Sukses

Waisak Jadi Momen Tepat Tuk Lihat Pelepasan Lampion di Borobudur

Candi Borobudur dengan latar belakang langit malam yang gelap dihiasi oleh ribuan titik-titik cahaya oranye dari lampion.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun, perayaan Waisak di Candi Borobudur, Magelang, menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk berkunjung. Tidak hanya umat Buddha yang datang ke sini untuk beribadah, namun banyak juga wisatawan datang untuk melihat prosesi pelepasan lampion.

Ribuan lampion yang diterbangkan saat perayaan berlangsung, menciptakan pemandangan yang sangat indah. Candi Borobudur dengan latar belakang langit malam yang gelap dihiasi oleh ribuan titik-titik cahaya oranye dari lampion.

Ribuan Lampion Saat Diterbangkan

Proses pelepasan lampion ini sendiri memiliki makna penting bagi umat Buddha. Di dalam setiap lampion yang dilepaskan, berisi harapan dan doa bagi dirinya sendiri, orang yang dicintai, maupun negara.

Candi Borobudur

Anda bisa sekadar menikmati keindahan pemandangan ini dengan memotretnya atau ikut menerbangkan lampion. Tahun lalu, harga satu buah lampion beserta tiket masuk adalah Rp 100.000. Itu adalah harga resmi jika Anda membeli dari panitia (Walubi) di Candi Mendut.

Waisak tahun ini jatuh pada tanggal 11 Mei 2017. Prosesi pelepasan lampion akan dilakukan pada tanggal 10 Mei malam hari, biasanya mulai pukul 22.00 WIB. Jadi disarankan Anda berlibur selama 5 hari (10 – 14 Mei 2017) dengan mengambil cuti 2 hari di tanggal 10 dan 12 Mei.

Setelah dari Candi Borobudur, Anda bisa mengunjungi Bukit Punthuk Setumbu. Tempat ini merupakan salah satu spot yang paling hits untuk menyaksikan matahari terbit. Anda dapat melihat magisnya pemandangan Borobudur yang dibalut kabut dengan latar belakang Gunung Merapi Merbabu.

Setelah dari Magelang, Anda bisa menjelajah kota terdekat seperti Yogyakarta maupun Semarang. Dua kota ini memiliki berjuta destinasi wisata alam, kuliner maupun budaya yang tak ada habisnya untuk dieksplor.

Di Yogyakarta contohnya, ada Candi Ratu Boko yang terkenal dengan keindahannya terutama saat sunset. Lalu ada wisata baru Jurang Tembelan yang hits sebagai spot selfie ekstrem.

Kemudian juga ada Embung Batara Sriten, tempat pemandian para dewa di Gunung Kidul. Selain itu, ada juga tempat-tempat wisata yang populer seperti Candi Prambanan dan Goa Pindul.

Yuk, buruan cari tiket pesawat murah ke Yogyakarta supaya bisa melihat keindahan prosesi perayaan Waisak di Candi Borobudur tahun ini. Anda bisa mengecek harga dan memesan tiket pesawat lewat Reservasi.com. Mau pesan hotel juga bisa. Manfaatkan diskon tiket pesawat dan hotel hingga Rp 1.000.000 tanpa minimum transaksi.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini