Sukses

Cara Membuat Nasi Goreng Kampung Sederhana yang Jadi Favorit Banyak Orang

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak suka dengan nasi goreng? Masakan olahan nasi ini mungkin menjadi salah satu hidangan terfavorit di Indonesia. Walaupun nasi goreng bukan berasal dari Indonesia, namun nasi goreng sudah seperti sajian khas dari Indonesia. Hal ini dikarenakan nasi goreng dapat kamu jumpai hampir di semua restoran atau tempat makan. Selain itu dapat dengan mudah menjumpai pedagang pinggir jalan yang menghidangkan menu nasi goreng.

Nasi goreng yang berasal dari China ini adalah sajian nasi yang digoreng bersama bumbu atau rempah, serta ditambahkan berbagai bahan lainnya seperti lauk pauk atau sayuran. Nah, salah satu hal yang menjadikan nasi goreng digemari banyak orang adalah selain memiliki rasa yang enak, pembuatannya pun terbilang mudah dan simpel. Selain itu, nasi goreng sangat erat kaitannya dengan kegemaran orang Indonesia terhadap nasi.

Kini terdapat banyak sekali varian nasi goreng di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan Jawa memiliki varian nasi gorengnya sendiri. Di antara banyaknya varian nasi goreng, terdapat salah satu varian nasi goreng yang mungkin sering kamu dengar namanya di restoran, yakni nasi goreng kampung. Sebenarnya tidak ada perbedaan khusus antara nasi goreng kampung dengan nasi goreng lainnya, namun cara membuat nasi goreng kampung biasanya dimasak bersama lauk pauk yang lengkap alias tidak polos. Cara membuat nasi goreng kampung pun menggunakan bumbu-bumbu khas Indonesia sehingga dinamakan ‘kampung’ atau yang identik dengan tradisional.

Cara membuat nasi goreng kampung ini dapat menjadi alternatif untuk santapan kamu sepanjang hari, baik untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Kamu dapat membuatnya dalam waktu beberapa menit saja, sehingga nasi goreng kampung bisa menjadi jawaban saat kelaparan melanda. Kamu juga dapat mengkreasikan sendiri nasi goreng kampung dengan menggunakan bahan-bahan lainnya seperti mengganti daging ayam dengan daging sapi atau daging lainnya, atau memasukkan sedikit saus tiram agar rasanya semakin gurih.

Berikut cara membuat nasi goreng kampung yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (03/11/2018).

2 dari 4 halaman

Bahan cara membuat nasi goreng kampung:

150 gram nasi putih atau sepiring nasi

2 siung bawang putih, dicincang

5 butir bawang merah, diiris

1 buah cabai merah, diiris

1 sdm daging ayam, diiris

1/2 sdt terasi

1 butir telur, dikocok lepas

1 batang daun bawang, diiris

1 sdt cabai rawit iris

1 sdt kecap manis

1 sdm margarin

garam dan merica secukupnya

 

Bahan pelengkap cara membuat nasi goreng:

acar bening

ikan teri goreng

telur dadar iris

sambal terasi

daun kemangi

3 dari 4 halaman

Cara membuat nasi goreng kampung:

1. Cara membuat nasi goreng kampung awalnya adalah memanaskan margarin di atas wajan.

2. Setelah meleleh dan panas, masukkan bawang putih, bawang merah serta cabai merah. Tumis ketiga bahan hingga tercium harum.

3. Setelah itu, masukkan daging ayam, kemudian aduk terus hingga daging berubah warna.

4. Masukkan terasi, lalu aduk dan sisihkan di bagian tepi wajan.

5. Masih pada wajan yang sama, masukkan telur dan aduk hingga telur matang.

6. Masukkan nasi putih, daun bawang, cabai rawit, kemudian aduk sebentar hingga semua bahan tercampur rata.

7. Selanjutnya, masukkan kecap, garam serta merica secukupnya. Aduk terus hingga nasi goreng kampung teraduk dengan sempurna.

8. Setelah nasi matang dan rasanya sudah sempurna (coba dulu sebelum diangkat, jika belum sedap tambahkan garam), angkat dan sajikan panas-panas bersama bahan pelengkap.

4 dari 4 halaman

Tips membuat nasi goreng yang enak:

1. Nasi

Berbeda dengan nasi putih yang digunakan untuk sajian lainnya, kamu harus menyiapkan nasi putih matang, khusus untuk nasi goreng. Yaitu nasi putih yang bertekstur pera. Sehingga apabila digoreng, nasinya tidak akan lembek dan saling menempel satu sama lainnya. Jenis nasi ini juga hampir sama dengan nasi yang digunakan di rumah makan Padang.Kamu cukup menggunakan nasi putih sisa kemarin. Atau kamu juga bisa memasukkan nasi putih yang hendak kamu goreng, ke dalam kulkas dan diamkan minimal selama 1-2 jam (bisa hingga semalaman) sebelum dieksekusi.

2. Bumbu

Ada dua jenis nasi goreng utama yaitu nasi goreng Jawa (kampung) dan nasi goreng Chinese (oriental). Keduanya menggunakan bumbu yang berbeda sehingga menghasilkan kekhasan masing-masing. Selain kecap manis dan saus sambal yang wajib digunakan, nasi goreng Jawa biasanya menggunakan ebi, terasi, dan kemiri sehingga menghasilkan cita rasa khas dan warna yang cenderung gelap.

Sementara nasi goreng oriental memadukan bumbu dari aneka saus seperti saus tiram, kecap ikan, kecap asin, arak masak, dan minyak wijen sehingga cita rasanya menjadi unik dan berwarna lebih terang. Namun saat ini banyak juga yang memadukan keduanya dalam hal penggunaan bumbu-bumbunya.

3. Teknik memasak

Sudah menjadi ketentuan umum bahwa kompor digunakan adalah kompor high pressure, sehingga proses pemasakan akan lebih cepat dan matang sempurna, serta tetap mempertahankan tekstur asli makanan. Kalau kamu perhatikan di tukang nasi goreng, kompornya itu memiliki api yang sangat besar dan cukup berisik jika menyala, nah itulah yang disebut dengan kompor high pressure.

Setelah menumis bumbu nasi goreng hingga matang, kecilkan api kompor kamu dan masukkan nasi putihnya. Aduk-aduk hingga bumbu dan nasi tercampur merata, baru kemudian besarkan apinya hingga maksimal dan terus aduk nasinya supaya tidak ada yang menempel di dasar wajan atau gosong. Lakukan tahap ini sebentar saja cukup 2-3 menit. Lalu teteskan sedikit minyak wijen dan beri taburan bawang putih cincang goreng, untuk style nasgor oriental. Angkat dan sajikan langsung ya.

Viral, Bocah Bikin Tutorial Alis Pakai Sendok
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Nasi Goreng Jawa yang Mudah dan Menggoyang Lidah
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Nasi Goreng Telur yang Enak dan Bikin Ketagihan