Sukses

Siapkan Menu Sahur Cepat dan Mudah, Ini Triknya

Liputan6.com, Jakarta Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dilakukan sebulan penuh selama Ramadan, tubuh pun juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Salah satunya tidak melewatkan sahur.

Namun, jangan karena alasan menghemat waktu dan tenaga, Anda terbiasa menghangatkan kembali makanan matang yang sudah disimpan untuk sahur.

Cara ini memang mudah dan praktis, tapi ternyata tidak semua makanan aman untuk dihangatkan kembali. Menyiapkan menu sahur untuk puasa memang gampang-gampang susah, karena butuh tenaga yang lebih karena dibuat saat malam hari atau menjelang pagi hari.

2 dari 4 halaman

Siapkan Menu Sahur Cepat dan Mudah, Ini Triknya

Namun tidak perlu khawatir, karena kita bisa menyiapkan menu sahur dengan lebih cepat dan sehat. Berikut ini ada lima tips dari vemale.com, untuk menyajika menu sahur dan berbuka puasa yang mudah dan praktis.

1. Persiapkan Menu Selama Satu Minggu

Cara praktis supaya nggak bingung, pastikan kamu membuat menu selama satu minggu ke depan. Tentukan menu apa saja yang bakal kamu buat untuk esok harinya. Susun menu selama satu minggu dengan melihat resep dari berbagai sumber atau bertanya pada orang yang lebih pengalaman.

3 dari 4 halaman

Siapkan Menu Sahur Cepat dan Mudah, Ini Triknya

2. Belanja untuk Satu Minggu

Setelah menyusun menu untuk satu minggu, siapkan diri terutama bujet untuk belanja bahan untuk menu sahur selama satu minggu juga. Cara ini bukan hanya bisa mengatur keuangan berbelanja, tapi juga meminimalisir bahan sisa karena rusak, kadaluarsa atau tidak terpakai.

3. Buat Makanan Buka dengan Porsi Besar

Agar lebih praktis lagi, sebaiknya kita membuat menu buka puasa dengan porsi yang besar. Manfaatkan menu buka untuk menu sahur sekaligus, terutama dengan memasak makanan yang lebih tahan lama dan tetap sehat meski dipasankan kembali. Selain menghemat waktu, cara ini juga bisa lebih menghemat tenaga.

4 dari 4 halaman

Siapkan Menu Sahur Cepat dan Mudah, Ini Triknya

4. Pilih Menu Praktis

Pastikan kita memilih menu yang bisa dimasak dengan praktis dan mudah tapu tetap enak, sehat dan bikin kenyang. Misalnya, tumis, sup atau nasi goreng. Kita juga bisa menyiapkan masakan yang dapat disimpan dalam waktu yang lama misalnya abon, kering tempe dan rendang daging.

5. Siapkan Lauk Siap Saji

Ada banyak pilihan pas buat menu sahur kita, seperti tahu atau tempe bacem, perkedel kentang dan ayam ungkep. Kita juga bisa menyiapkan makanan saat waktu senggang lalu disimpan dalam lemari es. Cara ini lebih menghemat waktu dan tentu saja lebih praktis. Tapi ingat jangan terlalu lama disimpan di dalam kulkas.

Penulis: Henry

Sumber: Bintang.com

Artikel Selanjutnya
Koleksi Menawan Desainer IFC di Fimela Fuschia Market
Artikel Selanjutnya
Ini Tagar Favorit Pengguna Twitter di Awal Ramadan