Sukses

DIY: Cara Buat Sushi Sederhana dan Mudah di Rumah

Jika Anda ingin menyajikan sushi di rumah, berikut cara singkatnya untuk Anda

Liputan6.com, Jakarta Membuat makanan Jepang yaitu nasi dengan salmon atau biasa dikenal dengan sushi memang tidak semudah kelihatannya. Namun nyatanya Anda dapat menyajikan menu khas Jepang ini di rumah. Chef Dadan dari Tokyo Belly berbagi tips dengan Liputan6.com, saat tim Lifestyle mengunjungi outlet terbaru mereka di Mall Kelapa Gading 5, Kamis (12/11/2015).

Onigiri bisa dibuat dengan mudah sendiri di rumah

Sebelumnya Chef memberikan beberapa tips untuk memotong ikan salmon dengan benar. Posisi kepalanya dipotong miring, agar dagingnya tidak banyak terbuang. Kemudian posisikan perutnya di depan Anda. Potong di atas tulang dengan posisi pisau agak miring ke bawah. Lalu ikuti arah pisau potong dari kepala hingga ekor secara perlahan.

Onigiri bisa dibuat dengan mudah sendiri di rumah

Setelah itu, bersihkan beberapa tulang yang masih tersisa. Lalu potong ikan salmon menjadi dua, bagian punggung dan perut. Jika Anda akan membuat onigiri pilihlah daging salmom bagian perut. Selain memiliki rasa yang lezat , teksturnya terasa kenyal. Untuk bagian punggung salmon dapat dijadikan campuran sashimi.

Setetelah ikan salmon siap, potonglah ikan salmon berlawanan serat dengan ukuran 5-7 cm. Potong pipih menjadi beberapa bagian, sesuai dengan porsi yang akan Anda hidangkan. Kemudian siapkan nasi jepang yang telah dicampur dengan garam dan gula agar gurih.

Onigiri bisa dibuat dengan mudah sendiri di rumah

Kini, Anda masuk dalam tahap meracik. Pertama, ambil potongan salmon dan letakkan di telapak tangan, ambil nasi dengan takaran sekitar 20 gram dan bulatkan. Tempatkan nasi diatas salmon dan letakkan pada piring dalam keadaan terbalik. Lakukan hal yang sama untuk potongan salmon selanjutnya. Susun dengan cantik pada piring saji dan tambahkan hiasan berupa sayuran, berikut ikura atau telur ikan salmon di atasnya. Sushi spesial untuk Anda sudah dapat dinikmati. Selamat mencoba. (Mit)

Onigiri bisa dibuat dengan mudah sendiri di rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.