Sukses

Pertama di Dunia, Traveling ke Negara yang Siap Gratiskan Tarif Transportasi Umum yuk!

Liputan6.com, Jakarta - Luksembourg siap jadi negara pertama di dunia yang menggratiskan transportasi umum pada pertengahan tahun depan. Gebrakan ini merupakan lanjutan dari upaya mengatasi kemacetan di salah satu negara di Eropa Barat tersebut. 

Ya, negara kecil yang berada di antara Belgia, Jerman, dan Perancis ini secara resmi bakal menggratiskan tarif transportasi umum, mulai dari kereta, trem, hingga bus. Dikutip dari The Guardian, Minggu (16/12/2018), musim panas tahun depan jadi tenggat rencana dari koalisi pemerintah terpilih, Xavier Bettel, ini untuk direalisasikan.

Tercatat, negara ini merupakan rumah bagi 110 ribu orang, namun punya 400 ribu pengguna kereta api menuju kota dari negara tetangga untuk bekerja. Sebuah studi memaparkan, pengendara di Luksembourg rata-rata menghabiskan waktu 33 jam di tengah kemacetan pada 2016.

Berdasarkan data, Luksembourg telah memperlihatkan grafik kenaikan kebiasaan memakai transportasi umum beberapa waktu belakangan. Tahun ini, pemerintah telah memberikan transportasi gratis bagi anak-anak dan anak muda di bawah 20 tahun.

Siswa secondary school telah difasilitasi kendaraan gratis dengan rute rumah-sekolah mereka. Sementara pengguna kereta api membayar 2 euro atau setara Rp 33 ribu untuk perjalanan lebih dari dua jam, di mana tarif tersebut terbilang murah jika dibandingkan dengan negara Eropa lain.

Kebijakan demi kebijakan ini diharapkan bisa memotivasi pengendara kendaraan pribadi untuk naik transportasi umum, terutama di Luxembourg City yang mengalami catatan kemacetan dinilai cukup serius.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

BUS TABRAK TRUK DI PAKISTAN, 27 TEWAS

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Luksemburg Jadi Negara Pertama di Dunia yang Gratiskan Ongkos Transportasi Umum
Artikel Selanjutnya
Jangan Salah, Simak Tips Memilih Koper untuk Liburan ala Wulan Guritno