Sukses

7 Manfaat Baik dari Permen Karet

Apakah Anda penggemar berat permen karet? Ini Manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Permen karet ternyata tidak hanya menyenangkan untuk dikunyah karena strukturnya yang kenyal, tapi mengunyah permen ini juga memberi manfaat kesehatan yang lebih dari sekedar menyegarkan mulut. Berikut beberapa manfaat jitu permen karet yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (11/10/2016).

Membuat gigi dan gusi lebih sehat

Menurut Asosiasi Dokter Gigi Amerika, mengunyah permen karet efektif melawan plak dan memperkuat enamel gigi. Permen karet mengaktifkan produksi air liur yang bisa membersihkan gula, asam dan partikel makanan lainnya yang tertinggal di mulut. Dengan sering mengunyah permen karet, gigi Anda akan lebih sehat dan mengurangi resiko lubang di gigi.

Melawan gangguan pencernaan

Anda rawan terkena gangguan asam lambung? Dokter mengatakan mengunyah permen karet sehabis makan akan membantu proses pencernaan. Gerakan mengunyah permen karet membantu Anda untuk menelan yang kemudian membersihkan asam dari tenggorokan dan perut. Tapi sebaiknya kunyalah permen karet rasa cengkeh, karena terkadang permen rasa mint justru membuat asam lambung memburuk.

Mengendalikan nafsu makan

Menurut penelitian yang dilakukan Wringley, nafsu makan bisa dikendalikan dengan mengunyah permen karet. Puaskan keinginanmu untuk mengunyah makanan manis dengan mengunyah permen karet rasa stroberi ketimbang mengunyah sepotong kue stroberi dengan kalori yang puluhan kali lipat lebih besar. Terkadang otak kamu hanya ingin merasakan sedikit saja untuk terpuaskan.

Membakar kalori

Manfaat lainnya adalah untuk penurunan berat badan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Mayo Clinic, mengunyah permen karet bisa membakar 1.000 kalori per jam. Kalori ini mungkin tidak seberapa dibandingkan jika berolahraga, tapi tetap saja ini jauh lebih baik ketimbang hanya duduk diam tanpa melakukan apa-apa.

Meningkatkan kewaspadaan

Mengantuk di kampus atau di kantor? Kunyalah permen karet rasa mint untuk membuat Anda tetap segar. Hal ini juga dapat membuat mood Anda lebih baik. Menurut dokter, gerakan rahang mengunyah permen karet menstimulasi syaraf dan memperlancar aliran darah. Ditambah aroma mint yang efektif secara instan membantu meningkatkan mood.

Melawan kecemasan

Mengunyah permen karet ketimbang menggigit kuku ketika stres menurut penelitian di Australia, dapat membantu mengurangi kortisol, atau hormon penyebab stress. Tutuplah mata Anda dan fokuslah mengunyah selama semenit sebagai meditasi stres.

Membuat payudara lebih besar

Pada awal tahun 2000, sebuah perusahan di jepang memperkenalkan permen karet yang bisa membesarkan dada. Permen karet ini mengandung pueraria mirifica, yakni sejenis tanaman yang sering digunakan untuk bahan suplemen hormon wanita yang salah satu manfaatnya bisa membesarkan payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.