Sukses

5 Perubahan Tubuh yang Dirasakan Setelah Traveling

Ternyata, traveling juga membuat perubahan pada tubuh Anda, apa saja? Simak ulasannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang membutuhkan waktu liburan, termasuk juga Anda. Namun, masalah yang juga dihadapi semua orang saat ini adalah tidak adanya waktu dan biaya untuk berpergian. Anda mungkin adalah salah satu orang yang akan terus mencari alasan untuk tidak berangkat liburan, walaupun sebenarnya Anda sangat membutuhkan.

Dilansir dari huffingtonpost.com, Rabu (3/8/2016), justru seorang karyawan yang sebenarnya membutuhkan waktu untuk liburan. Namun sebelum melakukannya, mungkin Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Secara fisiologis, liburan adalah hadiah untuk tubuh Anda
Liburan dapat membuat lonjakan kebahagiaan bagi semua aspek dalam hidup Anda. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2002 menemukan bahwa tindakan sederhana seperti merencanakan liburan itu sendiri telah berhasil membuat seseorang bahagia, daripada liburan itu sendiri.
Selain itu, ini juga berdampak pada kesehatan jantung Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering melakukan liburan, cenderung tidak memiliki penyakit jantung atau terkena serangan jantung, karena liburan dapat meningkatkan tekanan darah dan sistem kekebalan tubuh.

2. Ini memberikan aliran hormon dalam otak Anda
Sama halnya dengan jatuh cinta. Hal yang awalnya terlihat biasa saja, bisa menjadi luar biasa ketika Anda sedang jatuh cinta. Ini juga terjadi ketika Anda berlibur ke tempat baru.
Ketika Anda mengekspos otak untuk lingkungan baru ia otomatis akan bereaksi.

3. Akhirnya, Anda bisa menghasilkan ide baru dan mencapai tujuan dengan mudah
Perubahan otak di atas dapat membuat Anda memecahkan masalah sehari-hari dengan lebih mudah dan menghasilkan kreativitas di masa mendatang.
Dalam sebuah studi tahun 2009, orang-orang yang belajar di luar negeri, 20% lebih mungkin berhasil memecahkan masalah komputer. Analisis lainnya adalah seorang desainer yang tinggal di luar negeri akan menghasilkan karya yang lebih kreatif secara konsisten, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

4. Liburan adalah kemenangan emosional
Selain menjelajahi tempat baru, liburan juga dapat menghubungkan Anda dengan teman atau keluarga yang lama tidak bertemu. Menurut sebuah studi di tahun 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Psychology menyatakan bahwa beberapa tingkat tertinggi kebahagiaan berhubungan dengan menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang terkasih.

5. Meningkatkan kualitas tidur Anda
Jadwal liburan yang rutin dapat membuat Anda memiliki kualitas dan waktu tidur yang lebih baik dari sebelumnya.
Cobalah gunakan waktu liburan ini untuk menerapkan beberapa peraturan baru sebelum tidur, seperti mematikan semua alat elektronik 30 menit sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini