Sukses

GenPI Yogya Buka Destinasi Digital Baru, Pasar Sunset Laguna Depok

Pasar Sunset Laguna Depok, embrio destinasi digital baru GenPI Yogya.

Liputan6.com, Bantul Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Yogya siap membuka destinasi digital baru. Setelah memiliki Pasar Kakilangit dan Banyunibo, kini ada Pasar Sunset Laguna Depok. Destinasi ini terletak di Laguna Depok, Kecamatan Kretek, Bantul.

Menurut Ketua GenPI Yogya, Nunung Elisabet, Pasar Sunset Laguna akan memberikan nuansa berbeda. Suasana romatis dengan pemandangan matahari terbenam yang menawan menjadi salah satu andalan destinasi digital ini.

"Yang pasti istimewa. Apalagi pasar ini nantinya buka pada sore hari, setiap Sabtu jam 15.00-18.00 WIB ketika sunset datang. Malam Mingguan di pasar ini romantis pastinya," ujarnya, Kamis (16/8/2018).

Di pasar tersebut juga akan ada berbagai spot Instagramable. Semua spot ini nantinya akan menambah romantisme Pasar Sunset Laguna.

Mau menikmati senja lebih dekat? Cukup bayar Rp 10.000, pengunjung akan diantar menuju muara Sungai Opak menggunakan perahu.

"Pengembangan-pengembangan masih kita lakukan, yang pasti kami ingin menampilkan nuansa berbeda di pasar ini. Sehingga destinasi digital di Yogya semakin komplit," ucap Nunung atau biasa disapa Elzha.

Soal kuliner juga telah disiapkan. Pasar ini akan menawarkan kuliner khas lokal yang dijajakan oleh warga setempat. Adapun beragam menu kuliner tersebut di antaranya Bubur Cemplung, Tahu Campur, Pecel Legendar, dan Wedang Laguna. Pengunjung bisa menikmatinya di gazebo atau amfiteater bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

“Rasa tidak perlu khawatir. Dijamin maknyus. Pengunjung harus menikmati bubur cemplung dan wedang laguna jika pergi kesana. Rasanya dijamin mantap, harganya juga enggak bakal bikin kantong bolong," kata Elzha.

Laguna Depok dipilih sebagai lokasi destinasi digital tersebut juga bukan tanpa sebab. Selain menawarkan pemandangan ciamik, lokasi ini juga menjadi langganan tempat penyelenggaraan Festival Perahu Naga, sehingga namanya telah cukup akrab di masyarakat Yogya.

Lokasi Pasar Sunset Laguna Depok juga berdekatan dengan beberapa destinasi wisata lainnya di Bantul. Ada Pantai Depok, Gumuk Pasir Pasangkusumo, dan Laguna Depok yang bisa dijadikan pilihan sebelum atau sesudah berkunjung ke pasar. Posisi yang strategis ini membuat pengunjung pasar bisa mendatangi beberapa tempat sekaligus dalam satu kali perjalanan.

"Penasaran kan? Silahkan pantau terus berbagai infonya melalui Instagram maupun Twitter pada akun @pasarlaguna. Akun-akun ini juga bisa dijadikan sebagai sarana berbagi pengalaman pengunjung yang telah menikmati Pasar Sunset Laguna Depok," ujar Elzha.

Respons positif juga diberikan Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya. Ia makin antusias, destinasi digital GenPI akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan.

Pesan Arief hanya satu, GenPI agar selalu inovatif dan fresh dalam menyelenggarakan kegiatan aktivasi komunitas.

"Saya sering menyebutnya 2C, yaitu creative value dan commercial value. Kreatif dalam mengangkat tema-tema pariwisata di media sosial dari desain, pemilihan kata, sampai pembuatan event. Dan selanjutnya event itu harus menciptakan nilai komersial yang bermanfaat bagi setiap anggota komunitas maupun masyarakat sekitar," ucapnya.

Arief juga mendorong agar kegiatan serupa dapat diaplikasikan ke komunitas GenPI di daerah lainnya, sehingga target 100 destinasi digital baru diseluruh Indonesia bisa secepatnya terwujud.

"Apa yang dilakukan GenPI Yogya harus bisa dicontoh oleh GenPI daerah lainnya. GenPI Yogya telah menyiapkan 8 destinasi digital. Terbanyak dari daerah mana pun. Jika seluruh daerah mempunya performa yang sama, saya yakin target 100 destinasi digital baru diseluruh Indonesia bisa secepatnya terwujud," ucapnya.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.