Sukses

6 Kesalahan yang Bisa Memperlambat Metabolisme Anda Sendiri

Ternyata, beberapa hal di bawah inilah yang seringkali memperlambat metabolisme Anda, penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Metabolisme adalah hal yang sangat penting untuk dijaga, agar produktivitas Anda sepanjang hari tidak menurun. Metabolisme bisa dibangun dari saat Anda bangun tidur hingga akan tidur lagi di malam hari.

Kenyataannya, banyak hal sepanjang hari yang justru menyebabkan metabolisme Anda menurun. Dilansir dari oprah.com, Minggu (8/10/2017), berikut ini adalah beberapa kesalahan yang membuat metabolisme Anda melambat. Penasaran apa saja?

1. Minum kopi tanpa kafein

Kafein adalah cara sederhana untuk meningkatkan pembakaran metabolik. Kafein merangsang sistem saraf pusat yang bisa meningkatkan metabolisme sekitar 15% hingga 3 jam.

2. Sarapan dengan oatmeal atau bagel

Untuk meningkatkan metabolisme di pagi hari sebaiknya sarapan dengan protein dan karbohidrat untuk membentuk massa otot.

3. Anda mengandalkan aplikasi saat latihan kebugaran

Saat istirahat, tubuh membutuhkan energi yang lebih banyak. Penelitian terbaru dari Iowa State University melaporkan bahwa aplikasi tidak begitu akurat untuk mengukur latihan kebugaran Anda. Sebagai gantinya, dengarkan tubuh Anda sendiri untuk tetap menjaga metabolisme.

 Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal-hal yang memperlambat metabolisme Anda

4. Tidak merasa setelah berolahraga, maka Anda tidak makan

Olahraga tentu menguras tenaga dan energi, makanlah campuran beberapa nutrisi yang tepat satu jam setelah selesai olahraga. Ini akan meningkatkan massa otot, tanpa lemak.

5. Anda bangun di waktu yang sama setiap hari, namun kesiangan saat akhir pekan

Satu malam saja Anda kehilangan waktu tidur, ini akan merusak seluruh ritme gen sirkadian yang membantu metabolisme Anda bergerak lebih cepat.

6. Tidak cukup minum air putih

Metabolisme adalah proses di dalam tubuh yang menggunakan pencernaan energi, konstraksi otot, dan penghapusan racun. Tentu saja, hidrasi memainkan peran besar dan penting di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.