Sukses

Menyesal Jadi Transgender, 8 Wanita Ini Kembali Jadi Pria

Liputan6.com, Jakarta Isu transgender memang sedang jadi pembahasan seru. Apalagi sejak kisah kontroversial perubahan kelamin Bruce Jenner, yang adalah seorang bekas atlet dan bintang acara realitas, menjadi seorang wanita bernama Caitlyn Jenner. Dunia seakan semakin terbuka dan menerima konsep perubahan kelamin manusia.

Baru-baru ini ada sebuah grup musik perempuan asal Korea dengan seorang anggota transgender. Di depan layar, orang-orang yang telah mengubah kelaminnya terlihat bahagia akan keputusan mereka. Tak diduga, dunia mencatat deretan nama transgender yang ternyata menyesali keputusan mereka dan kembali ke jenis kelamin sebelumnya. Dikutip dari situs Oddee, inilah 8 orang tersebut.

1. Mark Marzo

Mengaku sebagai penyuka sesama jenis sejak lahir, Mark Marzo sempat menjalani kehidupan sebagai seorang wanita bernama Maria Corazon. Ia bahkan sempat menikah dengan seorang pria. Tiba-tiba sang ayah memiliki permintaan sebelum dipanggil Tuhan, yaitu seorang cucu laki-laki. Demi permintaan ayahnya, Mark kembali ke kelamin asalnya. Mark dengan bantuan seorang koleganya, Sheryl Ocampo, berhasil melahirkan seorang anak dengan proses fertilisasi. Mark berhasil memenuhi permintaan ayahnya saat Sheryl melahirkan seorang bayi laki-laki bernama Andrei.

2. Matthey Attonley

Matthey Attonley menjalani prosedur senilai 15 ribu dolar Amerika pada tahun 2007 untuk berubah menjadi Chelsea. Menyadari bahwa hidup sebagai wanita ternyata melelahkan, Chelsea menuntut United Kingdom's National Health Service untuk membiayai prosedur untuk kembali menjadi pria senilai 22 ribu dolar Amerika. Chelsea berkata bahwa tak ada operasi yang bisa membuatnya menjadi wanita utuh, dan ia merasa hidup dalam kebohongan. Ia ingin kembali menjalani prosedur untuk menyingkirkan implan payudara dan rekonstruksi alat kelamin seperti semula.

3. Brad Cooper

Lahir sebagai seorang pria tulen, Brad menjadi transgender termuda di Inggris. Brad berubah menjadi Ria saat usianya masih 17 tahun. Sayangnya Ria hanya bertahan selama 1 tahun karena tidak sanggup menghadapi perubahan psikologis. Ria kemudian membatalkan sisa prosedur untuk menyelesaikan perubahannya menjadi wanita. Ia mengakui bahwa pertumbuhan payudaranya membuatnya tak bahagia. Ria bahkan sempat melakukan 2 kali percobaan bunuh diri.

4. Don Ennis

Seorang editor berita di stasiun televisi Amerika, Don Ennis, bapak 3 anak, memutuskan untuk berubah menjadi seorang wanita. Don mengaku bahwa ia sedang mengalami ketidakseimbangan hormon dan merasa akan lebih nyaman menjadi wanita. Akhirnya Don berubah menjadi wanita bernama Dawn. Ia dan istrinya pun bercerai setelah menikah selama 17 tahun. Tiga bulan kemudian, Dawn menghilang dan sosok Don sebagai pria kembali lagi. Don mengatakan bahwa ia mengalami amnesia dan menuduh mantan istrinya mendandaninya sebagai seorang wanita. Don dipecat tak lama setelah kejadian ini.

5. Walt Heyer

Saat usianya 42 tahun, Walt Heyer adalah seorang pria menikah yang bahagia dengan 2 anak. Tanpa peringatan, Walt memutuskan untuk berganti kelamin. Ia bertahan hidup sebagai wanita selama 8 tahun. Walt yang kini sudah berusia 75 tahun mengakui bahwa perubahan jenis kelamin adalah kesalahan terbesar dalam hidupnya. Walt mengira selama ini ia ingin menjadi wanita karena adanya kelainan genetis. Ia menyadari bahwa keputusannya dilatarbelakangi oleh trauma akibat lingkungan dan hubungan keluarga yang tidak sehat. Walt kembali menjadi pria setelah 8 tahun dengan menghabiskan 20 ribu poundsterling atau sekitar 380 juta rupiah. Walt kemudian membuat situs bernama 'Sex Change Regret' dan menjadi konselor bagi orang-orang yang ingin melakukan perubahan kelamin.

6. Charles Kane

Pengusaha sukses di bidang properti, Charles Kane, adalah sosok pria idaman wanita. Bisnis bernilai milyaran, gelar di bidang hukum, deretan mobil mewah bahkan yacht, dan pakaian rancangan desainer mahal. Charles tidak bahagia karena meskipun ia memiliki begitu banyak harta, ia tak pernah berhasil menjalin hubungan dengan wanita. Ternyata Charles punya rahasia. Ia pernah melakukan operasi kelamin pada tahun 1997. Setelah 7 tahun dan mengetahui bagaimana rasanya hidup sebagai seorang pria dan wanita, Charles mengakui bahwa ia lebih bahagia saat menjadi seorang pria. Alat kelaminnya yang sempat dihilangkan pun direkonstruksi kembali dengan lapisan kulit dari perutnya. Kini Charles hidup dengan gangguan mental dan mempertanyakan seksualitasnya.

7. Philip Porter

Tumbuh di tahun 70-an, Philip diberi pandangan skeptis saat menyatakan keinginannya menjadi wanita. Di masa yang belum ada internet, tidak mudah menemukan dokter yang bisa memenuhi permintaan Philip. Saat ia berhasil, Philip berubah menjadi Phoebe dan hidup sebagai wanita selama 32 tahun. Phoebe adalah seorang cheerleader dan penari telanjang yang bahagia dengan kehidupannya. Lelah menjadi Phoebe, pada tahun 2009, Philip ingin kembali ke sosok asalnya dan berhenti mengkonsumsi obat hormon. Ia pun memulai kembali perjalanan hidupnya sebagai pria.

8. Mike Penner

Penulis rubrik olahraga, Mike Penner, mengeluarkan artikel pada April 2007 yang mengumumkan perubahannya menjadi seorang wanita bernama Christine. Sosok Mike yang pendiam berubah menjadi Christine yang haus perhatian. Christine menjadi pembicara di berbagai konferensi dan menjadi inspirasi kaum transgender selama beberapa tahun.
Tiba-tiba, sosok Christine menghilang begitu saja. Mike kembali bekerja sebagai penulis dan menggunakan nama aslinya. Ia pun tak buka mulut tentang keberadaan Christine yang tak lagi terlihat. Satu tahun setelahnya, Mike bunuh diri. Kabarnya Mike menghadapi isu psikologis yang tak terselesaikan saat ia berubah menjadi Christine, dan perubahannya kembali menjadi Mike tidak menyelesaikan masalah.

 

Loading