Sukses

Tidak Mahal, 7 Cara Cerdas Membersihkan Pori-Pori Wajah

Bingung bagaimana caranya membersihkan pori-pori wajah? Simak di sini beberapa cara cerdasnya.

Liputan6.com, Jakarta Pori-pori wajah menjadi salah satu bagian wajah yang sangat rawan dan butuh dirawat, serta dilindungi, sejak Anda mengenal makeup dan tidak bisa terlepas dari polusi, serta keringat. Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, pori-pori wajah cenderung bekerja lebih keras.

Dilansir dari byrdie.com, Jumat (21/7/2017), kulit berminyak lebih rentan mengalami penyumbatan pada pori-pori, menimbulkan whitehead, komedo, dan papula. Berikut ini adalah beberapa cara cerdas untuk membersihkan pori-pori wajah Anda, agar bebas dari bakteri dan kotoran apapun. Penasaran?

1. Buat sabun muka Anda sendiriZat alami dari peterseli secara efektif dapat mengeluarkan racun dan kotoran yang menjadi penyebab kulit tersumbat. Gunakan peterseli yang baru dicuci, kemudian simpan di dalam semangkuk air mendidih.

Biarkan di sana hingga airnya mendingin. Setelah itu, celupkan kain lap ke dalam air tersebut dan letakkan di wajah Anda selama 10-15 menit lamanya. Lakukan ritual ini setiap hari.

2. Lulur baking sodaBaking soda adalah salah satu produk rumah tangga yang paling umum. Selain itu, baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori wajah Anda.

Campurkan dua sendok teh baking soda dengan satu sendok teh air untuk membuatnya menjadi pasta. Setelah selesai, gunakan gerakan melingkar untuk mengaplikasikan pasta baking soda tersebut ke wajah Anda.

Biarkan mengering di kulit sekitar lima menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah Anda.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lemon

Ilustrasi Buah Lemon (iStockphoto)

Untuk membuat pori-pori wajah bersih, buah lemon juga bisa menjadi solusi bagi Anda. Asam sitrat pada lemon bekerja untuk mengelupas kulit, membersihkan kotoran dan minyak yang ada di pori-pori wajah.

Anda hanya perlu memotong buah lemon menjadi dua bagian dan gosokkan secara lembut di area pori-pori wajah. Biarkan selama lima menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

4. Pore stripYa, beberapa pore strip dapat mengatasi masalah pori-pori wajah dengan lebih cepat dan praktis.

5. Eksfoliasi gandaEksfoliasi merupakan salah satu cara paling sederhana untuk membersihkan pori-pori pada wajah. Tidak hanya menggunakan produk sabun tertentu, Anda juga bisa melakukannya dengan alat yang dapat membantu mengangkat kotoran lebih dalam dari pori-pori wajah.

6. Masker arang aktifArang aktif bisa dibilang ahlinya dalam perawatan kulit. Arang aktif terbukti dapat menyerap dan menarik racun hingga 200 kali pada pori-pori wajah Anda.

7. EkstraksiJika Anda bermasalah dengan pori-pori wajah yang sangat tersumbat, proses ekstraksi bisa menjadi pilihan. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.