Sukses

5 Cara Agar Mudik Lebaran Bersama Anak Jadi Lebih Berkesan

Liputan6.com, Jakarta Mudik bersama anak-anak bagaikan membawa sekawanan bebek liar. Selain sulit diatur, emosi anak-anak juga cepat berubah dan sulit diprediksi. Jika sedang rewel, perjalanan mudik yang menyenangkan bisa berubah menjadi menyebalkan. Namun orangtua yang bijak tentu bisa mengatasinya dengan melakukan berbagai cara agar mudik bersama anak menjadi lebih berkesan.

Berikut 6 tips yang perlu Anda ketahui saat ingin mudik bersama anak-anak, seperti yang disusun tim Liputan6.com, Rabu (13/6/2018).

Perhatikan Iklim

Terdengar sederhana memang. Namun tahu lebih awal mengenai iklim dan cuaca selama di perjalanan dan di kampung halaman, akan membantu orangtua untuk memilihkan pakaian yang tepat dan nyaman bagi anak-anak. Dengan semua perlengkapan pakaian yang tersedia, tidak ada alasan bagi anak untuk berpakaian yang sama pada cuaca dan iklim normal.

 

1 dari 5 halaman

Booking di Awal

Membayar segala sesuatunya di awal akan membantu Anda agar tidak perlu repot saat sedang di perjalanan maupun saat sampai di kampung halaman. Jangan sampai anak-anak menjadi korban atas keteledoran Anda karena lupa dengan urusan pembelian tiket.

 

2 dari 5 halaman

Gunakan Kendaraan Umum

Jika sistem transportasi di daerah Anda memungkinkan untuk mudik menggunakan kendaraan umum, itu lebih baik. Mudik menggunakan kereta maupun bus membantu anak-anak dalam merangsang rasa ingin tahu mereka terhadap suatu hal baru. Namun orangtua perlu mempunyai pengetahuan yang lebih jauh agar dapat menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan anak-anak.

 

3 dari 5 halaman

Beri Mereka Kamera

Ini tidak berlebihan. Bagi anak-anak setelah balita, pemberian kamera saat mudik akan mendorong mereka mengamati lingkungan dari sudut pandang mereka sendiri. Anda akan terkejut dengan hasil jepretan mereka, sudut pandang anak-anak terhadap suatu kejadian akan memudahkan Anda untuk memetakan minat mereka saat dewasa.

 

4 dari 5 halaman

Dorong Mereka untuk Buat Jurnal Perjalanan

Biasakan untuk mengajak mereka menggambar atau menulis segala hal yang telah mereka lihat saat mudik, baik pemandangan alam, keindahan fauna, maupun makanan yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Ajaklah mereka untuk menulis apapun yang pernah mereka lihat, termasuk di buku diary untum menceritakan tentang kampung halaman.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Mudik Warganya, Ini Potret Lengangnya Jalanan Jakarta
Artikel Selanjutnya
Bikin Ngakak, Ini 8 Meme Mudik untuk Hilangkan Penat Perjalanan