Sukses

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa yang Mudah dan Menggoyang Lidah

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang nggak pernah mencicipi nasi goreng? Makanan asli Indonesia ini begitu akrab baik di telinga maupun di lidah. Malahan para turis asing yang berkunjung ke Indonesia pun suka makan nasi goreng dengan berbagai macan varian rasanya.

Cara membuat nasi goreng terbuat dari nasi yang kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu dan pelengkap lalu digoreng hingga semua rasanya menyatu. Itulah sebabnya nasi goreng memiliki citrarasa yang lezat dan menggugah selera.

Nasi goreng adalah satu di antara pilihan masakan tercepat yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga saat buru-buru hendak membuatkan masakan untuk keluarganya. Tak heran jika cara membuat nasi goreng sederhana ini menjadi pilihan para wanita karier untuk sarapan karena kemudahannya.

Bukan hanya bagi ibu rumah tangga saja, namun makanan murah dan juga cepat dihidangkan ini pun bisa merupakan pilihan yang praktis bagi anak kos. Atau bagi kamu yang lagi nggak punya cukup uang dan juga ingin memasak sendiri.

Menu andalan masyarakat Indonesia saat sarapan memang tidak perlu keahlian khusus atau waktu yang lama untuk membuatnya. Tidak hanya saat makanan pagi saja, nasi goreng juga dapat disajikan saat makan malam. Seperti yang telah kita ketahui, banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual masakan nasi goreng pada malam hari dengan gerobak dorongnya mengelilingi permukiman.

Nasi goreng pun ada beragam variasinya, begitu juga cara membuat bumbu nasi gorengnya. Variasi yang kamu temui saat ini dikarenakan bahan baku yang digunakan tergantung dengan kondisi masyarakat setempat. Di Indonesia sendiri ada bermacam-macam variasi umum nasi goreng seperti nasi goreng jawa, nasi goreng putih, nasi goreng biasa, dan juga masih banyak lagi. Menu tambahan yang disajikan untuk nasi goreng pun beragam. Ada yang dihidangkan dengan telur mata sapi, ataupun nasi goreng yang dibungkus dengan telur omelet. Begitu juga ada yang disajikan dengan sosis dan bakso. Kamu bisa memasak nasi goreng sesuai dengan selera dan kreasimu.

Nah, salah satu nasi goreng yang jadi favorit adalah nasi goreng Jawa. Bagi kamu yang suka nasi goreng Jawa, bisa coba membuatnya di rumah lho. Berikut cara membuat nasi goreng Jawa yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (02/11/2018).

2 dari 4 halaman

Bahan cara membuat nasi goreng:

2 piring nasi

4 buah cabai merah besar, potong-potong

4 cabai rawit

5 butir bawang merah

2 siung bawang putih

1/2 sdt terasi matang

2 sdm kecap manis

2 sdt garam

Minyak goreng

1 butir telur sebagai pelengkap

3 dari 4 halaman

Cara membuat nasi goreng:

1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam.

2. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus sampai matang.

3. Tambahkan nasi dan masak sampai rata.

4. Masukkan kecap manis, aduk nasi goreng dengan api kecil saja.

5. Angkat dan sajikan dengan telur atau bahan pelengkap lainnya.

4 dari 4 halaman

Tips membuat nasi goreng yang enak:

1. Nasi

Berbeda dengan nasi putih yang digunakan untuk sajian lainnya, kamu harus menyiapkan nasi putih matang, khusus untuk nasi goreng. Yaitu nasi putih yang bertekstur pera. Sehingga apabila digoreng, nasinya tidak akan lembek dan saling menempel satu sama lainnya. Jenis nasi ini juga hampir sama dengan nasi yang digunakan di rumah makan Padang.Kamu cukup menggunakan nasi putih sisa kemarin. Atau kamu juga bisa memasukkan nasi putih yang hendak kamu goreng, ke dalam kulkas dan diamkan minimal selama 1-2 jam (bisa hingga semalaman) sebelum dieksekusi.

2. Bumbu

Ada dua jenis nasi goreng utama yaitu nasi goreng Jawa (kampung) dan nasi goreng Chinese (oriental). Keduanya menggunakan bumbu yang berbeda sehingga menghasilkan kekhasan masing-masing. Selain kecap manis dan saus sambal yang wajib digunakan, nasi goreng Jawa biasanya menggunakan ebi, terasi, dan kemiri sehingga menghasilkan cita rasa khas dan warna yang cenderung gelap.

Sementara nasi goreng oriental memadukan bumbu dari aneka saus seperti saus tiram, kecap ikan, kecap asin, arak masak, dan minyak wijen sehingga cita rasanya menjadi unik dan berwarna lebih terang. Namun saat ini banyak juga yang memadukan keduanya dalam hal penggunaan bumbu-bumbunya.

Simak juga: Resep Cara Memasak Nasi Goreng, Kuning, Uduk, dan Liwet hingga Dimasak dengan Rice Cooker

3. Teknik memasak

Sudah menjadi ketentuan umum bahwa kompor digunakan adalah kompor high pressure, sehingga proses pemasakan akan lebih cepat dan matang sempurna, serta tetap mempertahankan tekstur asli makanan. Kalau kamu perhatikan di tukang nasi goreng, kompornya itu memiliki api yang sangat besar dan cukup berisik jika menyala, nah itulah yang disebut dengan kompor high pressure.

Setelah menumis bumbu nasi goreng hingga matang, kecilkan api kompor kamu dan masukkan nasi putihnya. Aduk-aduk hingga bumbu dan nasi tercampur merata, baru kemudian besarkan apinya hingga maksimal dan terus aduk nasinya supaya tidak ada yang menempel di dasar wajan atau gosong. Lakukan tahap ini sebentar saja cukup 2-3 menit. Lalu teteskan sedikit minyak wijen dan beri taburan bawang putih cincang goreng, untuk style nasgor oriental. Angkat dan sajikan langsung ya.