Sukses

6 Manfaat Hebat Ajak Anak Liburan ke Kebun Binatang

Liputan6.com, Jakarta Kebun binatang bisa menjadi tempat seru untuk liburan yang edukatif. Saat liburan atau akhir pekan, orangtua bisa mengajak anak untuk bermain di kebun binatang.

Tak hanya melihat fauna yang beragam, tapi ternyata ada manfaat hebat di balik anak berkunjung ke kebun binatang. Apa saja?

1. Mengenal Kehidupan Alam Liar Secara Langsung

Dengan bermain di kebun binatang, maka si kecil bisa bermain dan mengenal kehidupan satwa liar. Ia bisa menemukan berbagai hewan liar yang pastinya jarang atau tidak pernah dilihat sebelumnya. Keberagaman ini tentu membuat si kecil lebih dekat dengan hewan liar, seperti jerapah, harimau, gajah, dan masih banyak lagi.

2. Bermain sambil Belajar

Berlibur ke kebun binatang membuat si kecil makin pintar, karena ia bisa tahu tentang binatang itu sendiri. Orangtua bisa sambil menjelaskan tentang habitat hewan tersebut hingga makanannya. Dengan informasi dan apa yang anak lihat, hal itu bisa menjadi pembelajaran si kecil secara langsung.

3. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Sambil berjalan-jalan di kebun binatang, orangtua bisa membantunya dengan menyebutkan nama-nama binatang yang ia lihat. Anak bisa dengan mudah menghafal berbagai kosa kata dan nama-nama binatang dengan langsung melihat wujudnya. Apalagi jika anak sudah bisa membaca, maka ia bisa melihat informasi yang menjelaskan tentang hewan tersebut. Dari sinilah, tercipta komunikasi antara anak dan orang tua.

 

 

1 dari 2 halaman

Manfaat Ajak Anak ke Kebun Binatang

4. Membantu Anak Bereksplorasi

Manfaat lainnya saat mengajak anak ke kebun binatang adalah si kecil bisa menjelajahi lingkungan dan menemukan hal baru. Hal ini bisa membantu perkembangan motorik dan akademik anak. Saat berjalan-jalan, anak-anak biasanya memiliki banyak pertanyaan tentang hewan tersebut. Dari situlah, orang tua bisa membantu mengembangkan diri mereka.

5. Mampu Kendalikan Rasa Takut

Dengan melihat ukuran dan bentuk hewan yang beraneka ragam di kebun binatang, maka anak akan belajar untuk mengendalikan rasa takut. Orangtua bisa membantu si anak untuk kendalikan rasa takut seperti saat memberi makan hewan atau berfoto berdampingan. Orangtua bisa memberi contoh dengan cara memberi makan hewan tersebut sehingga ia yakin untuk melakukan hal yang sama.

6. Belajar Mematuhi Aturan

Dengan berkunjung ke kebun binatang, maka anak-anak mau tak mau harus mematuhi peraturan di tempat tersebut. Misalnya tidak membuang sampah sembarangan, tidak boleh menyentuh hewan dan tidak boleh memberi makanan sembarangan ke hewan. 

Anda bisa ajak si kecil liburan ke kebun binatang seperti di Bali Zoo Park. Kebun binatang di Bali ini memiliki suasana yang menyerupai habitat asli satwa liar namun dengan pemandangan yang khas Bali. Harga tiket bali zoo park juga ada promo di Lakupon mulai dari Rp 70ribu DI SINI.

 

Artikel Selanjutnya
6 Destinasi Liburan Paling Hemat yang Wajib Dicoba
Artikel Selanjutnya
Sambut Pagi Sambil Memetik Teh di Andung Biru Probolinggo