Sukses

Cara Membuat Singkong Keju Merekah, Empuk dan Bikin Nagih

Liputan6.com, Jakarta Menyantap singkong goreng biasanya ditemani dengan sambal terasi atau sambal bawang olahan sendiri, rasanya pasti nikmat. Apalagi disantap saat minum teh di sore hari yang hujan. Singkong goreng bila tak pintar memilih singkongnya dan juga tak pintar mengolahnya, tak jarang hasilnya keras seperti kayu. Bosan dengan rasa singkong goreng biasa saja, bagaimana kalau diberi taburan keju parut?

Dengan rasanya yang gurih, singkong keju memang menjadi godaan bagi setiap orang. Tekstur empuk serta kandungan gizi yang dimilikinya juga membuatnya banyak digemari masyarakat Indonesia. Singkong merupakan salah satu makanan yang mengenyangkan karena kandungan karbohidratnya yang sangat tinggi. Oleh karena itu, di sebagian daerah yang ada di Tanah Air pun, singkong telah menjadi salah satu makanan pokok alternatif pengganti nasi.

Singkong disebut juga dengan nama ketela pohon dan ubi kayu, atau istilah ilmiahnya dikenal dengan Manihot Utilissima. Selain umbinya yang dapat diolah menjadi beragam jenis olahan makanan yang lezat, daunnya juga dapat digunakan sayuran atau lalapan yang mengandung banyak zat besi.

Singkong biasanya diolah dengan cara digoreng, direbus, atau dibuat kolak. Salah satu olahan umbi singkong yang patut dicoba adalah olahan singkong keju. Cara membuat singkong keju ini belakangan ini cukup populer di Indonesia karena cita rasanya yang khas.

Cara membuat singkong keju juga menggabungkan dua unsur makanan populer sekaligus sehingga mudah diterima oleh lidah orang Indonesia. Yang pertama adalah singkong yang merupakan makanan tradisional Indonesia, dan yang kedua adalah keju yang merupakan makanan khas barat.

Singkong atau ketela pohon merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Olahan dari singkong pun bermacam-macam, ada yang dijadikan sebagai makanan khas seperti getuk, tape dan keripik menjadi salah satu camilan disukai banyak orang.

2 dari 5 halaman

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Meski terlihat sederhana, dan seringkali dianggap sebagai makanan kalangan bawah, singkong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya cukup lengkap. Sebagai olahan singkong, maka keripik singkong pun memiliki manfaat, yaitu sebagai berikut:

1. Sumber Vitamin B Kompleks

Singkong merupakan sumber vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin seperti riboflavin, folat, thiamin, piridoksin (vitamin B6), dan asam patotenat. Riboflavin bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan proses produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah penyakit anemia.

Singkong juga mengandung vitamin B17 atau amygdaline yang berfungsi membantu menghancurkan enzim penyebab kanker. Vitamin B17 bermanfaat sebagai alat pengobatan kanker tanpa kemoterapi.

2. Sumber Vitamin K

Vitamin K dibutuhkan tubuh untuk membangun massa tulang dengan cara memicu aktivitas osteotrophic dalam tulang. Tulang berfungsi sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda tumpul. Mengonsumsi singkong dapat menjaga tulang tetap kuat.

Vitamin K juga dapat membantu mengurangi kerusakan saraf pada otak sehingga berguna dalam pengobatan penderita penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer ditandai dengan menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara.

3. Sumber Mineral

Singkong juga memiliki kandungan beberapa mineral yang penting untuk tubuh. Seperti seng, magnesium, tembaga, besi, mangan dan kalium. Kandungan kalium pada singkong juga cukup tinggi, yaitu sekitar 271 mg per 100 gram singkong.

Kalium merupakan bagian yang sangat penting dari sel dan cairan tubuh, dan memiliki peran dalam membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Kekurangan kalium dapat mengakibatkan gangguan pada irama jantung, atau yang disebut aritmia. Selain itu, kalium juga berguna dalam mengantur tekanan darah sehingga mencegah hipertensi.

4. Sumber Energi

Singkong merupakan bahan makanan rendah lemak dan kolesterol, namun tinggi kalori, yaitu 160 kalori per 100 gr singkong. Dahulu, singkong pernah menjadi bahan makanan pokok sebagian rakyat Indonesia. Di masa sekarang pun, pemerintah kembali menggalakkan gerakan agar umbi-umbian termasuk singkong dijadikan salah satu makanan pengganti nasi.

Singkong adalah umbi-umbian tropis yang kaya akan pati dengan kandungan kalori tertinggi, yang terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian. Kandungan kalorinya dua kali lipat lebih tinggi daripada kentang. Singkong dapat memenuhi kebutuhan kalori tubuh sebagai sumber energi guna melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Sumber Serat

Serat pangan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena memiliki banyak kegunaan, yaitu:Menurunkan tekanan darah, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi.

Menjaga kadar kolesterol dalam darah, yang berguna untuk mencegah penyakit jantung.

Dahulu, penyakit jantung banyak menyerang kaum lansia, tetapi kini kaum usia muda pun banyak terserang penyakit ini, akibat gaya hidup, konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, kurangnya olahraga, dan tingkat sres yang tinggi.

Membantu memperlancar sistem pencernaan.

Mencegah obesitas, karena singkong memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah lemak.

Mengurangi risiko diabetes, karena serat mampu mengendalikan kadar gula darah agar tetap berada dalam batas normal.

Mencegah kanker usus besar, karena kandungan serat yang ada di dalamnya membantu proses buang air besar menjadi lancar.

Mengurangi risiko stroke, yaitu hilangnya fungsi otak dengan cepat yang diakibatkan gangguan aliran darah menuju ke otak.

6. Bebas Gluten

Belakangan ini, makanan bebas gluten sedang menjadi tren masyarakat yang menggandrungi gaya hidup sehat. Kandungan gluten pada makanan diketahui dapat menyebabkan penyakit celiac, yaitu reaksi tubuh akibat intoleransi terhadap zat gluten. Celiac ditandai kerusakan usus halus sehingga usus kehilangan kemampuan untuk mencerna beberapa nutrisi tertentu.

3 dari 5 halaman

Singkong Keju Gurih

Cara membuat singkong keju memang kini tengah digandrungi banyak orang. Nah, daripada membeli tak ada salahnya untuk mencoba membuatnya di rumah kan. Cara membuat singkong keju ini pun mudah, berikut caranya yang Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Minggu (11/11/2018).

4 dari 5 halaman

Bahan cara membuat singkong keju:

3 buah singkong (kupas, cuci bersih)

Keju parut (secukupnya)

Minyak goreng (secukupnya)

 

Bumbu cara membuat singkong keju:

Garam (secukupnya)

1/2 sdt ketumbar

Kaldu ayam bubuk (jika suka)

3 siung bawang putih

5 dari 5 halaman

Cara membuat singkong keju:

1. Rebus singkong hingga empuk dan matang. Angkat, tiriskan.

2. Haluskan bumbu kemudian beri sedikit air.

3. Celupkan singkong yang telah direbus ke dalam bumbu. Diamkan kira-kira selama 10-15 menit.

4. Panaskan minyak, goreng singkong hingga berwarna kuning keemasan.

5. Angkat singkong yang telah matang, taburkan keju parut di atasnya.

6. Singkong keju yang merekah, empuk dan gurih bikin nagih siap disajikan.

Loading