Sukses

Simak Ini, 12 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Saat Naik Pesawat

Liputan6.com, Jakarta Setiap transportasi umum memiliki etiket tertentu yang harus diikuti untuk kenyamanan bersama. Terlebih lagi transportasi udara seperti pesawat dengan harga tiket yang tidak murah dan jam perjalanan yang cenderung lama.

Para penumpang pesawat seringkali melakukan hal-hal yang dapat mengganggu ketertiban umum, bahkan juga mengganggu kinerja para awak pesawat. Dilansir oleh Huffingtonpost.com, sebagai orang dewasa, sebaiknya perhatikan 12 hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat sedang dalam perjalanan dengan pesawat. Dilansir dariĀ 

1. Mengangkat kaki di tempat yang tidak seharusnya
Istirahatkan kaki Anda pada tempat yang sudah disediakan, yaitu di depan Anda atau pada senderan kaki di bawah kursi. Jangan meletakkan kaki di kursi depan Anda, apalagi dengan melepaskan sepatu.

2. Ke toilet tanpa alas kaki
Terkadang, jadwal perjalanan sebuah pesawat yang padat membuatnya tak sempat dibersihkan. Lantai toilet di pesawat pun tidak selalu kering, untuk itu pastikan Anda memakai alas kaki saat ke toilet.

3. Berdiri di dapur pesawat
Dapur pesawat adalah 'kantor' para awak pesawat, dan aturan umum adalah Anda tidak boleh masuk ke kantor seseorang tanpa izin, terlebih lagi jika tidak ada keperluan. Awak pesawat membutuhkan ruang untuk bekerja, dan dapur pesawat sudah cukup kecil dan tidak perlu lagi dipenuhi dengan orang-orang yang tidak berkepentingan.

4. Langsung menuju toilet saat masuk ke pesawat
Penumpang umumnya memiliki waktu menunggu sebelum boarding, dan memiliki waktu untuk buang air. Manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang perlu agar tidak mengganggu orang lain saat di pesawat.

5. Menekan tombol panggil pramugari
Tombol panggil pramugari digunakan untuk saat-saat darurat medis. Anda bahkan dianjurkan untuk untuk menekan tombol tersebut sampai mendapat perhatian dari awak pesawat. Jangan memencet tombol tersebut untuk hal-hal sepele, misalnya meminta minuman atau makanan.

6. Tepuk tangan saat mendarat
Jika Anda ingin menunjukkan rasa syukur dan rasa terimakasih karena telah mendarat dengan selamat, lebih baik dilakukan dengan mengucapkannya langsung pada awak pesawat saat Anda turun dari pesawat.

7. Mengkonsumsi makanan dengan bau menyengat
Membawa makanan sendiri ke dalam pesawat sah-sah saja, namun pastikan makanan tersebut tidak memiliki bau yang akan mengganggu seluruh isi pesawat.

8. Memakai cat kuku atau pembersih kuku
Cat kuku dan pembersih kuku memiliki bau yang menyengat dan mengandung racun. Aroma dari cat atau pembersih kuku dan akan mengganggu sistem daur ulang udara di pesawat yang tidak mampu memfilter racun dari udara.

9. Melakukan perawatan kecantikan
Mengaplikasikan toner pada wajah boleh saja, namun menggunting kuku akan mengotori pesawat dan mengganggu ketenangan penumpang lain.

10. Mengkonsumsi minuman alkohol milik pribadi
Terdapat aturan penerbangan yang melarang konsumsi alkohol dari luar pesawat. Alasannya adalah, awak pesawat perlu memonitor seberapa banyak alkohol yang dikonsumsi oleh para penumpang.

11. Menarik laci asbak saat membuka pintu toilet
Bukalah pintu toilet dengan cara yang tepat agar tidak mengganggu awak pesawat maupun penumpang yang lain.

12. Memenuhi laci penyimpanan koper dengan milik pribadi
Secara umum setiap penumpang diperbolehkan membawa 2 bawaan, berupa 1 tas kecil yang dapat diletakkan di bawah kursi dan 1 koper yang dapat masuk ke tempat penyimpanan koper. Hormati penumpang lain dan jangan menyimpan barang dengan jumlah melebihi yang seharusnya.