Sukses

Bayaran Suka-suka, Chanda Aditio Tawarkan Tur Kota Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Rutinitas warganya yang padat ditambah banyaknya bangunan tinggi menjulang seolah memudarkan pesona Kota Jakarta. Berbagai landmark dan objek wisata yang ada di kota ini seolah tenggelam karena kurangnya sentuhan kepedulian dari warganya.

Namun, berbeda dengan Chanda Aditio yang sehari-hari berprofesi sebagai pemandu wisata Kota Jakarta. Baginya, Jakarta selalu menebarkan pesona daya tarik yang membuatnya cinta akan kota ini.

Pada September 2014, Chanda bersama temannya, Farid, mencetuskan ide tur dalam kota di Jakarta dengan nama Jakarta Good Guide untuk mengajak masyarakat mengenal lebih jauh ibu kota negara Indonesia ini. Ditemui Liputan6.com pada acara Indie Travel Mart 2015 di Jakarta, Kamis (12/11), Chanda mengungkapkan bahwa apa yang dilakukannya didasari atas rasa cinta dan peduli pada Kota Jakarta dan objek wisata di dalamnya.

"Awalnya saya dan Farid merasa jarang ada tur khusus untuk menjelajah objek wisata di Kota Jakarta. Bahkan rasanya kami adalah salah satu pelaku jasa wisata dalam kota yang pertama kali," ujar Chanda yang tergabung dalam perkumpulan tour guide kota di bawah Kementerian Pariwisata.

"Alasan utama kami membuat tur ini adalah rasa cinta dan kepedulian pada kota ini," ujar Chandra

Lewat Jakarta Good Guide, mereka membuat program tur yang diberi nama Jakarta Walking Tour. Sesuai dengan namanya, tur ini tidak menggunakan alat transportasi apa pun, melainkan dengan jalan kaki untuk bisa menikmati pemandangan sekitar.

Chanda (kanan) dan pemandu tur Jakarta Walking Tour (Sumber. Dokumentasi Pribadi)

Chanda mengatakan bahwa jika Anda ingin mengikuti kegiatan tersebut, ada 6 rute yang ditawarkan dengan titik temu pertama kali di Museum Nasional, atau lebih dikenal sebagai Museum Gajah. Kegiatan ini pun tidak dipungut biaya atau bayarannya 'suka-suka', sehingga tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa kegiatan tersebut memakan biaya.

"Kegiatan yang kami tawarkan ini tidak dipungut biaya dan bayarannya suka-suka asalkan masih dalam 6 rute yang kami tawarkan," ujar Chanda.

Peserta kegiatan Jakarta Walking Tour (Sumber. Dokumentasi pribadi)

 

Namun, untuk permintaan khusus, seperti penggunaan transportasi atau pemilihan tempat dan rute, akan dikenai biaya tambahan. Tur yang ditawarkan terangkum dalam 6 tema rute, yaitu City Center, China Town, Old Town, Menteng, Cikini, dan Pasar Baru.

Bagi siapa saja yang tertarik untuk mengikuti tur ini bisa mengunjungi dan mendaftar di website Jakarta Good Guide dan e-mail resminya.**

Loading