Sukses

Harbolnas 2018 Diikuti 300 E-Commerce, Ini Waktu yang Tepat untuk Belanja

Siap-siap belanja ya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tanggal 12 Desember, diselenggarakan Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Di hari itu, berbagai e-commerce akan membagikan diskon hingga penawaran menggiurkan untuk memanjakan masyarakat Indonesia. 

Banyaknya promo menarik yang ditawarkan pada Harbolnas tentu sangatlah menggoda bagi semua orang untuk belanja barang. Program yang telah dimulai dari tahun 2012 lalu ini selalu menjadi momen yang paling dinantikan. Pasalnya, ratusan e-commerce dari seluruh Tanah Air berlomba-lomba menawarkan promo diskon besar-besaran untuk menarik pembeli. 

Harbolnas adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia dengan dukungan dari berbagai mitra kerja sama, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media. Harbolnas yang akan digelar bulan ini merupakan puncak rangkaian pesta belanja online yang digelar sejak September 2018. 

Pesta belanja terbesar di Indonesia ini akan diikuti lebih dari 300 e-commerce di Indonesia. Mereka menawarkan diskon besar-besaran. Selain memberikan potongan harga hingga 90 persen, juga memberikan cashback hingga 120 persen dari ShopBack.

"Seluruh katagori produk itu akan dipasarkan melalui lebih dari 300 e-Commerce peserta Harbolnas 2018 yang pada tahun ini mengangkat tema 'Belanja untuk Bangsa',” kata Ketua Panitia Harbolnas, Indra Yonathan, di Jakarta, Rabu 5 Desember 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips dan waktu yang tepat untuk belanja

Banyaknya promo menarik yang ditawarkan sat Harbolnas tentu sangat menggoda bagi semua orang untuk belanja. Hingga akhirnya, kebanyakan orang akan dibuat kalap dan menghabiskan uang gajinya begitu saja di pertengahan bulan. Daripada menyesal, ada baiknya Anda menjadi pembeli yang bijak saat Harbolnas nanti. Gimana caranya? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, tips belanja saat Harbolnas dan waktu yang tepat untuk belanja. 

1. Beli karena butuh, bukan ingin

Banyaknya diskon yang ditawarkan tentu membuat banyak orang tergiur olehnya. Namun, Anda jangan mudah tergoda dengan diskon. Anda harus memprioritaskan mana barang yang lebih Anda butuhkan, dan menyingkirkan barang yang Anda inginkan.

2. Prioritas Barang-Barang yang Ingin Dibeli

Sebelum memasuki periode pesta belanja online, buatlah daftar barang yang ingin dibeli dan tentunya paling Anda butuhkan. Masukkan barang-barang tersebut ke dalam wishlist yang ada di platform e-commerce kesayangan Anda. 

3. Bandingkan harga dan tempat

Cari barang pada satu tempat dahulu, lalu coba berpindah ke tempat lain, kemudian bandingkan harganya. Ketika mencari barang yang diinginkan, cobalah cari perlahan pada satu situs. Namun jika pada satu situs tidak menemukan yang diinginkan, Anda dapat melihat ke situs lainnya. Jika ternyata barang yang diinginkan Anda di semua situs, Anda dapat mulai membandingkan harganya dan siapa tau Anda bisa dapatkan harga yang paling murah. 

4. Cermati dengan Seksama S&K Promo

Agar tidak merasa tertipu dengan promo yang ditawarkan oleh platform e-commerce saat Harbolnas, tidak ada salahnya Anda menyempatkan satu menit waktu belanja untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan dari program promo yang berlaku. Pastikan promo tersebut berlaku untuk barang-barang yang ingin Anda beli. 

5. Belanja Saat Sepi Pengunjung

Berdasarkan data historikal Shopback, waktu yang paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia saat pesta belanja online berlangsung adalah pukul 09.00 - 11.00 pagi. Data ini pun diperkuat dengan hasil survei yang dilakukan Shopback pada Harbolnas tahun lalu, di mana sebanyak 31 persen responden mengaku berbelanja saat Harbolnas pada pukul 09.00-12.00 WIB dan 19 persen pada pukul 12.00 -15.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Ragam diskon menggiurkan saat Harbolnas 2018

Harbolnas diikuti lebih dari 300 e-commerce. Mereka menawarkan diskon besar-besaran.

Lazada, misalnya, menawarkan Crazy Flash Sale pada 10-12 Desember 2018. Di antaranya, tas ditawarkan seharga Rp 12 ribu, salah satu merek popok bayi seharga 1.212 rupiah, hingga lipstik merek ternama yang bisa dibeli hanya Rp 12 ribu.

Selain Lazada, JD.ID juga memberikan Crazy JD Golden Ticket. Harga sebuah sepatu yang awalnya berharga Rp 15 juta menjadi Rp 12 ribu. Penawaran fantastis juga pada kulkas yang awalnya Rp 5 jutaan berubah menjadi Rp 12 ribu. Ada juga tas mewah seharga Rp 25 jutaan lebih menjadi Rp 12 ribu.

Sementara itu, Shopee menghadirkan acara puncak 'Shopee 12.12 Birthday Sale' dengan serangkaian acara menarik dan penawaran fantastis. Di antaranya, Kuis Shopee dengan total hadiah senilai Rp 12 miliar, cashback 120 persen, dan gratis ongkos kirim 12 kali tanpa minimum pembelian.

Produk pilihan Make Over akan didiskon sampai 35 persen, sedangkan Maybelline memberi potongan harga hingga 60 persen. Lalu, produk Johnson and Johnson bisa didapat dengan diskon sampai 50 persen. Oppo promo spesial berhadiah rumah dengan diskon 75 persen pun ada.

Melalui promo AFTER 11 Harbolnas Bukalapak, para pengguna dapat menikmati barang-barang idaman seharga Rp 12.000, Nego 12 kali lebih dahsyat, flash deal serba Rp 12, dan cashback Rp 1,2 Juta di mana pengguna Bukalapak berkesempatan meraih cashback sebesar 10 persen dengan minimal transaksi Rp 2.000.000 (tidak termasuk ongkos kirim). 

Kemudian gratis ongkir 12 kali setiap hari berlaku untuk jasa pengiriman Alfatrex, Grab, GO-SEND, J&T, Lion Parcel, NINJA, dan TIKI selama 10 - 31 Desember 2018.

4 dari 4 halaman

Rekam Jejak Harbolnas dari tahun ke tahun

Harbolnas diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012, Harbolnas menjadi kampanye cyber sale terbesar di Indonesia. Pada perayaan keduanya tahun 2013, Harbolnas melibatkan 22 e-commerce, berlanjut pada tahun 2014 sebanyak 78 e-commerce ikut serta berpartisipasi. 

Pada Harbolnas 2015, e-commerce yang berpartisipasi melonjak tajam sebanyak 140 e-commerce. Di Harbolnas tahun 2016 ada 200 e-commerce yang menawarkan diskon besar-besaran. Sementara pada Harbolnas 2017 sebanyak 254 e-commerce dari berbagai kategori memberikan promo serta diskon besar-besaran hingga 95%. 

Sejak diselenggarakan pada tahun 2012, Harbolnas telah mengalami peningkatan yang signifikan dari segala aspek.

Selain jumlah e-commerce yang setiap tahun naik, animo masyarakat tiap Harbolnas pun semakin tinggi. Ini terbukti dari catatan Nielsen yang menyebutkan total nilai transaksi pada Harbolan 2017 adalah sebesar Rp 4,7 triliun. Jumlah tersebut naik sebesar Rp 1,4 triliun dibandingkan event Harbolnas 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.