Sukses

3 Resep Praktis Menu Serba Brokoli untuk Sahur, Salah Satunya Kreasi Chef Devina Hermawan

Resep praktis untuk sahur kali ini mengambil sayuran brokoli yang dikombinasikan dengan berbagai bahan seperti telur puyuh dan jamur kancing, salah satunya milik Chef Devina Hermawan dari resep teruji Cookpad.

Liputan6.com, Jakarta Resep praktis kali ini mengambil sayuran brokoli yang dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan seperti telur puyuh hingga jamur. Salah satunya resep dikreasikan oleh koki selebriti, Chef Devina Hermawan yang dibagikan melalui resep teruji di laman berbagi masakan Cookpad.

Brokoli merupakan jenis sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk memenuhi gizi selama berpuasa. Aneka menu serba brokoli berikut pun cocok jika disajikan untuk sahur. Pertama yaitu resep brokoli telur puyuh dari  @ria_wahyuriawanti yang dibagikan di Cookpad.

Bahan-Bahan:

20 telur puyuh

1 bungkul brokoli

1 buah wortel

1 bawang bombay

4 siung bawang putih

1/2 sdt garam

1 sdt gula

1/2 sdt lada

1 sdt kaldu jamur

200 ml air

1 sdm minyak wijen

1 sdm saus tiram

1 sdt seasoning

Langkah Pembuatan:

  1. Siapkan bahan. Rebus telur puyuh atau yang siap pakai. Dinginkan lalu kupas, bilas dengan air panas hingga bersih dan tiriskan serta sisihkan.
  2. Potong potong brokoli, wortel dan daun bawang. Cincang bawamg bombay lalu geprek bawang putih. Panaskan minyak lalu tumis duo bawang hingga layu dan harum.
  3. Tambahkan air, tunggu mendidih lalu masukkan wortel, tunggu sebentar lalu masukkan brokoli. Aduk rata. Setelah agak empuk masukkan telur. Aduk rata.
  4. Tambahkan saus tiram, minyak wijen dan seasong. Aduk rata. Terakhir tambahkan seledri dan bubuhkan garam gula dan lada.l. Koreksi rasa, lalu angkat dan sajikan. Brokoli telur puyuh siap untuk dihidangkan sebagai menu sahur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Brokoli Saus Tiram Tim Telur oleh Chef Devina Hermawan

Brokoli Saus Tiram Tim Telur oleh Chef Devina Hermawan

Bahan tim telur:

2 butir telur200 ml air1/4 sdt garam

Bahan tumisan:

2 bonggol brokoli

1 sdm garam

800 ml air

1/2 buah bawang bombai

5 siung bawang putih

2 sdm minyak

Bahan saus:

2 sdm kecap asin

2 sdm saus tiram

1 sdm gula pasir

1 sdt kaldu ayam bubuk

350 ml air

2-3 sdm maizena

Langkah Pembuatan:

  1. Campurkan air, telur, dan garam, kocok lepas lalu pindahkan ke dalam wadah tahan panas sambil disaring. Tutup dengan alumunium foil lalu kukus selama 20-30 menit di api sedang kecil. Potong besar-besar brokoli lalu kupas bagian luar batang brokoli, potong.
  2. Cuci bersih brokoli lalu rendam dengan air dan garam selama 5 menit kemudian bilas. Iris bawang bombai dan cincang bawang putih.
  3. Untuk saus, campurkan air, saus tiram, kecap asin, gula pasir, kaldu ayam dan maizena, aduk rata. Rebus brokoli hingga matang, tiriskan.
  4. Panaskan minyak, goreng bawang putih hingga sedikit kecokelatan, tiriskan.
  5. Di dalam wajan yang sama, tumis bawang bombai dan brokoli, aduk rata kemudian tuang saus, masak beberapa saat hingga mengental.
  6. Tuang tumisan di atas tim telur lalu taburkan bawang putih goreng di atasnya. Brokoli saus tiram tim telur siap disajikan.
3 dari 3 halaman

Cah Brokoli Jamur Kancing

Berikutnya adalah menu cah brokoli jamur kancing dari @retnoadiesty yang dibagikan melalui Cookpad.

Bahan-Bahan:

1 bonggol brokoli

150 gr jamur kancing

50 ml air

1/2 siung bawang bombay

2 siung bawang putih

1 sdm saus tiram

1 sdt minyak wijen

1/4 sdt garam

1/4 kaldu bubuk

1/2 sdt gula pasir

Langkah Pembuatan:

  1. Siapkan bahan-bahan. Untuk brokoli, potong-potong perkuntum, lalu bilas kemudian rendam brokoli dengan air garansi sekitar 10 menit, lalu bilas kembali lalu tiriskan. Untuk jamur kuping, kupas bagian luar jamur, lalu bilas.
  2. Kemudian potong-potong, Kira-kira 1 jamur dipotong menjadi 4 bagian. Lalu rebus jamur kuping sebentar saja, lalu tiriskan. Siapkan bawang putih, geprek lalu cincang halus, untuk bawang bombay dipotong-potong.
  3. Lalu tumis bawang putih dan bawang bombay dengan minyak goreng secukupnya hingga harum, lalu masukkan brokoli dan air, aduk rata, masak hingga brokoli matang, lalu masukkan jamur kancing, aduk rata.
  4. Beri saus tiram, garam, kaldu bubuk, gula pasir dan minyak wijen, aduk rata, lalu cicipi, jika sudah mendidih kembali, matikan api, cah brokoli jamur kancing siap disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.