Sukses

6 Cara Memasak Udang dengan Benar dan Tanpa Bau Amis, Dari Membersihkan Hingga Mengolahnya

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang nggak suka udang? Rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal dan lebih lembut dibandingkan ikan membuat udang jadi favorit banyak orang. Cita rasa udang yang gurih dan nikmat memang membuat banyak orang tergoda untuk menikmatinya.

Dagingnya yang lembut dipadu dengan penyajian yang tepat bisa menjadi sebuah hidangan yang sangat nikmat. Apalagi variasi cara memasak udang cukup beragam, mulai dari dimasak sebagai bahan utama atau dicampur dengan bahan lain. Hasilnya sama-sama menawarkan sensasi yang lezat dan nikmat.

Tapi, cara memasak udang bukanlah hal yang mudah, meski terbilang sederhana, udang perlu diolah dengan benar agar menghasilkan rasa yang nikmat. Selain itu, mengolah udang juga perlu dilakukan dengan cara yang baik sehingga tidak akan menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nah, berikut ini Liputan.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/10/2018) cara memasak udang yang baik dan benar agar tidak amis atau bahkan merusak tekstur dan rasanya.

2 dari 7 halaman

1. Pilihlah udang yang segar

Saat hendak membeli udang, pastikan untuk memilih udang yang masih segar. Udang segar memiliki aroma yang khas dan warnanya pun tidak pucat alias segar. Tips selanjutnya dalam membeli udang adalah lihatlah bagian kepala udang, jangan dibeli jika kepalanya sudah hampir putus.

Lebih baik, kamu memilih udang yang masih utuh dari ujung ekor ke ujung kepala. Pastikan juga untuk mengecek tekstur dari si udang, pilih badan udang yang masih keras dan jangan pilih udang yang badannya terasa lembek.

3 dari 7 halaman

2. Simpan udang dengan cara yang benar

Jika kamu membeli udang untuk dimasak beberapa hari kemudian, masukkan udang ke dalam freezer Tapi, jangan terlalu lama juga menyimpannya disana, karena freezer hanya berguna sebagai tempat penyimpanan sementara saja.

Nantinya, jika kamu ingin mengolah udang, kamu bisa mengambilnya dari freezer dan pindahkan ke kulkas biasa atau diletakkan di bawah air dingin mengalir. Apabila kamu sudah mengeluarkannya sekali dari freezer, jangan pernah bekukan kembali.

Tetapi, sebaiknya, udang itu dimasak sewaktu ia masih segar. Karena menyimpannya dalam waktu yang cukup lama akan berpengaruh terhadap kandungan yang tersimpan di dalam udang.

4 dari 7 halaman

3. Kupas udang dengan benar

ika ingin mengupas udang pastikan mengupasnya dengan benar. Caranya peganglah udang dengan kepala ada di tangan kanan, kemudian pisahkan kepalanya tepat di antara batas kepala dan badan. Jika kepala sudah lepas, saatnya untuk membersihkan seluruh kulitnya. Ketika ingin menghidangkan udang untuk anak-anak, kamu bisa membuang ekornya agar tidak termakan dan menghindari tersedak. Namun, jika ingin udang tampak cantik saat dihidangkan, ekornya bisa dibiarkan saja.

Jika kamu tidak ingin udang menjadi bentuk koin saat dimasak, maka kamu harus menjaga kepala utuh. Memutuskan kepala udang membuat mereka menggulung selama memasak. Untuk membersihkan kepala udang, kamu harus melepaskannya sedikit dari tubuh dan mencuci dengan air mengalir. Untuk udang yang kecil, kamu hanya perlu menyiramnya dengan air panas sampai warnanya memerah dan udang siap dikuliti.

5 dari 7 halaman

4. Menghilangkan bau amis pada udang

Sebelum belajar cara memasaknya, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui cara membersihkan udang yang benar. Pasalnya, jika tidak dibersihkan benar, udang justru dapat beracun dan menimbulkan bau amis. Untuk menghilangkan bau amis pada udang perhatikan dengan seksama cara membersihkannya. Caranya, belah sedikit bagian punggung udang. Hilangkan kotoran yang berbentuk tali hitam pada pungung udang. Setelah itu cuci udang dengan air bersih yang mengalir.

Kamu juga bisa memberi sedikit jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada udang. Tapi ingat jangan terlalu banyak karena dapat merusak rasanya. Satu tips penting selanjutnya, jangan memberi garam pada udang, karena dapat merusak tekturnya.

6 dari 7 halaman

5. Cara memasak udang yang baik dan benar

Ketika ingin menggoreng atau menumis udang, pastikan minyaknya sudah panas. Jadi ketika memasaknya tidak memakan waktu lama, soalnya rasa manis dan gurih pada udang akan hilang kalau terlalu lama digoreng. Pastikan juga untuk mengorengnya dengan hanya beberapa tetes minyak saja dan jangan sampai terendam.

Sementara jika ingin memasak udang dengan cara direbus, pastikan airnya sudah mendidih betul. Tambahkan sedikit garam dan tutup panci. Jika sudah matang, langsung celupkan udang ke dalam air dingin supaya menghentikan proses memasaknya.

Menariknya lagi, proses memasak udang harus dilakukan dengan cepat. Cara memasak udang tak boleh lama-lama karena akan merusak rasa asli. Pun tekstur daging yang kenyal dan lembut akan hilang jika proses pemasakannya terlalu lama. Cara memasak udang yang benar cukup tiga menit saja sampai memerah.

7 dari 7 halaman

6. Membuat kaldu udang

Setelah membersihkan udang dari kulitnya apa yang kamu lakukan? Apakah langsung membuangnya? Jika iya, kamu perlu menghentikan kebiasaan tersebut nih. Pasalnya, kulit udang yang tidak kamu gunakan itu bisa dijadikan kaldu. Caranya, cuci kepala dan kulit udang sampai benar-benar bersih, lalu rebus dengan kayu arang yang telah dicuci bersih.

Guna kayu arang untuk menghilangkan racun udang. Masak hingga kepala udang berubah warna menjadi merah. Masak dengan menggunakan api kecil. Setelah matang, angkat kepala dan kulit udang dari kaldu. Kaldu udang siap untuk digunakan.

Viral, Bocah Bikin Tutorial Alis Pakai Sendok
Loading
Artikel Selanjutnya
Spekulasi di Balik Jatuhnya Harga Udang Rebon di Cilacap