Sukses

Menurut Ahli, Ini Alasan Anda Belum Bisa Melupakan Mantan Kekasih

Melupakan mantan kekasih tidak sesederhana membalikkan telapak tangan. Ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Melupakan mantan kekasih bukanlah pekerjaan yang mudah. Membuang jauh-jauh bayangan orang yang sebelumnya mengisi hari-hari kita membutuhkan waktu dan juga usaha yang panjang. Belum lagi kalau mantan kekasih tersebut termasuk ke dalam kategori mantan terindah yang memberikan banyak kenangan.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda masih belum bisa melupakan mantan, seperti yang dilansir dari thisisinsider.com pada Rabu (15/8/2019).

1. Anda kesepian

Menurut Erika Ettin, seorang pemandu hubungan dan pendiri dari A Little Nudge, salah satu alasan utama mengapa Anda belum bisa melupakan masa lalu adalah karena merasa kesepian pada saat ini.

Putus cinta memang terkadang membuat seseorang kaget dengan situasi yang terjadi secara tiba-tiba. Anda akan menjadi lebih sering melamun dan memikirkan kenangan yang sudah-sudah. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan banyak kesibukan untuk mengalihkan perhatian dari sakitnya hati tersebut.

"Kembali ke hobi yang Anda lakukan sebelumnya, lakukan apapun yang dapat membuat Anda senang, serta berhubungan kembali dengan teman-teman yang sudah lama tidak berjumpa," paparnya penuh nasihat.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stalking bukan aktivitas yang tepat untuk move on

2. Masih melihat sosial medianya

Masih menyimpan akun sosial media mereka dan tetap melihat unggahannya, bukan merupakan ide yang baik menurut Ettin. Sebab, hal ini hanya akan menggagalkan program move on Anda dan tergoda untuk menghubunginya kembali.

"Blokir, unfriend, unfollow, dan batalkan segala jenis pertemanan di sosial media." ujarnya.

Anda tetap bisa berteman dan berkirim pesan dengan mereka di kemudian hari, tetapi tidak ketika belum move on.

3. Hanya mengingat kenangan yang baik

Sebaik apapun mantan, ia masih tetap seorang manusia yang tidak luput dari kesalahan. Namun, lazimnya ditemui pada orang-orang yang gagal move on adalah hanya melihat sisi baiknya saja dan mengabaikan fakta bahwa ia juga sering menyakiti Anda.

3 dari 3 halaman

Tidak mau belajar melupakan

Niels Eek, seorang psikolog mengatakan bahwa belajar melupakan adalah salah satu langkah paling penting untuk melepaskan diri dari masa lalu.

"Pikirkan bagaimana cara Anda dapat lepas dari situasi tersebut. Meski awalnya terasa sulit, tetapi dengan lebih banyak melatih diri dan memahami semuanya, maka Anda akan menemukan proses yang lebih mudah." paparnya.

5. Manusia adalah makhluk sosial

Niels Eek juga mengatakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu mengalami kesulitan untuk menjauhi seseorang meskipun orang tersebut berlaku buruk pada mereka.

"Hasil penelitian dari London School of Economics menemukan bahwa kunci kebahagiaan tidak akan ditemukan pada kekayaan, tetapi lebih kepada mental yang sehat dan hubungan pertemanan." jelasnya. Tanpa hubungan, kita akan merasa kesepian, dan hal tersebut dapat berkembang menjadi depresi dan kecemasan.

(Kiki Novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini