Sukses

Gelar Program Badung Angelus Buana, Bupati Giri Prasta Gelontorkan Hibah dan BKK ke Klungkung hingga Rp 105, 3 Miliar

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan secara simbolis dana hibah dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dengan jumlah total bantuan sebesar Rp. 105.353.795.285 kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Liputan6.com, Klungkung - Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan secara simbolis dana hibah dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dengan jumlah total bantuan sebesar Rp. 105.353.795.285 kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung. Jumlah itu telah tercantum pada perubahan anggaran pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2023.

Bantuan  yang diberikan pada Rabu ( 18/10) bertempat di wantilan Desa Nyalian Banjarangkan Klungkung  diterima langsung oleh Bupati Klungkung Bupati Nyoman Suwirta.

Rinciannya, bantuan BKK sebesar Rp.72.910.147.285 diperuntukkan bagi 203 kegiatan. Yakni, untuk program pemberdayaan masyarakat dan percepatan pembangunan dalam rangka meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat di dalam membangun dan memelihara fasilitas umum atau pun infrastruktur prasarana dan sarana di lingkungannya masing-masing.

Sedangkan bantuan hibah dengan total bantuan sebesar Rp.32.443.648.000 diberikan kepada 92 penerima, dipergunakan untuk membantu pembangunan fisik di bidang agama dan adat budaya.

“Hibah dan BKK ini merupakan bentuk komitmen dari program “Badung Angelus Buana” yang bermakna “Badung Berbagi, dari Badung untuk Bali," kata  Giri Prasta.

 

Adapun dana diperoleh dari penyisihan Pajak Hotel dan Restoran (PHR) yang diberikan kepada masyarakat di berbagai wilayah provinsi Bali diharapkan menggerakkan perekonomian pada sektor informal, menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan kemampuan daya beli sekaligus meringankan beban masyarakat.  

“Saya berpesan kepada masyarakat penerima hibah dan BKK agar selalu bersatu padu melaksanakan semua program pembangunan di wilayah masing-masing,” ujarnya. “Kita semua semeton bali umat sedharma harus bersatu membangun jembatan emas untuk generasi masa depan,” tegasnya.

Di sisi lain Bupati Giri Prasta juga mengingatkan para penerima hibah agar betul-betul memanfaatkan dana yang diperoleh untuk kepentingan masyarakat bukan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu saja.

“Tim monitoring Pemkab Badung akan selalu melakukan pengawasan dan evaluasi kebawah, sesuai dengan tatanan regulasi agar jangan sampai maksud baik Pemkab Badung menjadi preseden buruk menimbulkan masalah hukum dalam pelaksanaannya di tingkat bawah,” tegasnya.

“Begitu juga hari ini kita mengajak ketua DPRD sebagai wujud pengawasan dewan terhadap pelaksanaan program yang sudah kita sepakati dilakukan,” jelasnya

 

Sementara itu Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menjelaskan bahwa penyerahan bantuan hibah dan BKK oleh Pemkab Badung kepada Pemkab Klungkung telah sesuai dengan regulasi yang berlaku sehingga tidak ada pelanggaran dan kesalahan yang terjadi.

Diharapkan niat baik kedua Pemerintah Kabupaten ini bisa berhasil dan mempunyai manfaat yang baik kepada masyarakat Kabupaten Klungkung.

“Atas nama seluruh masyarakat Kabupaten Klungkung saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Giri Prasta dan Pemerintah Kabupaten Badung atas semua dan bantuan support-nya. Kami berharap komunikasi dan kerjasama kedepan antara kabupetan / kota ini berjalan dengan baik sehingga Bali secara keseluruhan bisa optimal melakukan pembangunan dan selalu dalam keadaan damai,” harapnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.