Sukses

10 Tips Masak Pasta Selezat Buatan Restoran Berbintang

Liputan6.com, Jakarta Pasta kering sering dijadikan pilihan orang yang ingin menikmati lezatnya pasta tanpa harus ke restoran. Layaknya mi instant, pasta kering juga sangat mudah dibuat sendiri. Namun, yang terjadi adalah pasta kering tidak dimasak sempurna sehingga terkadang bertekstur keras atau lembek.

Sebaiknya, pasta di masak al dente, yakni tekstur pasta matang yang pas tak terlalu lembek ataupun keras. Agar masak pasta sempurna ala restoran berbintang, berikut tips dari chef profesional.

1. Porsi Pasta

Untuk membuat 1 porsi spaghetti, maka takarannya yakni 100 gram. Ada aturan dasar yang digunakan oleh banyak chef professional untuk memasak pasta adalah 100 gram pasta, 1 liter air dan 7 gram garam. Pastikan Anda memasak pasta dengan jenis dan ukuran yang sama sehingga waktu matangnya akan berbarengan.

2. Takar Air

Di panci untuk merebus, isi air 2/3 volume panci besar dan pastikan air tidak akan meluap saat mendidih. Jika Anda memasukkan air yang terlalu sedikit, maka pasta akan lengket. Pastikan juga jika seluruh air mendidih sebelum Anda memasukkan pasta kering. Agar lebih menghemat waktu, maka Anda bisa gunakan air panas lalu rebus kembali. Setidaknya, Anda memenuhi panci dengan air lebih tinggi 4cm dari permukaan pasta.

3. Garam

Merebus pasta adalah bagian dari memasak, sehingga perlu cita rasa, maka dari itu Anda bisa tambahkan garam pada air rebusan. Garam tak hanya menambah rasa tapi juga mampu menaikkan suhu air.

1 dari 3 halaman

10 Tips Memasak Pasta Selezat Buatan Restoran Berbintang

4. Jangan Tambah Minyak

Banyak orang berasumsi saat merebus pasta harus menambah minyak agar tidak saling lengket. Benarkah? Hal ini justru akan membuat saus pasta tidak menempel di permukaan pasta sehingga rasanya kurang menyerap.

5. Teknik Mengaduk

Agar hasil makanan khas Italia Anda sempurna, maka Anda juga harus mengetahui teknik mengaduk yang benar. Sebaiknya kecilkan api sebelum pasta dimasukkan. Jika pasta tersebut pendek seperti makaroni, maka bisa langsung diaduk perlahan agar tak lengket. Namun, jika pasta tersebut adalah spaghetti atau fetuccine, maka tunggu sekitar satu menit lalu aduk. Teknik pengadukannya pun perlu diperhatikan, aduk dengan gerakan membentuk angka delapan setiap 3-4 menit dan tak perlu menutup panci saat merebus.

6. Al Dente

Tekstur al dente ditandakan dengan matang diseluruh bagian pasta, namun tidak lembek atau keras saat di gigit, kenyal namun tak “melawan” saat digigit dibagian tengahnya. Anda bisa tes dengan coba gigit pasta jika sekiranya Anda merasa sudah cukup matang. Tak hanya memberikan sensasi makan yang nikmat, al dente juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingakan pasta yang dimasak terlalu lembek.

2 dari 3 halaman

10 Tips Memasak Pasta Selezat Buatan Restoran Berbintang

7. Mematangkan Pasta

Mematangkan pasta bukan dengan cara direbus lama, namun dengan meniriskannya, lalu matikan api dan tutup panci berisi pasta selama 10-15 menit. Trik ini banyak dilakukan agar proses pematangan yang al dente dilakukan setelah perebusan.

8. Jangan Dibilas

Memasak pasta tak seperti memasak mi yang harus dibilas setelah ditiriskan. Cukup ditiriskan dengan saringan dan jangan bilas karena akan membuang pati pasta tersebut. Pati tersebut bermanfaat agar saus pasta menyerap dengan sempurna.

9. Tambahkan Saus

Setelah disaring, campur pasta ke saus dan aduk. Tuang sedikit minyak zaitun agar pasta tak saling menempel.

10. Jangan Buang Semua Air Rebusan

Saat menyaring pasta, maka sebaiknya jangan buang semua air rebusan. Air rebusan tersebut mengandung pati yang mampu membantu mengencerkan saus agar menempel sempurna di helai pasta. Jadi, jika saus tersebut agak kental, maka cairkan dengan air rebusan pasta.

Pasta yang lezat karena proses memasak yang tepat, seperti di restoran yang promo di Lakupon ini. Ada banyak restoran dengan menu pasta lezat dan juga hemat. Lihat promo diskonnya DISINI.

 

 

Artikel Selanjutnya
Menu Sahur Sehat Banana Nut Oatmeal
Artikel Selanjutnya
Sajian Spesial dari Bulgogi Hingga Ikan Panggang dengan Saus Lemon Mentega Khusus di Bulan Ramadan