah. Penyajian bersama acar akan menambah kenikmatan ketika menyantap kuliner satu ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

 

2 dari 2 halaman

Sajian Kuliner dari Istri Jusuf Kalla untuk Presiden Jokowi, Ibu Negara, dan Rombongan

Coto Makassar

Kuliner andalan Makasaar ini sepertinya tak pernah gagal mengambil hati penikmatnya. Kuah kecokelatannya merupakan perpaduan beragam rempah yang berpadu selaras dan mengantarkan rasa nikmat nan khas ketika disantap.

Kuliner dengan bahan baku jeroan sapi ini biasanya disajikan bersama sambal tauco. Sensasi pedas nan nikmat yang dihadirkan pelengkap tersebut siap menambah kenikmatan saat menyantap seporsi coto Makassar.

Ayam goreng sulawesi

Jangan pernah terintimidasi melihat warna cokelat tua dari ayam yang disajikan karena rasanya mampu membuat Anda rindu pada Sulawesi. Sajian ini biasanya berbahan baku ayam kampung. Umumnya, rasa kuliner ini manis cenderung gurih.

Sambal mangga

Melengkapi santapan, Mufidah juga menyajikan sambal mangga bersama kuliner lain. Pelengkap satu ini tentu sangat cocok dipadankan dengan ragam sajian lain untuk menambah sensasi asam dan pedas yang 'pecah' di mulut.

Kuliner Malam Jumat: Dada dan Telur Ayam Jadi Favorit di Sate Apjay Tunggal

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Jusuf Kalla: Jokowi Pilihan Terbaik
Artikel Selanjutnya
Jusuf Kalla Jamu Jokowi di Kediamannya di Makassar