Sukses

Trip Keren: Menguak Rahasia Jakarta di Museum Fatahillah

Mengunjungi Museum Fatahillah merupakan salah satu cara asyik mempelajari sejarah Jakarta yang panjang.

Liputan6.com, Jakarta Selain mengasyikkan, mempelajari sejarah juga mampu menambah pengetahuan. Ada banyak cara dalam mempelajari sejarah, salah satunya dengan berwisata ke Musem Fatahillah yang ada di kawasan Kota Tua Jakarta.

Sudah ada sejak 1620, Gedung Museum Fatahillah awalnya merupakan Balai Kota yang diresmikan berdiri oleh Gubernur Jenderal Abraham Van Riebeeck pada tahun 1710. Sempat beberapa kali mengalami alih fungsi, pada 1968 gedung bergaya art deco ini kemudian diserahkan kepada Pemerintah Daerah DKI Jakarta, dan difungsikan sebagai museum pada 30 Maret 1974 oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin.

Saat memasuki museum, Anda akan dibawa kembali ke masa lampau Jakarta dengan melihat berbagai benda peninggalan sejarah. Mulai dari lukisan, gerabah, keramik, meriam si jagur, hingga patung Dewa Hermes. Puluhan ribu koleksi benda asli maupun replika ini dikelompokkan dengan baik, sehingga pengunjung bisa memahami sejarah Jakarta dengan runut dan menyenangkan. 

(Dearni Grasia)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.