Sukses

Ternyata, Di Waktu Inilah Anda Biasanya Makan Berlebihan

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa ada hari-hari tertentu di mana tidak bisa memuaskan hasrat untuk makan berlebihan, tidak peduli berapa banyak makanan yang telah Anda santap hari itu? Jika iya, Anda tidak sendirian.

Dilansir dari mydomaine.com, Selasa (4/4/2017), penyebab paling umum dari nafsu makan berlebihan adalah kurangnya waktu tidur. Kurangnya waktu tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur rasa lapar Anda.

Seseorang lebih mungkin makan berlebihan ketika tubuhnya merasa lelah, entah karena kurangnya waktu tidur, atau ia mengalami tidur malam yang kurang berkualitas. Dalam kondisi seperti ini, tubuh akan menghasilkan grehlin yang lebih tinggi, atau biasa dijuluki hormon rasa lapar.

Jika grehlin meningkat, otomatis leptin, atau hormon yang memberi sinyal kepada tubuh untuk merasa cukup atau puas akan turun. Inilah yang terkadang membuat Anda merasa lapar, walaupun sebenarnya tidak benar-benar membutuhkan makanan.

Menariknya, di saat-saat seperti inilah tubuh akan mencari sumber energi yang paling cepat dan mudah untuk didapatkan, yaitu karbohidrat dan gula. Jadi, lain waktu Anda menemukan diri sendiri makan berlebihan, lihat kembali jadwal tidur.

Tidur malam hari yang tidak nyenyak juga bisa berdampak pada sisa hari Anda. Cobalah mengonsumsi makanan yang dapat membantu Anda tetap merasa kenyang, seperti protein dalam ikan, alpukat, atau kacang-kacangan, saat merasa harus makan berlebihan.