Sukses

Cara Membuat Kimbab Korea yang Enak dan Mengenyangkan, Cocok Buat Bekal

Kimbab memang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut.

Liputan6.com, Jakarta Kamu salah satu penyuka dunia K-Pop dan berbagai acaranya? Korea memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Mulai dari musiknya yang sangat populer, serial dramanya yang selalu berhasil menghanyutkan emosi penggemarnya, hingga aneka makanan khas Korea.

Kamu mungkin sering menemukan berbagai makanan Korea yang menarik perhatian dan sepertinya enak untuk dimakan. Salah satunya yang paling umum adalah kimbab atau gimbap. Kimbab merupakan salah satu makanan khas Korea yang belakangan ini banyak digemari di Indonesia. Makanan yang satu ini memang sangat bersahabat dengan lidah orang Indonesia karena terbuat dari nasi dan bahan-bahan umum lainnya seperti daging ayam, mentimun, dan lain-lain.

Ya, kimbab memang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Biasanya kimbab memang populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lainnya di luar ruangan. Makanan ini sekilas mirip dengan makanan khas Jepang yakni Sushi. Ya, kimbab memang terinspirasi dari futomaki (makizushi) yang dibawa oleh orang Jepang ketika mereka menjajah Korea pada tahun 1910-1945.

Akan tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara sushi dan kimbab. Sushi biasanya disajikan dengan cuka dan bumbu lainnya sedangkan kimbab nasinya sudah diberi bumbu sehingga lebih terasa gurih. Kimbab juga bisa dimakan secara langsung tanpa perlu cuka dan semacamnya.

Kimbab ini bukanlah makanan mewah karena kamu bisa dengan mudah menemukannya di jalanan Korea. Biasanya kimbab dijadikan sebagai perbekalan untuk sekolah, piknik, dan lainnya. Kimbab juga bisa disajikan dengan makanan lainnya seperti danmuji dan kimchi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Di Korea sendiri juga terdapat beberapa jenis kimbab yang cukup populer

Samgak kimbab, yaitu kimbab berbentuk segitiga yang banyak dijual di supermarket di Korea Selatan.

Chungmu kimbab, yaitu kimbab yang hanya dibuat dari nasi saja. Kimbab yang berasal dari kota Chungmu ini bentuknya lebih tipis dan biasanya tidak diberi bumbu pada permukaannya. Chungmu kimbab biasanya dihidangkan bersama dengan kolddugi muchim. Chamchi kimbab, yaitu kimbab yang berisi tuna, wijen, dan mayonese.

Mayak kimbab, yaitu kimbab yang biasanya ditemukan di Gwangjang Market di Seoul. Konon, orang yang memakan kimbab ini akan ketagihan karena saking nikmatnya mayak kimbab ini.

Nah sudah semakin penasaran kan? Berikut cara membuat kimbab Korea seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (05/12/2018).

3 dari 6 halaman

Bahan cara membuat kimbab Korea:

450 gram nasi putih pulen

1/2 sendok makan minyak wijen

1 sendok teh garam

5-6 lembar nori ukuran 18x21 cm

Minyak wijen untuk olesan

Wijen sangrai untuk taburan

Bamboo mat (penggulung sushi) untuk membantu ketika menggulung dan mengencangkan gulungan

 

4 dari 6 halaman

Bahan Isi Ayam Kimbap:

Bahan Isi Ayam Kimbap:

250 gram daging ayam fillet

1 siung bawang putih (haluskan)

1 sendok makan saus tiram

1 sendok makan kecap asin

1 sendok teh wijen

1 sendok teh gula pasir

Garam dan merica secukupnya

 

Cara Membuat Kimbab Isian Ayam:

1. Campur daging ayam atau daging sapi dengan semua bumbu, aduk rata lalu marinade selama 15 menit.

2. Kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng sampai matang.

Bahan Isi Telur Dadar Kimbap:

3 butir telur ayam (kocok lepas)

Garam atau penyedap rasa sedikit saja

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Kimbab isian Telur Dadar dan Wortel

1. Silahkan dadar telurnya sampai matang di kedua sisinya tapi jangan sampai cokelat ya.

2. Angkat, sisihkan.

 

Bahan wortel cara membuat Kimbap:

1 buah wortel (potong korek api)

Garam sedikit saja

 

Cara membuat kimbab Korea isian wortel:

1. Cukup tumis wortel dengan sedikit minyak goreng sampai agak layu.

2. Kemudian beri garam, angkat.

 

Bahan Pokcoy / Bayam Kimbap:

Secukupnya pokcoy atau bayam sesuai selera kemudian blansir (blanch) pokcoy atau bayam di air panas sampai layu dan warnanya cerah.

Angkat lalu bilas dengan air dingin. Lalu beri garam dan sedikit minyak wijen.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Kimbap Korea:

1. Pertama-tama siapkan bahan isian selagi nasi dimasak.

2. Nasi: Masak nasi dengan menggunakan air yang lebih sedikit jumlahnya dari memasak normal. Jangan lupa untuk memakai jenis beras yang pulen, bukan yang pera. Bisa mengombinasikan beras pulen 100 gram dan beras ketan 50 gram. Pakai beras Korea lebih bagus hasilnya.

3. Setelah matang, angkat dan pindahkan ke wadah, aduk lalu beri garam dan minyak wijen. Aduk sampai merata. Cicipi rasanya, silahkan sesuaikan dengan selera.

4. Penyajian Kimbap: Ambil bamboo mat, letakkan selembar kim/nori/rumput laut kering di atasnya (bagian yang mengkilat dibawah) dengan sisi yang lebih panjang searah gulungan.

5. Ratakan nasi di atas kim/nori dengan menggunakan sendok sambil sedikit ditekan-tekan.

6. Tata isian di atasnya, sisakan spasi di bagian yang dekat dengan kita untuk menutup isian saat pertama melipat gulungan. Tata isian bertumpuk agar tidak terlalu menghabiskan spasi.

7. Gulung dan kencangkan dengan bambo mat agar nasi padat dan menempel dengan baik. Lakukan sampai semua bahan habis.

8. Terakhir poles permukaan kim/nori dengan minyak wijen, beri wijen sangrai sambil sedikit ditekan agar menempel. Potong-potong dengan pisau tajam yang dioles sedikit minyak/minyak wijen agar tidak lengket.

9. Kimbap siap disajikan atau dibawa untuk bekal/menu bento dengan ditemani ebi furai, Udang katsu, chicken katsu, tamagoyaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini