Sukses

Tips Mengatur Keuangan yang Baik Bagi Ibu Rumah Tangga

Vanaya Institute menggelar seminar bertajuk Financial Make Over for Housewives.

Liputan6.com, Jakarta- Ditujukan kepada seluruh ibu rumah tangga Indonesia, Vanaya Institute menggelar seminar bertajuk Financial Make Over for Housewives, Senin, 17 Maret 2015, Hotel Harris, Tebet. Berbeda dengan kegiatan sejenis, acara hari ini dibawakan dengan teknik coaching khas Vanaya oleh dua orang coach cantik dan professional Vanaya Institute, Messayu Shinta dan Anitawati Seman.

Acara ini ditujukan untuk memperkenalkan lebih dalam lagi tentang Wealth Habit kepada perempuan Indonesia. Wealth habit adalah strategi menciptakan kebiasaan-kebiasaan kecil dalam hidup namun mampu menciptakan impact besar kepada kesejahteraan keluarga secara jangka panjang. Melihat fakta bahwa hampir 75% keuangan rumah tangga di Indonesia dikelola oleh istri, Vanaya menganggap bahwa para istri Indonesia harus diperlengkapi oleh kemampuan mengolah keuangan yang baik.

 “Istri adalah Menteri Keuangan Rumah Tangga, dan sebagai ibu rumah tangga yang cerdas, para istri harus mampu mengubah mindset mereka, dari yang tadinya hanya spend menjadi income creation. Jadi menghemat dan menabung saja tidak cukup, harus mampu juga mencari cara untuk dapat menambah nilai kekayaan demi kebutuhan keluarga.” kata Messayu Shinta, coach dari Vanaya yang tidak hanya berprofesi mulia sebagai ibu rumah tangga namun juga merupakan seorang pemilik dari beberapa jaringan usaha kuliner, mainan anak, dan minimarket terkemuka, serta merupakan investor emas dan properti yang handal.

Menabung menurut Vanaya, bukanlah konsep terbaik dalam perancangan keuangan, karena sebenarnya ada kerugian-kerugian yang tidak disadari ketika menabung. “Kalau kita hitungkan kembali hasil dari menabung konvensional, sebenarnya nilai yang ditabungkan berkurang dengan adanya pajak dan administrasi bank, padahal bunga berada di bawah inflasi, sehingga hal ini memastikan harta kita semakin tergerus secara pasti.” ucap Lyra Puspa, President dan Founder Vanaya Institute. “Menabung konvensional juga merupakan stagnasi perputaran aset, karena ditumpuk saja, sehingga tidak ada fungsi leverage yg bisa mengakselerasi wealth” tambahnya lagi.

Konsep Financial Make Over dari Vanaya Institute justru sangat berbeda dengan cara mengelola keuangan mainstream. Para ibu tidak diharapkan untuk sekedar menghemat dan menabung, sebagaimana pendekatan tradisional tetapi dibukakan pola pikirnya tentang financial intelligence, sehingga terbentuk Wealth Mindset dan Wealth Habit karena kesadaran dan kecerdasan finansial, bukan sekadar menghemat karena ketakutan masa depan apalagi keterpaksaan. (Cyn/Liz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini