Sukses

Tips Hindari Membuang Makanan Sia-sia

Bagaimana tips menghindari membuang makanan sia-sia?

Liputan6.com, Jakarta Akan terdapat waktu saat manusia tak henti-hentinya membuang makanan secara sia-sia. Kadang hal tersebut terjadi ketika sudah menyiapkan makanan, tetapi masih menerima ajakan makan di luar bersama teman. Bisa juga, ketika menyiapkan makanan untuk tamu yang tidak ketahui jumlahnya.

Hal tersebut tentu memicu terjadinya pemborosan makanan. Tentu, akan berdosa sekali saat melakukan hal ini, baik dari sisi ekonomis maupun humanis.

Manusia harus belajar bagaimana cara memasak dan membeli yang tepat, agar tidak ada pemborosan atau membuang makanan. Kadang-kadang, nafsu memang menguasai saat berhadapan dengan banyak makanan di depan mata.

Lantas, bagaimana tips menghindari membuang makanan sia-sia? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir Boldsky, Senin (22/6/2015). (Auf/Ibo)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Hindari Makanan Terbuang Sia-Sia 1-3

1. Rencanakan Menu Makanan

Sebelum menuju supermarket, pastikan Anda sudah menyediakan daftar makanan yang akan dibeli. Begitu pula, dengan kemungkinan lamanya waktu bahan makanan tersebut bisa bertahan.

2. Jangan Buang Buah Terlampau Matang

Jika buah sudah matang sekali dan memang tidak begitu segar untuk dimakan, cobalah untuk mengolah buah tersebut menjadi selai atau jeli buah. Bisa juga, dengan membuat smoothies buah.

3. Roti Basi

Buatlah puding dari roti kering dan keras. Pilihan lain, tempatkan roti di dalam oven dan menjadikannya irisan renyah yang lezat dicampur dengan madu atau selai.

3 dari 3 halaman

Tips Hindari Makanan Terbuang Sia-Sia 4-6

4. Pertahankan Sayuran

Jika memang terlanjur membeli banyak sayuran, belum sempat mengolah, dan tampak muncul tanda-tanda akan segera membusuk, coba keringkan mereka di bawah sinar matahari. Bisa juga, goreng sayuran dan simpan di dalam lemari es.

5. Susu Asam

Susu asam bisa diolah menjadi keju. Caranya, masukkan sedikit cuka atau lemon ke dalam susu, lalu didihkan. Saring airnya untuk mendapat gumpalan yang membentuk keju.

6. Tomat

Terlalu banyak membeli tomat dan akan terbuang sia-sia? Jangan khawatir. Coba haluskan dan giling tomat terlebih dahulu, tambahkan sedikit madu, dan goreng untuk membuang kelebihan air di dalamnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.